Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Keuntungan dan Kerugian Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh

30 March 2023

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Kopi

1. Kafein

2. Dicaffeoylquinic Acid

3. Ethyphenol

4. Quinic Acid

5. Acetylmethylcarbinol

Kerugian Minum Kopi Berlebihan

1. Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung

2. Picu Gangguan Pencernaan

3. Rentan Osteoporosis dan Kerusakan Otot

4. Memicu Rasa Cemas

5. Mengganggu Tumbuh Kembang Janin

Keuntungan Minum Kopi

1. Kafein Berguna Tingkatkan Kemampuan Sistem Saraf

2. Tingkatkan Sistem Imun

3. Meningkatkan Produksi Energi

4. Turunkan Berat Badan

Sumber Referensi

Kopi kini jadi minuman kekinian yang seolah tak bisa lepas dari bagian kehidupan manusia masa kini. Semua kalangan baik orang tua maupun anak muda khususnya di usia produktif, ketagihan dengan kopi. Kopi menjadi minuman yang dianggap layak untuk diminum sembari menemani hari.

Sebut saja sebagai teman di saat santai atau bahkan sebagai minuman penghilang rasa kantuk saat bekerja. Kalangan pecinta kopi pun merasa harus menghabiskan paling tidak satu gelas kopi tiap harinya.

Alasannya? Sederhana, jika tak meminumnya, maka hidup serasa ada yang kurang.

Namun, ibarat dua bilah mata pisau, siapa sangka, minuman ini bisa memberikan keuntungan dan kerugian bagi kesehatan seseorang sekaligus.

Mari ketahui lengkap lewat ulasan berikut.

Semoga bermanfaat.

Kandungan Nutrisi Kopi

Sebelum lebih lanjut membahas soal manfaat, tiada salahnya kita juga patut memahami kandungan apa saja yang ada di dalam kopi. Berikut penjelasannya.

1. Kafein

Kafein merupakan zat dengan kandungan tertinggi pada minuman yang satu ini. Kafein merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh.

Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah untuk meningkatan kerja tubuh sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efek dari kafein ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi.

Kafein hanya membutuhkan 15 hingga 20 menit untuk masuk ke aliran darah, namun efek yang dirasakan bisa sampai 10 jam. Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.

2. Dicaffeoylquinic Acid

Selain zat di atas ada pula kandungan Dicaffeoylquinic Acid yang notebene zat penting penangkal radikal bebas karena memiliki unsur antioksidan.

3. Ethyphenol

Zat ini memiliki peranan penting sebagai penghasil aroma khas pada kopi.

4. Quinic Acid

Lalu ada Quinic Acid yang memiliki fungsi penting yakni berparan dalam memberikan rasa masam pada kopi.

5. Acetylmethylcarbinol

Selanjutnya ada zat Acetylmethylcarbinol yang mampu memberikan rasa gurih terhadap kopi.

Kerugian Minum Kopi Berlebihan

1. Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung

Mengutip laman Alodokter, kandungan kafein pada kopi mampu menstimulasi tekanan darah dan detak jantung. Hal ini pun bisa mengakibatkan terjadinya penyakit hipertensi pada manusia apabila kopi diminum secara berlebihan.

2. Picu Gangguan Pencernaan

Meminum kopi secara berlebihan menurut keterangan pakar kesehatan bisa sebabkan lambung alami iritasi. Alhasil, bagi Anda yang meminum kopi berlebihan bisa rentan alami mual, sakit perut hingga diare. Mengutip laman SehatQ, meminum kopi bisa menimbulkan keluarnya hormon gastrin sehingga mempercepat kinerja usus besar pada manusia. Zat kafein juga bisa merangsang terjadinya pergerakan pada usus. Lebih lanjut, minuman ini kabarnya juga bisa menimbulkan maag atau GERD berdasarkan penelitian tentang kesehatan terbaru.

3. Rentan Osteoporosis dan Kerusakan Otot

Kandungan kafein pada kopi ternyata bisa mengikis kalsium zat penting pembentukan tulang pada manusia. Alhasil tak mengherankan apabila kopi diminum berlebihan bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis. Tak hanya mempengaruhi tulang, minum kopi secara berlebihan juga bisa menimbulkan kerusakan terhadap otot manusia. Berdasarkan penelitian, terjadi suatu kondisi bernama rabdomiolisis apabila minuman kopi dikonsumsi secara berlebihan.

4. Memicu Rasa Cemas

Masih imbas zat kafein, manusia rentan alami cemas, gelisah, dan gugup hanya karena minum kopi berlebihan. Meskipun pada dasarnya meminum minuman ini bisa hilangkan kantuk, tapi bisa jadi hal tersebut hanya sementara karena kecemasan Anda bisa bertambah nantinya.

5. Mengganggu Tumbuh Kembang Janin

Kalangan ibu hamil patut waspada kala ingin meminum kopi, pasalnya perlu ada batasan yang dianjurkan oleh dokter. Kabarnya, dokter menganjurkan ibu-ibu yang sedang mengandung untuk mengkonsumsi 200 mg kafein atau satu cangkir kopi saja. Hal ini dikarenakan kebanyakan konsumsi kopi bisa membuat pembuluh darah dari plasenta menuju janin akan menyempit dan tentu saja bisa berimbas terhadap bayi nantinya.

Keuntungan Minum Kopi

1. Kafein Berguna Tingkatkan Kemampuan Sistem Saraf

Mengutip laman India Times, kandungan kafein bisa jadi stimulus hebat yang mengakibatkan peminumnya alami peningkatan fungsi sistem saraf. Hal ini pun bisa membuat Anda alami kenaikan mood dan kemampuan berolahraga.

2. Tingkatkan Sistem Imun

Minum kopi juga bermanfaat menambah zat antioksidan pada tubuh manusia. Tak ayal hal ini nantinya bisa membantu tubuh manusia lebih kuat melawan penyakit.

3. Meningkatkan Produksi Energi

Dampak kandungan kafein pada kopi mampu memberikan efek domino berupa peningkatan hormon dopamine pada tubuh manusia. Hasilnya? Tentu saja terjadi peningkatan level energi pada tubuh. Adapun hal ini juga berimbas meningkatnya energi untuk keperluan sehari-hari.

4. Turunkan Berat Badan

Ahli Kesehatan memaparkan kandungan kafein pada kopi berguna dalam hal menurunkan berat badan. Kandungan zat itu dilaporkan bisa membakar kalori sebanyak 3 hingga 13 persen, efeknya bisa bertahan selama 3 jam. Dengan kata lain, kalori yang terbakar pada tubuh manusia bisa mencapai 70 sampai 150 kalori hanya dengan minum kopi saja.

Sumber Referensi


dr. Kevin Adrian, 2021, Kenali Dulu Bahaya Kopi Sebelum Terbuai Kenikmatannya [Online] (https://www.alodokter.com/kenali-dulu-bahaya-kopi-sebelum-terbuai-kenikmatannya diakses 13 Maret 2023)

Anaya Jain, 2019, Here Are The Benefits Of Coffee And Tea That You Should Know [Online] (https://www.indiatimes.com/health/healthyliving/coffee-or-tea-health-benefits-comparison-376063.html diakses 13 Maret 2023)

Yanita Nur Indah Sari, 2023, Meski Bermanfaat, Hati-Hati Bahaya Minum Kopi Setiap Hari yang Mungkin Mengintai [Online] (https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-minum-kopi-setiap-hari diakses 14 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya