Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

22 October 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

2. Mencegah Diabetes

3. Cocok untuk Diet

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

5. Menghilangkan Bau Mulut

6. Membuat Tubuh Lebih Rileks

7. Mencegah Penuaan

Sumber Referensi

Pasti kamu sering mendengar teh hijau atau green tea. Teh yang satu ini sangat populer dan mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena dipercaya mengandung beragam khasiat untuk tubuh.

Jika dilihat dari sejarahnya, teh hijau awalnya digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat China sejak ribuan tahun yang lalu. Teh hijau ini mulai digunakan sebagai minuman herbal sejak masa dinasti Kaisar Shen Nung.

Sementara di Jepang, tradisi minum teh hijau mulai muncul sekitar abad ke-6 masehi, tepatnya di zaman Kamakura. Kebiasaan orang Jepang mengkonsumsi teh hijau dipengaruhi oleh masyarakat China yang saat itu menyebarkan ajaran Zen sambil memperkenalkan teh hijau.

Saat ini, teh hijau masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena diyakini bisa memberikan kesehatan bagi tubuh.

Lantas, apa saja manfaat dari teh hijau?

Simak pembahasannya secara lengkap dalam informasi ini.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Berdasarkan penjelasan buku Toksisitas Merkuri dan Peran Ekstrak Teh Hijau Sebagai Antioksidan oleh Dhona Afriza M Biomed, teh hijau merupakan jenis teh yang tidak mengalami proses fermentasi, namun mengalami proses pengeringan serta penguapan daun yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

Sebagai informasi, menurut proses pembuatannya teh bisa saja dibagi menjadi enam jenis, yaitu teh putih, hijau, kuning, oolong, hitam serta gelap. Teh putih dan hijau tidak akan mengalami fermentasi, kemudian teh kuning hanya sedikit difermentasi, sementara teh oolong, hitam, serta gelap difermentasi lebih dalam.

Uniknya, teh hijau ini memiliki kandungan katekin yang lebih banyak ketimbang dengan jenis teh lainnya. Selain itu, teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan di dalam teh hijau terdiri atas asam amino (7%), theanine, proanthocyanidins, polifenol (90%), dan kafein (masing-masing 3%). Kemudian, ada kandungan katekin, flavonoid (myricetin, kaempferol, quercetin, asam klorogenat, coumaroylquinic acid, teogalin) yang merupakan kandungan utama di dalam polifenol.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Di dalam teh hijau juga telah terkandung sejumlah kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, natrium, fluor, seng, fluoride, dan mangan. Oleh karena itu, banyak sekali manfaat yang didapat jika kamu mengkonsumsi teh hijau.

Lantas, apa saja manfaat dari teh hijau bagi kesehatan?

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat teh hijau pertama yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya kandungan polifenol dalam teh hijau yang dipercaya mampu menghalangi kolesterol diserap oleh usus.

2. Mencegah Diabetes

Bagi kamu yang ingin hidup sehagt karena takut diabetes, maka mengkonsumsi teh hijau bisa menjadi pilihannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

3. Cocok untuk Diet

Teh hijau ternyata lebih cocok bagi kamu yang tengah diet, soalnya teh hijau bermanfaat untuk bisa membakar lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tentunya karena kandungan katekin di dalam teh hijau yang dipercaya membantu mengurangi lemak berlebih.

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat kamu sulit tidur di malam hari, maka bisa coba konsumsi teh hijau selagi hangat. Kandungan theanine di dalam teh hijau mempunyai efek anti stres pada manusia. Hal ini tentunya sangat membantu kamu tidur lebih nyenyak, memperbaiki kualitas tidur buruk, serta lebih segar saat bangun di pagi hari.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Teh hijau ini mengandung tanin yang mempunyai sifat antibakteri, sehingga dapat mencegah pembentukan bakteri di dalam mulut. Selain dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap, teh hijau juga dapat mencegah terjadinya karies gigi serta pembentukan plak pada gigi. Oleh karena itu, pada zaman dahulu banyak masyarakat yang menggunakan teh hijau sebagai obat kumur tradisional.

6. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Sering mengkonsumsi teh hijau ternyata juga bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh, salah satunya tubuh menjadi rileks. Hal ini tentunya karena ada kandungan theanine di dalam teh hijau yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan.

7. Mencegah Penuaan

Manfaat teh hijau berikutnya yaitu bisa mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit. Hal ini karena, teh hijau mengandung unsur polifenol yang berkhasiat membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan di kulit secara signifikan.

Nah, itu saja beberapa penjelasan mengenai manfaat teh hijau dan efek samping yang ditimbulkan bila mengkonsumsi terlalu banyak. Jadi, sah-sah saja jika mengkonsumsi teh hijau namun dalam jumlah yang wajar.

Sumber Referensi


Dia Rahma. 2023. 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan [online] (https://www.halodiarahma.com/2023/04/6-manfaat-hijau-untuk-kecantikan.html diakses 23 Februari 2023) 

dr Sienny Agustin. 2021. 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan [Online] (https://www.alodokter.com/memetik-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan di akses 23 Februari 2023)

Aprinda Puji. 2022. 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-teh-hijau/ di akses 23 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya