Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Air Tebu bagi Kesehatan, Simak Yuk! Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

10 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Gizi Air Tebu

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

1. Merawat Kesehatan Kulit

2. Menjaga Kepadatan Tulang

3. Menurunkan Kolesterol

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

6. Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Alternatif Pengganti Gula Pasir

8. Menambah Energi

Jangan Minum Air Tebu Secara Berlebihan!

Sumber Referensi

Air tebu yang manis bisa menjadi minuman terbaik untuk menyegarkan diri di cuaca yang terik. Tak hanya melegakan kerongkongan, namun air tebu juga mengandung banyak nutrisi mulai dari vitamin hingga mineral yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Air tebu dikenal sebagai minuman dengan rasa manis alami yang dibuat dengan cara memeras batang tebu. Sari tebu yang terkumpul akan disaring terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kamu dapat membuatnya sendiri atau membelinya di pedagang.

Meskipun merupakan bahan baku gula pasir yang sering dikonsumsi, namun air tebu bisa dibilang lebih menyehatkan ketimbang gula biasa. Ini karena tebu mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, dan mineral.

Kandungan Gizi Air Tebu

Satu gelas air tebu sekitar 240 mililiter yang mengandung gizi berupa Kalori 183 kkal, Protein 0 gram, Lemak 0 gram, Gula 50 gram, dan Serat 0 – 13 gram. Mengutip dari buku Sugarcane Biotechnology: Challenges and Prospects, mengungkapkan bahwa perasan tebu ternyata mengandung vitamin A, B1, B6, C, hingga E.

Selain vitamin, segelas air tebu juga dapat memberikan berbagai macam mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi. Apabila kamu mencari makanan atau minuman yang memiliki sumber antioksidan, maka air tebu bisa menjadi pilihan tepat. Berdasarkan penelitian tahun 2014, minuman ini kaya akan antioksidan yang berupa quercetin, caffeic acid, asam fenolat, dan ellagic acid.

Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan

Adapun manfaat air tebu yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

1. Merawat Kesehatan Kulit

Air tebu diketahui mengandung asam glikolat, yang merupakan salah satu antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Khasiat air tebu diyakini dapat membantu mengatasi radang, mengurangi tanda penuaan, serta memperbaiki tampilan kulit.

2. Menjaga Kepadatan Tulang

Mineral seperti fosfor, kalsium, dan magnesium pada air tebu juga menjadi komponen paling penting untuk membantu memperkuat tulang. Dengan tulang yang kuat dan padat, kamu akan lebih terlindungi dari risiko pengeroposan tulang.

3. Menurunkan Kolesterol

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa mengkonsumsi air tebu bermanfaat menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL. Ini juga akan berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia dan melindungi kesehatan jantung.

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam air tebu juga dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh arteri. Sehingga tidak hanya berguna untuk mengontrol tekanan darah, namun juga berpotensi menurunkan risiko pengerasan pembuluh, stroke, dan serangan jantung.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Minum air tebu juga turut memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Dikarenakan vitamin C yang ada pada air tebu bisa merangsang kerja sel darah putih.

6. Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Air tebu bersifat diuretik, berarti meningkatkan produksi urine sehingga membuatmu lebih sering kencing. Sehingga berguna bagi tubuh karena kerja organ ginjal akan lebih efektif. Selain itu, urine juga akan membawa keluar endapan mineral pada saluran kemih.

7. Alternatif Pengganti Gula Pasir

Meski mengandung gula, namun air tebu mempunyai indeks glikemik (IG) rendah. Makanan ber-IG rendah tidak akan meningkatkan gula darah secara cepat sehingga lebih aman. Namun, jika kamu menderita diabetes tipe 2, alangkah baiknya konsultasikan kepada dokter.

8. Menambah Energi

Tebu juga mengandung glukosa dan berbagai macam mineral. Glukosa merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh yang utama. Sedangkan, mineral akan membantu proses perubahan glukosa menjadi energi dan mendorong laju metabolisme.

Jangan Minum Air Tebu Secara Berlebihan!

Memang air tebu memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa minuman ini mengandung banyak sekali gula. Satu cangkir air tebu memiliki kandungan 50 gram gula yang hampir setara dengan lima sendok makan.

Batas asupan gula pasir yang disarankan dalam sehari sekitar 54 gram. Apabila kamu sering mengkonsumsi gula melebihi batas, maka risiko obesitas (kegemukan) dan penyakit diabetes semakin meningkat.

Seperti minuman manis pada umumnya, air tebu juga tidak disarankan bagi para penderita diabetes. Meskipun air tebu mempunyai IG yang rendah, namun penderita diabetes maupun orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes sebaiknya menghindari minuman ini.

Apabila kamu bukan penderita diabetes, sebetulnya boleh saja mengonsumsi air tebu sesekali. Akan tetapi, pastikan dulu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan untuk menjaga gula darah tetap normal.

Sumber Referensi


dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc. 2019. 8 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/8-manfaat-air-tebu-untuk-kesehatan di akses 8 Desember 2022)

Novie Rachmayanti. 2019. 22 Manfaat Air Tebu Murni untuk Kesehatan dan Kecantikan [online] (https://www.bola.com/ragam/read/4121356/22-manfaat-air-tebu-murni-untuk-kesehatan-dan-kecantikan di akses 8 Desember 2022)

Haibunda. 2022. 6 Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Cegah Morning Sickness [online] (https://www.haibunda.com/kehamilan/20220916151803-51-284460/6-manfaat-air-tebu-untuk-ibu-hamil-salah-satunya-cegah-morning-sickness di akses 8 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya