Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Macam-Macam Jenis Olahraga Untuk Bantu Kurangi Cemas dan Depresi

21 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Pertama

Kedua

Ketiga

1. Yoga

2. Lari

3. Bersepeda

4. Berjalan Kaki

5. Berenang

Sumber Referensi

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk meredakan depresi. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berolahraga dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Ada tiga alasan mengapa aktivitas fisik ini bisa membuat perasaan kamu jadi lebih baik. Apalagi jika dilakukan secara teratur, dinilai bisa membantu mengurangi depresi dan perasaan cemas.

Pertama, karena olahraga bisa membantu melepaskan hormon endorfin, senyawa kimia dalam otak yang bisa meningkatkan suasana hati.

Kedua, ketika kamu menghabiskan waktu dengan berolahraga berarti keseharianmu sudah diisi dengan melakukan kegiatan yang positif. Orang-orang yang memiliki aktivitas positif juga cenderung lebih berpikiran positif. Bahkan, tidak mudah terprovokasi karena tidak sempat melakukan bahkan memikirkan hal-hal yang negatif.

Ketiga, beberapa kalangan menggunakan olahraga sebagai aktivitas fisik untuk mengalihkan perhatian dari pikiran negatif yang seringkali muncul saat cemas berlebihan.

Berikut ini sudah ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu kamu meredakan gejala depresi.

1. Yoga

Jenis olahraga pertama, yang dipercaya bisa mengurangi rasa cemas dan depresi adalah yoga. Sejak 1970-an yoga dan meditasi sudah mulai digunakan sebagai alternatif untuk meredakan kecemasan depresi. Selama beberapa tahun belakangan ini khususnya semenjak pandemic Covid-19 merebak, yoga menjadi kian popular dan kerap dianggap mampu mengurangi dampak dari respons stres yang berlebihan. Jenis gerakannya pun bisa dipilih berdasarkan kemampuan fisik setiap individu.

2. Lari

Lari merupakan jenis olahraga yang dapat membuat seseorang mencapai level kebugaran maksimal. Tidak hanya itu saja, berlari juga bisa menjadi olahraga yang tepat untuk istirahat sejenak dari rutinitas harian. Berlari juga bisa menjadi sarana seseorang, agar lebih fokus berjuang meraih target personal. Olahraga lari bisa dilakukan dengan mudah sehingga tidak membutuhkan banyak persiapan. Sebelum lari hanya diperlukan sepatu yang aman, nyaman, niat, serta tekad yang bulat.

3. Bersepeda

Selain dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi, bersepeda juga mampu menurunkan kadar hormon stres pada tubuh. Olahraga ini sangat baik untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Hal ini yang membuat bersepeda baik untuk kesehatan mental dan fungsi otak. Saat bersepeda, pilihlah lokasi yang aman, tenang, sepi, dan bersih udaranya. Dengan bersepeda di jalur yang udaranya segar dan pemandangan indah, stres bisa teratasi dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

4. Berjalan Kaki

Berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengurangi stres. Sebab, jalan kaki sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Rutin melakukan jalan kaki bisa mengurangi risiko berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan stres. Contohnya saja seperti penyakit kardiovaskuler serta tekanan darah tinggi. Selain itu, jalan kaki juga bisa memanjakan mata ketika berkeliling di sekitar komplek. Misalnya saja, menikmati rindangnya pepohonan, atau pemandangan lain.

5. Berenang

Ini juga termasuk salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan rutin berenang, aliran darah akan jauh lebih lancar, tekanan darah stabil, serta otot dan sendi jadi lebih kuat. Ini karena ketika berenang, otot-otot tubuh kamu akan mengalami peregangan, bernapas dengan teknik yang beriringan disertai efek air yang dapat membantu menenangkan pikiran. Namun jangan terlalu lama melakukannya, cukup sekitar 30 menit selama 3-5 kali seminggu.

Nah, itu saja beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan. Namun, kamu juga harus mengikuti instruksi dokter berpengalaman dan menerapkan pola hidup sehat. Termasuk rutin mengkonsumsi makanan bergizi, sehingga gejala kecemasan bisa terkontrol dan tak mengganggu aktivitas sehari-hari.


Sumber Referensi

Nabila Azmi. 2020. 3 Jenis Olahraga yang Bantu Mengurangi Perasaan Cemas dan Depresi [online] (https://hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/olahraga-mengurangi-cemas-depresi/, diakses tanggal 19 November 2022)

dr. Fadhli Rizal Makarim. 2021. 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengusir Stres [online]
(https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-olahraga-yang-ampuh-mengusir-stres, diakses tanggal 19 November 2022)

dr. M Dejandra Rasnaya. 2021. Manfaat Olahraga untuk Mengatasi Depresi [online]
(https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/manfaat-olahraga-untuk-mengatasi-depresi, diakses tanggal 19 November 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya