Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Lawan Skeptis! Yoga Tak Cuma Untuk Orang Berbadan Kurus

26 December 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Skeptis Soal Yoga

Tips Yoga Untuk Tubuh Gemuk

Sumber Referensi

Yoga saat ini menjadi salah satu jenis olahraga yang tengah digandrungi. Olahraga ini telah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu dalam filosofi India kuno. 

Yoga sendiri memiliki berbagai gerakan (asana) yang menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Maka dari itu, yoga juga cukup direkomendasikan dilakukan bila ingin meredakan stress dan merawat kesehatan emosional.

Namun sayangnya, ternyata masih banyak pula masyarakat yang mengira bahwa yoga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan postur tubuh kurus dan langsing. 

Padahal pada kenyataannya tidak demikian. Siapa saja bisa melakukan yoga, termasuk yang memiliki bentuk tubuh berisi dan gemuk.

Skeptis Soal Yoga

Di tengah kepopularitasnya, masih banyak kesalahpahaman yang terjadi mengenai yoga. Masih banyak orang yang mengira bahwa yoga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan postur tubuh kurus dan langsing.

Namun menurut seorang ahli terapi fisik dan profesor klinis yoga dan kesehatan di Universitas Loyola Marymount di Los Angeles, Lori Rubenstein Fazzio, siapa saja bisa melakukan Yoga, tampa melihat bentuk tubuhnya.

Sementara menurut Laura Schmalz yang merupakan seorang ahli saraf dan instruktur yoga bersertifikat di Southern California University of Health Sciences, Yoga bisa saja dilakukan tanpa menggerakkan tubuh sekalipun, yakni hanya dengan berfokus terutama pada pernapasan, mereka masih bisa merasakan manfaatnya.

Laura Schmalz berpendapat bahwa yoga sebenarnya adalah pernapasan atau latihan pernapasan, dan kemudian ditambahkan gerakan. Maka dari itu, hanya dengan melatih pernafasan, sudah bisa disebut melakukan yoga, meski tanpa harus melakukan gerakan.

Sehingga, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa meski memiliki bentuk tubuh berisi, masih bisa melakukan Yoga. Dengan arti kata lain bahwa Yoga tidak hanya bisa dilakukan dan diperuntukkan bagi orang-orang bertubuh kurus.

Tips Yoga Untuk Tubuh Gemuk

Sejauh ini, memang lebih sering dijumpai orang-orang dengan bentuk tubuh kurus yang kerap melakukan yoga. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang bertubuh berisi untuk juga melakukan yoga.

Nah agar bisa lebih maksimal dalam melakukan yoga, tentunya hal yang perlu dilakukan adalah rutin dan konsisten mengikuti kelas. Kamu bisa mulai dengan mengikuti kelas yoga basic untuk pemula. 

Meski begitu, juga ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang bertubuh gemuk agar semakin nyaman dalam melakukan yoga.

Pertama-tama, sesuaikan posisi kaki saat melakukan gerakan yoga. Kemudian bila ada bagian tubuh yang menghalangi gerakan yoga seperti lipatan kulit perut, paha, lengan, atau payudara. Maka bisa mengkombinasikannya dengan penggunaan alat bantu seperti yoga block atau yoga strap. Lalu menyesuaikannya senyaman mungkin.

Misalnya saja saat menggunakan yoga strap dalam posisi gerakan peregangan hamstring, jika tangan kamu belum bisa menyentuh ujung jari kaki, tak masalah, kamu bisa menggunakan yoga strap untuk bisa menyentuh ujung jari kaki.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri, sebaiknya terima dan pahamilah setiap bagian tubuh kamu sebab setiap orang memiliki batasan dan kemampuan yang berbeda. Jika suatu gerakan (asana) terasa sulit dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Lakukan modifikasi gerakan di bawah pantauan instruktur yoga atau istirahat sejenak.

Setiap orang memiliki tingkat kebugaran yang berbeda. Fokuslah pada kemajuan pribadi masing-masing dan nikmati perjalanan yoga kamu.

Perlu diperhatikan juga untuk tetap percaya diri dalam melakukan yoga meski memiliki bentuk tubuh berisi. Pasalnya, kurangnya kepercayaan diri biasanya menjadi salah satu hambatan bagi orang bertubuh gemuk untuk melakukan yoga.

Konsistensi sangat penting dalam yoga. Cobalah menyisihkan waktu setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu untuk latihan yoga secara rutin. Konsistensi ini dijamin akan membantu memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan keseimbangan.

Ingatlah bahwa yoga adalah tentang mendengarkan dan menghormati tubuhmu. Lakukan yoga dengan semangat yang positif sehingga kamu bisa menikmati manfaat yoga tanpa merasa tertekan atau terintimidasi.

Sumber Referensi

The New York Times. 2023. Yoga for Skeptics [online] (https://www.nytimes.com/2023/04/17/well/move/yoga-benefits.html diakses pada 23 Mei 2023)

dr. Andreas Wilson Setiawan. 2021. Tips dan Gerakan Yoga untuk Orang Bertubuh Gemuk [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/yoga-untuk-orang-bertubuh-gemuk/ diakses pada 23 Mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya