Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Beragam Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gurame untuk Kesehatan

31 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Manfaat Ikan Gurame Untuk Kesehatan

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

2. Baik Untuk Perkembangan Otak

3. Membantu Menjaga Berat Badan

4. Mampu Membantu Cegah Anemia

5. Sumber Vitamin D Yang Baik

Sumber Referensi

Olahan ikan merupakan salah satu menu favorit sehari-hari orang Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ikan juga mudah ditemukan dimanapun kamu berada. Salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat adalah Gurame.

Gurame merupakan jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Dagingnya tebal dan lembut, sehingga membuat ikan air tawar ini sangat enak dikonsumsi. Selain enak, ikan gurame juga kaya akan berbagai macam nutrisi.

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat ikan gurame secara maksimal, kamu perlu mengolahnya dengan cara yang tepat.

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Berikut kandungan gizi ikan gurame yang memiliki nama spesies Osphronemus Goramy dalam penyajian 100 gram.

● Kalori: 127
● Lemak: 5,6 gram
● Protein: 18 gram
● Kalsium: 41 miligram
● Kalium: 333 miligram
● Besi: 1,24 milligram
● Magnesium: 29 miligram
● Fosfor: 415 miligram

Selain itu, ikan gurame juga memiliki kandungan berbagai vitamin. Misalnya saja seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D3.

Manfaat Ikan Gurame Untuk Kesehatan

Bagi kamu yang suka makan ikan gurame, berikut beberapa manfaat yang bisa di dapatkan.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti ikan lainnya, ikan gurame juga telah mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Asam lemak omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak tidak jenuh yang berguna untuk mengurangi peradangan di tubuh. Peradangan inilah yang merusak pembuluh darah dan memicu penyakit stroke. Selain itu, omega-3 juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, serta mengurangi pembekuan darah.

2. Baik Untuk Perkembangan Otak

Kamu pasti sering mendengar makan ikan sejak dini bisa membuat anak lebih pintar saat tumbuh besar. Meski belum tentu benar, mengonsumsi ikan gurame tetap bisa memberikan manfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak. Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya kandungan omega-3. Asam lemak ini memiliki peran penting dalam pembentukan jaringan sel otak pada janin selama kehamilan dan saat masa kanak-kanak.

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, ikan gurame juga bisa menjadi salah satu menu andalan. Tidak hanya mengandung asam lemak saja, ikan gurame juga mengandung protein. Protein ini bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Protein akan bekerja dengan mengeluarkan hormon yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sebagai hasilnya, kamu juga dapat mengonsumsi kalori lebih sedikit.

4. Mampu Membantu Cegah Anemia

Manfaat ikan gurame berikutnya yakni bisa membantumu mencegah anemia. Seperti yang telah disebutkan, ada kandungan zat besi sebanyak 1,24 miligram pada penyajian 100 gram ikan gurame. Zat besi sangat dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, protein yang membawa oksigen ke dalam darah ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin bisa mengganggu fungsi kerja tubuh Anda dan menimbulkan anemia. Oleh karena itu, pastikan untuk bisa penuhi kebutuhan harian zat besi kamu dengan mengkonsumsi sumber makanan peningkat hemoglobin. Misalnya saja seperti ikan gurame.

5. Sumber Vitamin D Yang Baik

Memang, hampir 80% vitamin D yang diperlukan oleh tubuh berasal dari matahari. Akan tetapi, mendapatkan asupan vitamin D dari makanan juga tidak kalah penting. Vitamin D termasuk vitamin yang penting untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Kehadiran vitamin ini dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Salah satunya mineral yang berguna untuk pembentukan tulang kuat. Bersamaan dengan kalsium, vitamin D bisa membantu melindungimu dari risiko osteoporosis. Vitamin D juga dapat berfungsi sebagai penggerak otot dan saraf untuk membawa pesan antara otak dan tubuh.
Tidak hanya itu, sistem kekebalan kamu juga membutuhkan vitamin D. Hal ini tentunya untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Apabila kamu ingin mengonsumsi ikan gurame, maka pastikan memilih ikan yang masih segar. Agar tampak lebih sehat, maka makanlah ikan dengan cara direbus atau dikukus. Hindari ikan yang digoreng terlalu lama karena bisa saja kandungan proteinnya hilang.

Nah, itu saja beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ikan gurame. Semoga kamu bisa lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tubuh selalu sehat.

Sumber Referensi


Winona Katyusha. 2021. 5 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Konsumsi Ikan Gurame [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-ikan-gurame/ di akses 22 Januari 2023)

dr Rizal Fadli. 2022. Manfaat Ikan Gurame dan Cara Sehat untuk Mengolahnya [online] (https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-ikan-gurame-dan-cara-sehat-untuk-mengolahnya di akses 22 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya