Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mager Keluar Rumah Untuk Olahraga? Yuk Cobain Olahraga Online

03 May 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kelebihan Olahraga Online

Kekurangan Olahraga Online

Macam-macam Olahraga Online

1. Senam Aerobik Zumba

2. Yoga dan Pilates

3. Pound Fit

4. Lompat Tali

5. Sepeda Statis

6. Lari atau Jalan Kaki di Treadmill

7. High Intensity Interval Training (HIIT)

Kelas Olahraga Online

Sumber Referensi

Menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh di tengah rutinitas dan kesibukan sehari-hari sangatlah penting. Salah satu cara agar bisa tetap bugar adalah dengan rutin berolahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Di era digital seperti sekarang ini, bisa melakukan olahraga di mana saja dan kapanpun, tidak harus pergi ke tempat olahraga seperti gym.

Bila merasa mager atau tidak punya cukup waktu untuk melakukan olahraga di luar rumah, bisa memanfaatkan smartphone atau gadget yang dimiliki dan berolahraga di rumah saja.

Saat pandemi COVID-19 berlangsung, banyak pusat kebugaran yang tutup. Meski begitu, tak sedikit dari mereka yang juga tetap mengadakan kelas kebugaran secara online.

Sehingga, saat ini pun banyak aplikasi kebugaran yang tersedia untuk menemai olahraga online Kamu. Sama seperti mengikuti kelas kebugaran di studio fitness atau gym, di rumah pun tetap bisa melakukan berbagai olahraga, baik menggunakan maupun tanpa peralatan olahraga.

Nah, jika Kamu ingin beli keperluan olahraga mulai dari matras yoga, strap gym, resistance band atau aksesoris olahraga lainnya, sekarang Kamu bisa beli semuanya dengan mudah dan cepat secara online di Nirvana Store. Toko online terpercaya untuk perlengkapan yoga dan alat olahraga lainnya.

Meski olahraga online dinilai lebih nyaman dan leluasa karena bisa dilakukan di rumah, namun tetap memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Berikut ini ulasan seputar olahraga online lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya serta pilihan olahraga yang bisa Kamu coba.

Semoga bermanfaat.

Kelebihan Olahraga Online

  1. Waktu yang lebih fleksibel
  2. Tidak memerlukan banyak biaya
  3. Privacy bisa lebih terjaga
  4. Bisa mengakses banyak kelas olahraga sesuai dengan kebutuhan dan yang diinginkan

Kekurangan Olahraga Online

  1. Tempat yang terbatas
  2. Kurang fokus dan konsentrasi
  3. Koneksi internet yang buruk
  4. Kurang motivasi lantaran dilakukan sendiri

Meski begitu, baik olahraga secara online maupun offline masing-masing pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Mengingat olahraga kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Macam-macam Olahraga Online

1. Senam Aerobik Zumba

Senam aerobik sendiri belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang paling populer dan banyak digemari oleh kalangan anak muda. Senam aerobik pun memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah zumba. Zumba sendiri saat ini juga menjadi salah satu senam aerobik yang tengah ngetren. Hal ini lantaran zumba sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan menggerakkan tubuh sesuai dengan irama musik. Mengingat senam zumba memiliki gerakan yang mirip dengan menari dan diiringi dengan musik, maka zumba juga bermanfaat untuk mengurangi stres, menurunkan, serta menjaga berat badan tetap ideal.

2. Yoga dan Pilates

Selama pandemi COVID-19, yoga dan pilates menjadi salah satu olahraga yang juga banyak dilakukan masyarakat secara virtual. Selain dapat melatih otot-otot, kedua olahraga ini juga bisa mengelola stres.

3. Pound Fit

Olahraga pound fit juga sempat ngetren di kalangan anak muda. Olahraga ini menggunakan alat bantu ripstix, yakni stik seberat 0,45 kg yang memang dirancang untuk olahraga. Olahraga ini menggabungkan antara gerakan yoga dan pilates disertai dengan gerakan menggebuk drum sebagai unsur kardio.

4. Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau jump rope juga sempat ngetren saat pandemi COVID-19 berlangsung. Bahkan, banyak masyarakat yang juga mengunggah momen saat melakukan lompat tali sebagai konten di TikTok dan Instagram dengan menyesuaikan gerakan dengan irama musik.

5. Sepeda Statis

Sebelum pandemi COVID-19 melanda, banyak masyarakat yang berolahraga dengan bersepeda. Namun saat pandemi berlangsung, masyarakat menjadi khawatir untuk melakukan kegiatan di luar rumah, sehingga memilih untuk berolahraga sepeda di dalam rumah, yakni dengan sepeda statis.

6. Lari atau Jalan Kaki di Treadmill

Sama halnya seperti bersepeda di luar rumah yang berganti dengan sepeda statis, olahraga lari atau jalan kaki yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini juga bisa di lakukan di dalam dengan menggunakan alat olahraga treadmill.

7. High Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga HIIT ini merupakan olahraga yang memadukan antara aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, rendah, dan masa pemulihan dalam waktu tertentu. Mengingat memiliki beragam intensitas, maka olahraga ini cocok untuk yang memiliki waktu terbatas dan yang jarang bergerak. Olahraga ini bisa dilakukan hanya dalam kurun waktu 10-30 menit.

Kelas Olahraga Online

Ada banyak platform online yang menawarkan kelas olahraga untuk memenuhi kebutuhan berolahraga Kamu, mulai dari yoga, meditasi, zumba, HIIT, dan banyak lagi.

Salah satu platform olahraga online yang popular adalah Kelas Fitness. Ribuan kelas olahraga yang ditawarkan oleh instruktur berpengalaman dapat Kamu akses melalui web, iOS, dan Android. Kelas Fitness bahkan menawarkan program pelatihan personal trainer online.

Berlangganan Kelas Fitness sekarang dan nikmati harga yang lebih terjangkau sebab paket langganan yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding biaya keanggotaan di gym.

Kamu dapat memilih paket berlangganan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Akses Kelas Fitness sekarang disini dan tingkatkan level kebugaran tubuhmu.

Sumber Referensi


Allianz Indonesia. 2021. Ini Tren Olahraga Virtual Paling Seru yang Perlu Kamu Coba! [online] (https://www.allianz.co.id/explore/ini-tren-olahraga-virtual-paling-seru-yang-perlu-kamu-coba.html diakses 23 Maret 2023)

Aning Jati. 2020. 5 Kelas Olahraga Online Untuk Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Pandemi Corona COVID-19 [online] (https://www.liputan6.com/bola/read/4224223/5-kelas-olahraga-online-untuk-jaga-tubuh-tetap-fit-selama-pandemi-corona-covid-19 diakses 23 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya