Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

01 February 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Gizi Alpukat

Manfaat Alpukat

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Mencegah Osteoporosis

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

4. Menahan Rasa Lapar

Sumber Referensi

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalori, lemak, serta serat yang tinggi. Oleh karena itu, manfaat alpukat sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, alpukat juga bisa dikonsumsi saat kamu sedang menjalani diet.

Kamu dapat menemukan manfaat alpukat untuk diet dengan mengkonsumsinya secara tepat dan disertai olahraga. Yuk, simak penjelasan mengenai manfaat buah alpukat yang bisa kamu rasakan ketika menjalani diet sehat berikut ini!

Kandungan Gizi Alpukat

Alpukat memiliki sumber vitamin C, E, K, B-6, riboflavin, magnesium, niacin, asam folat, asam pantotenat, dan kalium. Alpukat juga telah menyediakan lutein, beta-karoten, serta asam lemak omega-3.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, kamu tidak perlu khawatir. Alpukat memiliki lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dan membantu tetap kenyang.

Apabila kamu mengonsumsi lemak, otak dapat menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan. Mengonsumsi lemak juga dapat memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh, yang membantu kadar gula darah tetap stabil.

Lemak juga penting untuk setiap sel dalam tubuh. Mengonsumsi lemak sehat akan mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan mineral, vitamin, dan nutrisi penting yang larut lemak. Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Alpukat

Alpukat memang dikenal kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal, serat, kalium, dan vitamin K. Kandungan nutrisi ini akan membuat alpukat menjadi buah yang sehat. Alpukat juga termasuk buah tinggi kalori, dengan satu setengah buah alpukat mengandung 182 kalori. Apabila kamu makan terlalu banyak, berat badan bukan menjadi turun, justru meningkat.

Hal inilah yang membuat alpukat bisa menaikkan berat badan. Jika Anda berniat menurunkan berat badan dengan diet alpukat, maka jangan makan alpukat secara berlebihan. Gantilah menu makanan dengan tambahan alpukat, seperti salad buah atau telur dadar.

Sebaiknya hindarilah alpukat sebagai makan camilan, karena tanpa sadar akan menambah asupan kalori. Sementara jika kamu ingin menaikkan berat badan dengan diet alpukat. Maka bisa mengganti alpukat sebagai makanan yang sehat dalam diet, seperti untuk camilan sore.

Berikut ini sudah ada beberapa manfaat dari buah alpukat, antara lain:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jenis lemak dalam alpukat yaitu lemak nabati tidak jenuh tunggal. Jenis lemak ini dikenal dengan lemak baik karena sifatnya mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Kandungan lemak baik dan kalori yang padat, bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu juga bisa mengendalikan hasrat untuk mencari camilan atau makan lagi. Hal ini tentunya baik jika kamu ingin menurunkan berat badan. Alpukat juga termasuk buah yang seratnya tinggi. Sedangkan karbohidratnya rendah, sehingga bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

2. Mencegah Osteoporosis

Setengah dari buah alpukat juga menyediakan kira-kira 25 persen asupan vitamin K yang diperlukan per hari. Manfaat dari vitamin ini seringkali diabaikan, padahal vitamin K penting untuk kesehatan tulang. Makan makanan yang mengandung vitamin K juga bisa mendukung kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium serta mengurangi pembuangan kalsium lewat urine.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Meskipun teksturnya lembut seperti krim, alpukat tinggi akan serat dengan sekitar 6 hingga 7 gram per setengah buah. Makan makanan dengan serat alami bisa membantu mencegah sembelit, menjaga saluran pencernaan lebih sehat, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

4. Menahan Rasa Lapar

Kandungan serat pada buah alpukat juga dapat membantu kamu menahan rasa lapar ketika sedang diet. Dengan begitu, kamu lebih bisa mengontrol asupan yang dikonsumsi sehingga tujuan diet dapat tercapai dengan baik. Itu saja berbagai macam manfaat buah alpukat yang bisa kamu rasakan ketika menjalani diet. Jangan ragu untuk menambahkan buah alpukat pada menu sarapan atau makan siang.

Selain bisa memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup, sampai berolahraga secara teratur.

Sumber Referensi


CNN Indonesia. 2021. Nutrisi dan Manfaat Alpukat untuk Diet [onnline] (https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211104133109-260-716567/nutrisi-dan-manfaat-alpukat-untuk-diet di akses 28 Januari 2023)

Andisa Shabrina. 2021. Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan? [online] (https://hellosehat.com/nutrisi/diet/manfaat-diet-alpukat/ di akses 28 Januari 2023)

Sayur Box. 2023. 8 Alasan Alpukat untuk Diet Sehat dan Seimbang bagi Tubuh [online] (https://www.sayurbox.com/blog/8-alasan-alpukat-untuk-diet-sehat di akses 28 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya