Unduh Aplikasi Nirvana

image Press

Press Category

Konsulat Jenderal India Medan Akan Menggelar International Day Of Yoga Ke-8

12 July 2022

oleh Yasmita Sari

Share

Tweet

Salin Tautan

"Yoga is Life" adalah tiga kata yang menggambarkan arti yoga menurut bapak Konsulat Jenderal India Medan sekarang, bapak Subham Singh. Beliau baru saja mulai menjabat sebagai Konsulat Jenderal India Medan di akhir Oktober tahun 2021 lalu. Bagi beliau, Medan adalah kota yang energetic namun peaceful dan apa saja bisa didapatkan di Medan.

Di tengah kesibukannya menjalani courtesy call negara, beliau masih menyempatkan diri untuk berolahraga jalan pagi bersama dengan istrinya, ibu Bhavya Singh, yang merupakan seorang dokter. Selain itu, terkadang beliau juga berlatih badminton serta rutin menjalankan yoga protocol selama 45 menit dan 15 menit meditasi Isha Kriya dari Sadhguru setiap hari. "Yoga adalah olahraga paket lengkap" tuturnya juga. Kenapa? Karena Menurut beliau yoga itu menjangkau 3 aspek kesehatan; kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan spiritual.

Bercerita mengenai yoga, dalam waktu dekat ini seluruh dunia akan menyambut International Day of Yoga yang ke-8 pada tanggal 21 Juni 2022. Beliau menerangkan, bahwa Indonesia dibawah konsulat Jenderal India Medan, Konsulat Jenderal India Bali dan Kedutaan Besar India Jakarta akan turut serta merayakan International Day of Yoga di empat tempat, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Medan dan Bali. Beberapa persiapan pun telah dilakukan oleh Konsulat Jenderal India Medan dalam menyiapkan Internasional Day of Yoga di Medan. Diantaranya berkolaborasi dengan Nirvana dan Kamalini Yoga Studio dalam mendukung acara tersebut.

Di Indonesia sendiri, Jakarta akan lebih dulu merayakan International Day of Yoga pada tanggal 19 Juni 2022 di Lapangan Benteng Jakarta. Puncak acara akan digelar di Candi Prambanan Yogyakarta pada tanggal 21 Juni 2022, bersamaan dengan acara di Konsulat Jenderal India Medan dan Bali. Tahun ini merupakan tahun yang spesial bagi pemerintah India dikarenakan pada bulan Agustus nanti Republik India akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-75 tahun. Oleh karena itu, International Day of Yoga pada tahun ini akan disiarkan secara langsung dari 75 tempat ikonik dunia melalui stasiun tv dan sosial media resmi pemerintah India. Siaran langsung ini dinamai dengan "Guardian Ring" berkonsep One Sun, One Earth" menampilkan Unification of Yoga (kekuatan penyatuan yoga) di seluruh dunia dari Timur ke Barat selama 24 jam mengikuti pergerakan matahari. Di Indonesia, Candi Prambanan Yogyakarta juga akan terhubung dalam siaran langsung global ini. Khusus kota Medan, International Day of Yoga akan disiarkan secara live melalui akun resmi instagram Nirvana di @nirvana.id.

Tema Internasional Day of Yoga tahun ini adalah "Yoga for Humanity". Sebagai tema untuk kemanusian, Internasional Day of Yoga tahun ini berfokus mengenalkan yoga pada semua level masyarakat dan ke segala kelompok usia. Secara khusus tahun ini, pemerintah India mengadakan sesi yoga untuk orang-orang berkebutuhan khusus, perempuan, anak-anak, lansia, dan transgender. Pemerintah India juga berfokus untuk memberikan pendidikan yoga pada tahap sekolah di seantero India. Disamping itu juga, tema tahun ini merupakan suatu bentuk dukungan yoga dalam membantu penyembuhan pasien COVID-19 selama masa pandemi melalui latihan pernafasan dan latihan fisik dasar.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, pemerintah India telah sukses mengadakan acara yoga dimana sebanyak 750 juta orang melakukan gerakan "Surya Namaskar" diseluruh dunia secara online selama 21 hari. Semua peserta yang mengikuti sampai akhir acara juga mendapatkan sertifikat keikutsertaan dari pemerintah India. Kegiatan spesial yang tidak dilakukan setiap tahunnya ini juga diadakan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan ke-75 tahun Republik India.

Ket: Surya Namaskar atau Sun Salutation Pose

Kedepannya, Konsulat Jenderal India Medan berharap dapat berkolaborasi dengan banyak lapisan masyarakat untuk mengembangkan dan mengenalkan yoga ke masyarakat secara luas. Untuk persiapan International Day of Yoga tahun ini, Konsulat Jenderal India Medan meengekspektasi sebanyak 100 sampai 250 orang dapat berpartisipasi dalam kegiatan kali ini. Demikian penjelasan dan harapan beliau ketika kami wawancarai. Bagi yang berminat anda dapat mendaftar diri melalui register link yang ada di link instagram @consulateindiamedan ataupun di link instagram @nirvana.id. Kegiatan ini akan berlangsung dari pukul 07.05 WIB dengan 45 menit sesi yoga dan 15 menit meditasi Isha Kriya yang dipandu oleh Miss Mariana dari Kamalini Yoga Studio.

article

Artikel Terkait Lainnya