Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

07 September 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Menjaga Sistem Kardiovaskular

3. Membantu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5. Cocok untuk Penderita Diabetes

Cara Mengolah Lobak Putih Menjadi Berbagai Makan Lezat

Lobak putih merupakan sayuran asal negara Tiongkok yang memiliki nama lain daikon dan lobak Jepang. Sayuran ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya daerah dataran rendah dan pegunungan.

Sayuran ini memilih nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus yang tergolong sebagai keluarga Brassicaceae atau Cruciferae. Golongan sayuran ini masih satu keluarga dengan sayuran kol atau kubis.

Lobak putih dikenal memiliki sumber serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisinya baik bagi sistem pencernaan. Namun, masih banyak manfaat yang tidak kamu ketahui.

Berikut ini beberapa manfaat lobak putih bagi tubuh.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lobak putih memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Bagi kamu yang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan bisa menggunakannya. Hal ini terbukti, dengan banyak mengkonsumsi lobak putih, maka akan lebih cepat kenyang.

2. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Lobak jenis daikon memiliki kandungan senyawa tertentu yang membantu mencegah penyakit jantung serta stroke. Kandungan antioksidan di dalam lobak ini diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sekaligus mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

Flavonoid merupakan salah satu jenis antioksidan di dalam sayur lobak yang bermanfaat bagi kesehatan. Lobak putih juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Beberapa studi telah membuktikan bahwa zat antioksidan ini mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit stroke.

3. Membantu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Lobak putih masuk ke dalam keluarga sayuran cruciferous, yang dipercaya mampu mencegah serangan penyakit kanker. Ini karena sayuran lobak putih mempunyai kandungan senyawa isothiocyanate yang tinggi.

Isothiocyanate merupakan jenis antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker, bahkan mencegah perkembangan tumor. Antioksidan dikenal sebagai senyawa pelindung tubuh dari serangan buruk radikal bebas.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kanker, karena adanya radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya radikal bebas mampu membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi, sehingga sel kanker muncul dan tumbuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Lobak memiliki kandungan mineral kalium yang berfungsi menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir semua kasus, tekanan darah tinggi terjadi akibat kelebihan natrium pada tubuh. Sementara itu, cara kerja kalium jelas bertolak belakang dengan natrium.

Ini sebabnya kalium membantu meredam efek samping yang ditimbulkan natrium sekaligus mencegah naiknya tekanan darah. Organ ginjal berguna sekali menjadi penyeimbang cairan dalam tubuh. Semakin tinggi cairan tubuh, maka semakin tinggi pula tekanan darah.

5. Cocok untuk Penderita Diabetes

Indeks glikemik yang dimiliki oleh lobak tergolong kecil, sehingga jenis sayuran ini aman sekali dikonsumsi penderita diabetes. Jadi semakin rendah nilai indeks glikemik, maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah.

Inilah alasan mengapa penderita diabetes memakan lobak putih, karena sayuran ini berperan dalam mengatur masuknya gula ke dalam darah. Jadi, para diabetes tidak perlu cemas dengan adanya kenaikan gula darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu saja, lobak juga bisa membantu proses metabolisme, meningkatkan pertahanan antioksidan, serta mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

Cara Mengolah Lobak Putih Menjadi Berbagai Makan Lezat

Bagi para penggemar makanan Asia, khususnya makanan Korea maupun Jepang, lobak putih bukan termasuk sayuran yang asing.

Lobak putih dapat diolah dengan cara dimasak, bahkan bisa dijadikan acar, maupun dimakan mentah.

Berikut ini sudah ada beberapa contoh makanan olahan dari lobak putih yang bisa kamu coba:

  • Lobak putih dapat diparut, dan disajikan dalam bentuk salad yang memiliki tekstur renyah
  • Lobak putih goreng
  • Kimchi dari lobak (Kkakdugi)
  • Dimasak seperti sup sebagai pengganti wortel
  • Lobak putih kukus yang dapat ditambahkan minyak zaitun, sedikit garam, atau lada untuk menu diet
  • Mie lobak putih

Kamu bisa mengolah lobak putih sesuai selera. Sayuran ini juga dapat ditambahkan sebagai bahan isian spring roll (lumpia) untuk menciptakan tekstur renyah.

Tunggu apalagi, segera coba lobak putih dan rasakan manfaatnya!

article

Artikel Terkait Lainnya