Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Macam-Macam Ide Resolusi Yoga di 2024

03 January 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Menetapkan Rutinitas Latihan Harian

2. Gak Cuma Pose Tapi Jelajahi Juga Jenis-Jenis Yoga Lainnya

3. Eksplorasi Teknik-Teknik Pernapasan

4. Lebih Aktif Berpartisipasi dalam Komunitas Yoga

5. Meningkatkan Kualitas Mental Health

6. Mengejar Body Goals

Sumber Referensi

Pergantian tahun merupakan salah satu momen yang tepat untuk membuat resolusi sehat 2024. Hal ini penting dilakukan agar target memulai gaya hidup sehat bisa terlaksana.

Bagi para pemula yang tertarik memulai perjalanan yoga, menetapkan resolusi dapat menjadi cara yang tepat untuk memotivasi diri sendiri dan mencapai kemajuan yang lebih baik. 

Jika kamu masih bingung, berikut macam-macam ide resolusi yoga yang mungkin bisa dicoba untuk mengawali tahun 2024.

1. Menetapkan Rutinitas Latihan Harian

Resolusi yang baik untuk pemula adalah menetapkan rutinitas latihan yoga harian. Mulailah dengan jadwal yang realistis, seperti 15-20 menit setiap hari. Lalu tingkatkan durasi seiring berjalannya waktu. 

Kamu bisa berlatih dengan mengikuti kelas yoga, baik secara online maupun offline. Yang terpenting sebagai pemula, kamu mendapatkan bimbingan dan dukungan langsung dari instruktur yang berpengalaman.

2. Gak Cuma Pose Tapi Jelajahi Juga Jenis-Jenis Yoga Lainnya

Cobalah berbagai jenis yoga untuk menemukan jenis yoga yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan tubuhmu. Kamu bisa memulainya dari yoga Hatha lalu Vinyasa atau Yin Yoga. Namun bukan cuma itu saja, terdapat beragam opsi lain yang bisa kamu jelajahi. 

Mulai dari yoga Ashtanga, Iyengar, Restorative hingga Hot Yoga. Hal ini tak hanya bagus untuk memperkaya pengalamanmu namun juga akan mungkin memberikan manfaat kesehatan yang berbeda-beda.

3. Eksplorasi Teknik-Teknik Pernapasan

Resolusi selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah fokus untuk mempelajari teknik-teknik pernapasan dalam yoga. Mulai dari Ujjayi Pranayama, Nadi Shodhana, Kapalabhati, Bhramari, Dirga Pranayama, Sitali dan lainnya. Sebab manfaatnya gak main-main lho, pernapasan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. 

Jika memungkinkan sertakan juga meditasi sebagai bagian dari resolusi yoga kamu tahuh ini. Mulailah dengan meditasi singkat setelah sesi yoga untuk membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran diri.

4. Lebih Aktif Berpartisipasi dalam Komunitas Yoga

Terlibat dalam komunitas yoga juga dapat kamu sertakan dalam resolusi tahun ini. Bergabung dan  secara aktif berpartisipasi dalam akan memberikan sejumlah manfaat yang signifikan. Kamu akan mendapatkan dukungan dari sesama praktisi yang memiliki pengalaman serupa. 

Ini akan memotivasi kamu untuk tetap konsisten selama latihan. Selain itu komunitas yoga adalah tempat terbaik untuk bertukar pengalaman. Disini kamu juga akan sekaligus mendapatkan tips dan trik pose yoga terbaru baik dari sesama yogi maupun dari praktisi yang lebih berpengalaman.

5. Meningkatkan Kualitas Mental Health

Yoga juga diyakin dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan mental. Ini karena praktik yoga mencakup elemen-elemen seperti gerakan fisik (asana), teknik pernapasan dan meditasi, yang secara kolektif dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental. Teknik-teknik pernapasan dalam yoga misalnya, dilakukan dengan perlahan dan mendalam, bermanfaat untuk merangsang respons relaksasi tubuh terhadap hormon stres. 

Selain itu, beberapa asana yoga juga secara tak langsung mengajarkan tentang kesadaran diri dan penerimaan tanpa penilaian. Ini dapat membantu individu yang mempraktikkannya lebih sadar terhadap emosi mereka. Termasuk mengelola reaksi emosional dengan lebih efektif dan selektif.

6. Mengejar Body Goals

Latihan yoga juga dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu kamu mencapai berbagai body goals. Misalnya jika tujuan kamu adalah ingin memiliki tubuh yang lebih fleksibel. Maka berlatih hatha yoga dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Beragam asana hatha yang difokuskan pada peregangan otot, jika dilakukan secara konsisten dapat merangsang peningkatan fleksibilitas tubuh. Misalnya Adho Mukha Svanasana (memanjangkan punggung, bahu dan betis) dan Uttanasana (memanjangkan punggung, paha belakang dan hamstring). 

Demi mewujudkan kenyamanan saat beryoga, memilih matras yoga juga tak boleh sembarangan. Kekuatan cengkeraman dari matras yoga penting untuk menjaga stabilitas tubuhmu saat latihan. 

Sebaiknya pilih mat yoga dengan bahan yang solid agar kamu tidak terpeleset. Kamu bisa menemukan matras yoga dengan kriteria tersebut di Nirvana Store. Beragam koleksi matras yoga premium terbaik tentunya hanya di Nirvana Store. Tersedia lengkap dengan bahan super grip jadi kamu tidak perlu khawatir akan licin saat terkena keringat.

Meski begitu, yang terpenting adalah menetapkan tujuan yang terukur dan tak memberatkan diri. Ingatlah bahwa yoga adalah perjalanan, bukan tujuan akhir. Dengan konsistensi, eksplorasi dan komitmen terhadap perkembangan diri, latihan yoga kamu akan menjadi lebih bermakna. 

Selamat menjalani tahun baru yang lebih berarti. Namaste!

Sumber Referensi

ISSA. 2021. How to Use Yoga for Flexibility and Improved Range of Motion [online] (https://www.issaonline.com/blog/post/how-to-use-yoga-for-flexibility-and-improved-range-of-motion diakses 2 Januari 2024)

Lauren Hellicar. 2022. What is yogic breathing? Benefits and how to try it [online] (https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-yogic-breathing#safety diakse 2 Januari 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya