Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Kini Jadi Tren Olahraga Baru, Apa Itu Bungee Fitness?

12 June 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengenal Bungee Fitness

Manfaat Latihan Bungee Fitness

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Latihan Bungee Fitness

Sumber Referensi

Fitness hingga saat ini masih menjadi salah satu olahraga yang banyak digandrungi masyarakat. Fitness sendiri ada berbagai jenis, salah satunya adalah Bungee Fitness.

Bagi sebagian orang, mungkin Bungee Fitness terdengar asing. Namun di Amerika Serikat, jenis olahraga ini merupakan hal yang baru dan populer.

Bungee Fitness ini merupakan olahraga yang mengandalkan kondisi tanpa gravitasi. Olahraga kardio ini juga berintensitas tinggi dan berdampak rendah, serta dipercaya bisa menghindari risiko terkena cedera sendi.

Lantas apa sih Bungee Fitness itu? Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Bungee Fitness

Sesuai dengan namanya, Bungee Fitness merupakan olahraga yang mengenakan perlengkapan seolah-olah akan melakukan kegiatan terjun dari ketinggian atau yang biasa disebut sebagai bungee jumping.

Hanya saja, Bungee Fitness tidak melompat dari ketinggian, tapi berolahraga seperti sedang terbang atau dalam situasi tanpa gravitasi. Hal ini dimungkinkan lantaran tubuh akan ditahan oleh sabuk pengaman (harness) dan tali bungee.

Menurut pendiri dan pemilik Tough Lotus, studio kebugaran bungee dan udara di Chandler, Amanda Paige seperti dikutip dari Health, Bungee Fitness merupakan latihan kardio intensitas tinggi berdampak rendah yang membuat terbang di udara dan menyelam ke tanah. Dalam melakukan olahraga ini disebutkan akan menggunakan banyak otot inti dan kaki.

Paige yang juga seorang mantan penari broadway profesional mengaku bahwa ia merupakan orang pertama yang membawa latihan bungee ke AS beberapa tahun yang lalu. 

Pada mulanya, ia melihat sebuah video studio bungee di Thailand. Kemudian ia pun memutuskan untuk pergi ke Thailand dan berlatih selama dua pekan. 

Setelah itu, ia membuka Tough Lotus yang berfokus pada kebugaran. Semakin hari, semakin banyak studio dibuka dan diperluas ke seluruh negeri. Bahkan beberapa diantaranya menggabungkan antara pilates, yoga, dan balet.

Manfaat Latihan Bungee Fitness

Saat ini, sudah banyak kelas latihan interval intensitas tinggi HIIT yang telah mendominasi banyak sasana, namun latihan bungee menawarkan hal berbeda yakni berisiko rendah terhadap mereka yang ingin mencegah cedera. 

Ini dikarenakan bungee menarik, melawan gravitasi, serta membutuhkan stabilitas dan kekuatan untuk tetap berada di tanah.

Semua gerakan, khususnya lompatan dan pantulan yang berasal dari sebagian besar kelas bungee akan membuat jantung terpompa dengan baik. 

Lalu, sebagian besar latihan bungee juga berfokus pada pembentukan massa otot, komponen tarian juga menuntut daya tahan dan koordinasi kardiovaskular yang baik pula.

Selanjutnya, dengan latihan bungee juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh, khususnya bila memegang tali di tangan. 

Dalam hal ini, postur memerankan peran besar dalam melakukan latihan bungee dengan bentuk yang tepat, sehingga saat melakukannya, otot di punggung, dada dan bahu bekerja untuk menahan postur tubuh.

Kemudian, latihan bungee juga bisa untuk mempelajari cara mengaktifkan otot penstabil guna memindahkan berat badan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh lainnya sambil bekerja melawan hambatan tali pusat. 

Komponen koordinasi dan kontrol ini pun bisa membantu agar kamu lebih mengenal tubuh.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Latihan Bungee Fitness

Bila baru pertama kali ingin rutin berolahraga, latihan bungee bisa jadi menjadi pilihan. Pasalnya, latihan bungee memberikan terobosan yang bagus untuk kebugaran, dan memberikan dampak rendah yang lebih mudah pada persendian.

Meski begitu, bila kurang yakin dan masih merasa khawatir, bisa dikomunikasikan dengan instruktur di studio sebelum mendaftar kelas. Hal ini akan menjadi lebih baik.

Selain itu, penting juga untuk memahami dasar-dasar penggunaan sistem bungee dan cara melakukan latihan dengan aman. Sehingga, sangat disarankan kepada pemula untuk mengambil kelas permulaan bungee sebagai pengantar.

Saat mengikuti kelas latihan bungee, diharapkan memakai pakaian olahraga yang pas dan menyerap kelembapan. Lalu juga wajib memakai kaus kaki dan sepatu kets di kelas, serta tidak memakai perhiasan.

Sumber Referensi

Associated Press. 2023. Bungee Fitness, Olahraga yang Hindari Tekanan pada Sendi [online] (https://www.voaindonesia.com/a/bungee-fitness-olahraga-yang-hindari-tekanan-pada-sendi/6902347.html diakses 17 April 2023)

Health Editorial Team . 2021. What Are Bungee Workouts, and Should I Try One? [online] (https://www.health.com/fitness/bungee-workouts-explainer diakses 17 April 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya