Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Libur Telah Tiba, Yuk Simak Kiat Jaga Kesehatan Berikut Biar Kamu Tetap Bugar

31 December 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Beragam Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi Saat Liburan :

Masalah Pencernaan

Masalah Kulit

Masalah Pernapasan

Masalah Kesehatan Mental Seperti Stres

Berikut Tips yang Bisa Kamu Terapkan

1. Mengonsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi Seimbang

2. Menyempatkan Waktu Untuk Berolahraga

3. Tetap Pertahankan Kebiasaan Tidur Yang Baik

4. Selalu Jaga Kebersihan Tubuh

5. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

6. Meditasi Atau Luangkan Waktu Sejenak

Sumber Referensi

Manfaat liburan untuk kesehatan seseorang baik fisik maupun mental tak perlu lagi diragukan. Liburan akan membantu kamu mengurai stres yang mungkin dialami akibat tuntutan rutinitas sehari-hari seperti bekerja, mengurus keluarga atau mengelola bisnis.

Berlibur akan memberi kamu waktu untuk beristirahat, menenangkan pikiran dan melepaskan tekanan. Membantu kamu agar bisa kembali merasa bugar dan lebih siap menghadapi rutinitas sehari-hari.

Namun penting untuk diingat bahwa liburan tidak selalu menyenangkan dan dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Terutama jika kamu tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan saat liburan agar kamu dapat menikmati liburan dengan sejahtera.

Beragam Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi Saat Liburan :

Masalah Pencernaan seperti diare, muntah, dan mual. Ini dapat terjadi karena makan makanan yang tidak terbiasa atau tidak higienis, atau minum air yang tidak terkontaminasi.

Masalah Kulit seperti iritasi, gatal, atau ruam. Ini dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan, kontak dengan tanaman atau binatang yang tidak dikenal, atau pemakaian produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit kamu.

Masalah Pernapasan seperti sakit tenggorokan atau pilek. Ini dapat terjadi karena paparan udara yang kering atau polusi, atau karena terpapar virus atau bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan.

Masalah Kesehatan Mental Seperti Stres dapat terjadi karena tekanan mengelola liburan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

Demi menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut dan agar tubuh tetap bugar selama berlibur.

Berikut Tips yang Bisa Kamu Terapkan

1. Mengonsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi Seimbang

Walaupun ketika berlibur kamu cenderung ingin mencicipi beragam menu masakan. Namun sebaiknya pilih menu makanannya jangan sembarangan. Pilihlah makanan yang sehat dengan menerapkan prinsip konsumsi makanan yang beraneka ragam. Sehingga kamu selalu berenergi dalam menjalani aktivitas liburan.

Cukupi protein dengan tepat dan perhatikan pula kandungan serat. Jangan mengabaikan serat dalam menu makananmu. Begitupun dengan karbohidrat dan vitamin, jangan kurang atau berlebihan agar nutrisinya lengkap dan seimbang.

2. Menyempatkan Waktu Untuk Berolahraga

Selain menerapkan pola makan sehat, kamu juga perlu mengiringinya dengan melakukan aktivitas fisik. Lalu, apa itu aktivitas fisik? Aktivitas fisik dapat diartikan sebagai gerakan tubuh apapun yang menggunakan otot dan membutuhkan lebih banyak energi.

Atau sering kita sebut dengan berolahraga. Kamu bisa memulainya dengan melakukan aerobik atau yoga berintensitas sedang selama 30 menit per hari.

3. Tetap Pertahankan Kebiasaan Tidur Yang Baik

Mempertahankan pola tidur juga sangat penting begitupun dengan kualitas tidur. Meski terlihat sepele, daya tahan tubuhmu bisa berkurang jika pola tidurmu buruk dalam waktu yang lama. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya. Mulailah dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman dan tenang.

Matikan TV dan usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berat atau minuman berkafein beberapa jam sebelumnya. Nyalakan AC atau kipas angin atau coba lakukan teknik relaksasi sederhana. Ingat, batasi aktivitas bersama gadget menjelang tidur.

4. Selalu Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh bukan hanya akan membawa manfaat yang besar bagi kesehatan saja. Namun juga bagus untuk menunjang penampilan. Dengan menjaga kebersihan tubuh, kamu akan mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain.

Kamu bisa memulainya dengan kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun. Namun bukan hanya saat sebelum dan sesudah makan saja. Tetapi juga ketika usai menggunakan toilet, setelah memegang hewan atau usai menggunakan moda transportasi umum.

5. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Meski menjaga kesehatan gigi dan mulut terdengar sepele tapi mulut dan gigi adalah gerbang bagi kesehatan tubuh. Bila keduanya tidak sehat, tubuh pun bisa ikut tidak sehat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kesehatan tubuh secara menyeluruh juga terjaga.

Pastikan agar selain menyikat gigi secara teratur, kamu menggunakan pasta gigi berfluoride ketika menyikat gigi. Fluoride bisa membantu membuat permukaan luar gigi (enamel) jadi lebih kuat. Kondisi ini akan membantu mencegah gigi kamu berlubang.

6. Meditasi Atau Luangkan Waktu Sejenak

Meditasi dilakukan untuk memusatkan pikiran dan menciptakan efek relaksasi. Meditasi bisa kamu lakukan di mana saja bahkan jika sedang menghabiskan waktu liburan di alam. Kadang saking sibuknya, kamu lupa untuk sejenak berdiam diri dan merasa tenang. Meditasi akan membantu pikiran dan perasaan kamu agar lebih jernih.

Cukup ambil posisi nyaman dengan duduk bersila lalu fokus mengatur napas dengan lembut. Kosongkan pikiran dan lakukan selama yang kamu sanggup. Rutin meditasi akan membantu kamu mengendalikan rasa cemas. Ketika rasa cemas terkontrol dengan baik Perlahan kamu jadi lebih tenang, maka stres pun dapat berkurang dan liburan kamu makin lancar.

Waspadalah jika mengalami tanda-tanda penurunan daya tahan tubuh hingga sering demam atau pusing. Segera periksakan diri ke dokter agar bisa segera diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepat.

Pastikan untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan dan keamanan kamu sebelum liburan, serta mematuhi saran dan arahan otoritas kesehatan setempat. Sehat Maksimal Biar Liburan Kamu Lancar.

Sumber Referensi


dr Dyah Novita Anggraini. 2018. 7 Kiat Tetap Sehat Selama Liburan [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/7-kiat-tetap-sehat-selama-liburan di akses 30 Desember 2022)

dr Sienny Agustin. 2022. Tips agar Tetap Sehat Selama Liburan [online] (https://www.alodokter.com/tips-agar-tetap-sehat-selama-liburan di akses 30 Desember 2022)

Hani Apriliani. 2021. 5 Manfaat yang Dapat Diambil jika Rutin Meditasi [online] (https://voi.id/lifestyle/44895/5-manfaat-yang-dapat-diambil-jika-rutin-meditasi di akses 30 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya