Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan lengkap dengan kandungan gizinya

22 October 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Mata dan Rambut

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

3. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

4. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

5. Mencegah Risiko Stroke

6. Membantu Mengontrol Gula Darah

7. Meredakan Peradangan (Anti Inflamasi)

8. Menghidrasi Kulit

Cara Mengkonsumsi Strawberry yang Benar

Sumber Referensi

Strawberry memang dikenal sebagai salah satu buah yang serbaguna. Selain rasanya yang enak, buah bulat berwarna merah terang sertw berbintik-bintik ini juga mempunyai segudang manfaat untuk tubuh.

Sebelum menjelaskan tentang manfaat strawberry, yuk cari tahu apa saja kandungan gizi yang ada dalam buah satu ini. Pada dasarnya, dalam 100 gram buah strawberry ternyata mempunyai kandungan sebagai berikut.

● Vitamin K: 2,2 mcg
● Vitamin B6: 0,047 mg
● Lemak total: 0,67 gr
● Gula: 4,89 gr
● Serat: 2 gr
● Air: 90,95 gr
● Energi: 32 kcal
● Karbohidrat: 7,68 gr
● Vitamin C: 58,8 gr
● Vitamin A: 1 mcg
● Beta karotin 7 mcg
● Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
● Kalsium: 16 mg
● Kalium: 153 mg
● Zat besi: 0,41 mg
● Magnesium: 13 mg
● Fosfor: 24 mg
● Zink: 0,14 mg
● Riboflavin: 0,022 mg
● Folat: 24 mcg
● Kolin: 5,7 mcg

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini sudah ada beberapa manfaat buah strawberry yang perlu diketahui.

1. Menjaga Kesehatan Mata dan Rambut

Buah strawberry diketahui memiliki beberapa kandungan vitamin C dan antioksidan seperti phenolic, phytochemicals, ellagic acid, dan flavonoid. Kandungan ini tentunya berguna untuk melawan radikal bebas agar mata terhindar dari permasalahan seperti mata kering, degenerasi makula, serta katarak.

Antioksidan pada strawberry juga bisa membantu membersihkan dan melindungi kondisi rambut. Selain itu, sda kandungan kalium dalam strawberry yang dipercaya ampuh mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang bisa membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rutin minum jus ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena buah strawberry kaya akan vitamin C. Kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit akibat infeksi virus dan bakteri.

Dengan begitu, kamu bisa hidup lebih sehat. Selain itu, vitamin C di dalam buah ini berperan sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang akan membahayakan tubuh.

3. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat strawberry yang tidak kalah penting yaitu meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena ada kandungan antosianin dan flavonoid yang efektif untuk mencegah penurunan memori.

4. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Fungsi anthocyanin pada buah strawberry dapat mencegah serangan jantung. Orang yang sering mengkonsumsi strawberry dan buah beri memiliki risiko serangan jantung lebih rendah.

5. Mencegah Risiko Stroke

Manfaat strawberry lainnya untuk mencegah serangan stroke. Hal ini karena ada zat anthocyanin yang bisa mencegah hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko stroke.

Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi strawberry secara rutin, maka tekanan darah bisa terkontrol sehingga mengurangi risiko stroke.

6. Membantu Mengontrol Gula Darah

Para ahli juga telah menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai macam senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam buah strawberry mampu membantu mengontrol gula darah.

Selain itu, ada indeks glikemik yang rendah, membuat strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kamu juga bisa memperoleh rasa manis yang alami dari strawberry sebagai pengganti gula.

7. Meredakan Peradangan (Anti Inflamasi)

Manfaat strawberry berikutnya mampu membantu mencegah peradangan. Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi yaitu mikronutrien, polifenol, antosianin, dan serat.

Zat-zat pada strawberry berperan penting dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, serta berbagai penyakit pembuluh darah.

8. Menghidrasi Kulit

Kandungan air pada buah strawberry sangat efektif mencegah kulit yang kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik tentunya bisa terjaga kelembabannya.

Ketika kelembabannya terjaga, maka kulit akan lebih segar dan terhindar dari masalah yang diakibatkan oleh kulit kering.

Cara Mengkonsumsi Strawberry yang Benar

Strawberry memang menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat. Namun, perlu kamu perhatikan cara penyajian yang benar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Untuk bisa memperoleh manfaat buah strawberry sebaiknya tidak memasaknya pada suhu tinggi.

Hal ini agar kandungan vitamin, mineral, dan beberapa zat gizi lain yang terkandung dalam buah tersebut tidak akan hilang.

Sebaiknya, kamu mengonsumsi buah strawberry dalam kondisi segar, seperti memakannya langsung atau sebagai salad. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi smoothies atau jus strawberry dengan menggunakan air dingin atau es batu.

Kamu juga bisa menyimpan strawberry dalam lemari pendingin agar kesegarannya tetap terjaga. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama agar nutrisi dari strawberry tidak berkurang.

Sumber Referensi


dr Kevin Adrian. 2022. 7 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan yang Sayang bila Dilewatkan [Online] (https://www.alodokter.com/manisnya-manfaat-strawberry-ternyata-ada-banyak di akses 15 Maret 2023)

Indah Fitrah Yani. 2022. Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-strawberry/ di akses 15 Maret 2023)

Dia Rahma. 2023. Menjelajahi Manfaat Stroberi Untuk Kecantikan [online] https://www.halodiarahma.com/2023/05/5-manfaat-stroberi-untuk-kecantikan.html diakses 15 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya