Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Sirih Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

11 January 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Jenis-Jenis Sirih

Sirih Merah

Sirih Hijau

Sirih Putih

Sirih Hitam

Sirih Emas

Cara Memakai Daun Sirih

Mengkonsumsi daun sirih secara mentah

Membuat teh sirih

Daun sirih yang diekstrak

Manfaat Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Sirih dapat membantu menyegarkan udara di dalam mulut

Sirih dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah

Sirih dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi

Mengatasi nyeri menstruasi

Mengatasi gatal di area kewanitaan

Sumber Referensi

Sirih (Piper betle L) merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis, terutama di Asia Tenggara. Tumbuhan yang tergolong dalam keluarga tumbuhan Piperaceae ini biasanya tumbuh semak bahkan ada yang tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter. Daun sirih ada yang berwarna kehijauan, putih, kemerahan, keemasan hingga menjurus kehitaman tergantung jenisnya dan berbentuk lonjong.

Masyarakat di beberapa negara di Asia Tenggara menggunakan sirih sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan dalam kebudayaan. Masyarakat lainnya (di daerah tropis) menggunakan sirih sebagai rempah-rempah dalam masakan. Sirih juga telah digunakan selama berabad-abad dalam tradisi medis dan penyembuhan penyakit.

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Untuk diketahui sekitar 85 – 90% daun sirih terdiri dari air.

Kandungan lainnya dalam 100 gram daun sirih adalah sebagai berikut :

Protein: 3% per 100 gram.
Iodin: 3,4 mcg.
Sodium: 1,1 – 4,6% per 100 gram.
Vitamin A: 1,9 – 2,9 mg.
Asam nikotinat: 0,63 – 0,89 mg.
Vitamin B1: 13 – 70 mcg.
Vitamin B2: 1,9 – 30 mcg.
Lemak : 0,4 – 1%
Kalori : 44

Jenis-Jenis Sirih

Ada beberapa jenis sirih yang terkenal, diantaranya:

Sirih Merah merupakan jenis sirih yang paling umum dan banyak digunakan. Sirih merah memiliki warna merah kecoklatan dan aroma yang kuat.

Sirih Hijau memiliki warna hijau dan aroma yang lebih lembut dibandingkan sirih merah. Biasanya digunakan sebagai bahan perasa dalam masakan atau sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk perawatan rambut.

Sirih Putih memiliki warna putih dan aroma yang lebih lembut dibandingkan sirih merah atau hijau. Biasanya digunakan sebagai bahan perasa dalam masakan.

Sirih Hitam memiliki warna hitam dan aroma yang lebih kuat dibandingkan sirih merah atau hijau. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk perawatan rambut.

Sirih Emas dianggap sebagai sirih yang paling bernilai karena memiliki warna emas dan aroma yang lebih lembut dibandingkan sirih lainnya.

Cara Memakai Daun Sirih

Berikut ini adalah beberapa cara memakai daun sirih secara umum

Mengkonsumsi daun sirih secara mentah dengan mengunyah daun sirih (seperti rokok sirih) atau menambahkannya ke dalam makanan sebagai bahan perasa.

Membuat teh sirih dengan cara menyeduh daun sirih mentah atau kering dalam air mendidih. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat tradisional, seperti obat sakit kepala, obat mual, dan obat batuk.

Daun sirih yang diekstrak juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk perawatan rambut (minyak rambut, sampo, masker) dan produk kecantikan (sabun kewanitaan, body scrub)

Manfaat Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Sirih dapat membantu menyegarkan udara di dalam mulut sehingga dapat membantu mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan gusi.

Sirih dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sirih dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi karena memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.

Mengatasi nyeri menstruasi lewat sir rebusan sirih juga sudah menjadi obat tradisional yang akrab di pemahaman beberapa kalangan masyarakat . Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih. Supaya manfaatnya maksimal, rebus sirih bersama kunyit yang mengandung kurkumin. Senyawa tersebut punya sifat anti peradangan yang membantu meredakan rasa nyeri.

Mengatasi gatal di area kewanitaan juga bisa di dapat karena sifat antibakteri dalam daun sirih mampu mencegah perkembangbiakan bacterial vaginosis yang bisa menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan. Untuk membasmi bakteri tersebut, basuh bagian luar vagina menggunakan rebusan sirih. Namun, hindari menggunakan rebusan sirih dalam jangka panjang karena dapat mengubah pH pada area kewanitaan.

Perlu diingat bahwa daun sirih dapat memiliki efek samping bagi beberapa orang, seperti iritasi mulut dan gusi, sakit kepala, dan reaksi alergi. Oleh karena itu, terlebih dahulu kenali tubuhmu sebelum mengonsumsi daun sirih secara mentah maupun lewat produk yang mengandung daun sirih. Jika ragu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kompeten untuk mendapatkan saran terbaik

Sumber Referensi


dr Andreas Wilson Setiawan. 2022. 11 Manfaat Daun Sirih yang Sayang Dilewatkan [online] (https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-daun-sirih-hijau-sirih-merah/ di akses 6 Januari 2023)

Pijaria. 2020. Mengenal Jenis-Jenis Daun Sirih dan Manfaatnya [online] (https://www.pijaria.com/2021/02/mengenal-jenis-jenis-daun-sirih-dan.html di akses 6 Januari 2023)

dr Sara Elise Wijono MRes. 2022. Efek Samping Air Daun Sirih untuk Area Kewanitaan [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/perawatan-wanita/efek-samping-air-daun-sirih-untuk-area-kewanitaan di akses 6 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya