Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

18 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Gizi Buah Naga

Manfaat Buah Naga

1. Mengurangi Risiko Kanker

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

3. Menurunkan Berat Badan

4. Menjaga Kesehatan Tulang

5. Mengurangi Jerawat

6. Melindungi Rambut dari Kerusakan

7. Mengurangi Risiko Anemia

Sumber Referensi

Buah naga merupakan salah satu buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Seperti namanya, buah ini mempunyai kulit menyerupai sisik naga dan bentuknya menyerupai kaktus besar. Buah ini kaya akan zat gizi sehingga menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Buah naga ini memiliki sejumlah varietas yang ditandai dengan perbedaan warna kulit dan daging buahnya.

Di Indonesia, terdapat dua varietas yakni buah naga merah dan buah naga putih.

Kandungan Gizi Buah Naga

Meski memiliki warna yang berbeda, ternyata keduanya juga memiliki kandungan gizi yang hampir sama.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan zat gizi buah naga merah 100 gram, antara lain.

● Kalsium: 13 miligram (mg).
● Natrium: 10 mg
● Air: 85,7 gram (g).
● Energi: 71 kal.
● Protein: 1,7 g.
● Lemak: 3,1 g.
● Karbohidrat: 9,1 g.
● Serat: 3,2 g.
● Abu: 0,4 g.
● Kalium: 128 mg
● Fosfor: 14 mg
● Zat besi: 0,4 mg
● Seng (Zinc): 0,4 mg
● Vitamin B1: ,5 mg
● Vitamin B2: 0,3 mg
● Niacin atau vitamin B3: 0,5 mg
● Vitamin C: 1 mg

Tidak hanya kandungan di atas, buah ini juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin E serta magnesium. Selain itu, buah ini juga mengandung likopen, merupakan senyawa dari kelompok karotenoid yang dapat memberikan warna merah pada buah.

Likopen mempunyai sifat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit. Selain likopen, buah ini juga banyak mengandung senyawa antioksidan lainnya seperti betalain dan hydroxycinnamates.

Manfaat Buah Naga

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut ini sudah ada beberapa manfaat buah naga.

Termasuk yang merah antara lain:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa antioksidan yang ada di dalam buah ini, baik likopen maupun hydroxycinnamates, juga mempunyai khasiat untuk membantu mencegah kanker. Beberapa penelitian telah menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan serat dalam buah ini juga mampu mengontrol kadar gula darah. Serat dapat menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Tidak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One tahun 2016 telah menemukan fakta, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang menjadi penyebab diabetes.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah ini bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari. Umumnya, kandungan buah naga merah kaya akan serat dan rendah kalori sehingga lebih aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah kalori, kamu akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga akan makan lebih sedikit. Anda juga bisa terhindar dari obesitas.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan buah naga merah lainnya yaitu mempunyai berbagai mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini, termasuk fosfor, magnesium, dan kalsium. Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga telah mengandung 80 mg magnesium, yakni 22% dari rekomendasi asupan magnesium harian (360 mg) dari Kementerian Kesehatan.

5. Mengurangi Jerawat

Selain dapat mencegah tanda penuaan, khasiat buah naga untuk kulit lainnya yaitu mengurangi jerawat. Kamu cukup mengoleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang bisa kamu dapatkan pada buah ini karena adanya kandungan vitamin C.

6. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Bagi kamu yang menggunakan pewarna rambut, jus buah ini juga dapat membantu merawat rambut. Kamu hanya cukup mengoleskan jus buah atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala. Melalui cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut untuk bernapas dan tetap sehat bahkan halus.

7. Mengurangi Risiko Anemia

Tidak hanya untuk ibu hamil, namun semua orang perlu yang namanya zat besi untuk menjaga kesehatan darah. Kandungan buah naga merah ini bisa membantu sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh.

Nah, itu saja beberapa informasi terkait manfaat buah naga untuk kesehatan wanita. Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi buah naga ini karena bisa menimbulkan sembelit.

Sumber Referensi


dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons. 2022. 15 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatanmu [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/ini-dia-segudang-manfaat-buah-naga di akses 10 Januari 2023)

dr Sienny Agustin. 2022. 12 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan [online] (https://www.alodokter.com/jangan-lewatkan-5-manfaat-buah-naga-merah-untuk-kesehatan di akses 10 Januari 2023)

Sahabat Nestle. 2022. Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan Kulit [online] (https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/manfaat-buah-naga-merah-untuk-kecantikan-kulit.html di akses 10 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya