Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

14 December 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Jenis-Jenis Buah Jeruk

Jeruk Nipis

Jeruk Satsuma

Jeruk Mandarin

Jeruk Valencia

Kandungan Gizi Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

3. Membantu Menangkal Radikal Bebas

4. Mendukung Kesehatan Sistem Cerna

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Jangan Kupas Serabut Putih Pada Jeruk

Sumber Referensi

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mudah ditemukan buah jeruk juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

Jeruk dapat ditambahkan ke dalam salad, dibuat menjadi minuman, diolah menjadi selai hingga di konsumsi mentah sebagai camilan sehat. Ada banyak cara untuk mengolah buah jeruk, tergantung pada selera kamu sebab ada beragam pula jenis buah jeruk yang popular di Indonesia.

Jenis-Jenis Buah Jeruk

Beragam jenis buah jeruk yang populer di konsumsi masing-masing memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai keperluan baik untuk membuat makanan atau minuman.

Jeruk Nipis merupakan jenis jeruk yang paling umum, memiliki rasa asam yang kuat dan sering digunakan dalam berbagai campuran masakan.

Jeruk Satsuma memiliki kulit yang lembut dengan daging buah yang manis dan tidak memiliki biji. Sejak 700 tahun lalu jeruk ini sudah ditemukan di Jepang dan agak sulit ditemukan di pasaran.

Jeruk Mandarin mirip dengan jeruk satsuma, tetapi memiliki kulit yang lebih tebal dan daging buah yang lebih padat. Meski dikenal dengan nama jeruk mandarin, ternyata awal mula jeruk ini ditemukan berasal dari India.

Jeruk Valencia khas dengan bentuknya yang oval dan warna emas di bagian luar. Biasanya sangat berair sehingga populer untuk dikonsumsi dalam bentuk minuman seperti jus.

Kandungan Gizi Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C, folat, dan potasium. Selain itu, buah jeruk juga mengandung vitamin B1, B6, dan B9, serta karbohidrat, protein, lemak, serat, dan beberapa mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan seng. Kandungan nutrisi dalam buah jeruk bervariasi tergantung dari jenisnya, ukuran, dan kondisi pertumbuhannya. Secara umum, 100 gram buah jeruk mengandung sekitar 47-53 kalori, 11-12 gram karbohidrat, 1-1,5 gram protein, 0,1-0,2 gram lemak, dan 1-2 gram serat.

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Adapun manfaat buah jeruk yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah jeruk mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi risiko terkena infeksi.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Selain itu, jeruk juga mengandung folat yang penting untuk pertumbuhan sel dan membantu dalam pembentukan DNA. Folat juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat sistem imun. Mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan membantu mencegah berbagai penyakit.

4. Mendukung Kesehatan Sistem Cerna

Selain mengandung cukup banyak air, jeruk juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan sistem cerna. Serat pada buah jeruk akan membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga proses pencernaan jadi lebih lancar.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika kombinasi antara Vitamin C kaya akan antioksidan dan memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. Antioksidan bisa dijumpai dalam buah jeruk yang ternyata membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV. Bahkan, manfaat buah jeruk lain yaitu membantu menjaga keseimbangan kolagen dalam dermis. Kolagen termasuk jenis protein yang penting dalam kulit dan rambut manusia, terutama pertumbuhan rambut dan mengurangi gejala penuaan dini.

Jangan Kupas Serabut Putih Pada Jeruk

Serabut putih jeruk ternyata mengandung serat yang tinggi. Jeruk adalah buah yang kaya serat, tapi jika dikonsumsi dengan menghilangkan serabut putihnya serat pun akan berkurang. Ternyata, antioksidan berbentuk flavonoid jumlahnya berlimpah dalam serabut putih pada jeruk. Ada 2 jenis flavonoid yang hadir di dalam serabut putih jeruk, naringen dan hisperidin.

Sumber Referensi


Tanti Malasari. 2022. Ketahui 6 Jenis Jeruk Paling Populer di Dunia [online] (https://hortikultura.sariagri.id/104442/ketahui-6-jenis-jeruk-paling-populer-di-dunia di akses 13 Desember 2022)

dr Merry Dame Cristy Pane. 2022. Segudang Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan [online] (https://www.alodokter.com/segudang-manfaat-buah-jeruk-untuk-kesehatan di akses 13 Desember 2022)

Nabila Azmi. 2021. Tak Cuma Segar, Ini Segudang Manfaat Buah Jeruk untuk Tubuh [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-jeruk/ di akses 13 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya