Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Kandungan dan Manfaat Konsumsi Beras Merah Setiap Hari

20 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Manfaat Konsumsi Beras Merah

1. Mencegah Penyakit Jantung

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

3. Melawan Radikal Bebas

4. Mengurangi Risiko Obesitas

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Sumber Referensi

Beras merah seringkali menjadi salah satu pilihan banyak orang yang sedang diet atau mulai beralih ke gaya hidup lebih sehat. Umumnya, nasi merah dianggap lebih sehat ketimbang nasi putih.

Dikarenakan, nasi merah mempunyai kandungan kalori lebih rendah, namun memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Beras merah merupakan biji-bijian utuh yang kaya akan nutrisi dan serat. Beras merah juga termasuk sumber karbohidrat yang tinggi serat, bebas gluten, rendah kalori, dan tidak mengandung lemak trans. Setiap 100 gram beras merah terdapat kandungan nutrisi, seperti:

● Fosfor: 63 mg
● Zat besi: 0,8 mg
● Natrium: 5 mg
● Kalium: 91,4 mg
● Magnesium: 43 mg
● Seng: 0,9 mg
● Tembaga: 0,20 mikrogram
● Vitamin B3: 1,6 mg
● Vitamin B1: 0,06 mg
● Air: 64 gram
● Energi: 149 kal
● Protein: 2,8 gram
● Lemak: 0,4 gram
● Karbohidrat: 32,5 gram
● Serat: 0,3 gram
● Kalsium: 6 mg

Selain zat gizi diatas, beras merah juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti myricetin, anthocyanin (antosianin) apigenin, dan quercetin. Antosianin adalah sebuah kelompok senyawa fenolik, membuat warna ungu dan merah seperti pada kol, bawang merah, dan lainnya.

Manfaat Konsumsi Beras Merah

Dengan kandungan gizi tersebut, kamu bisa memperoleh berbagai macam manfaat kesehatan dari mengkonsumsi beras merah. Nah, berikut ini sudah ada beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Tingginya kadar kolesterol yang ada di dalam darah tentunya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Umumnya, jumlah kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi akan memicu terjadinya pembentukan plak di dinding arteri. Apabila sudah begitu, plak tersebut akan menyumbat pembuluh arteri koroner dan menyebabkan serangan jantung.

Oleh karena itu, menurunkan kadar kolesterol dalam darah berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara itu, untuk mengkonsumsi beras merah secara rutin bisa memberikan manfaat agar menurunkan kadar kolesterol.
Saat kadar kolesterol jahat dapat terkendali, maka kesehatan jantung juga semakin meningkat. Artinya, mengonsumsi beras merah juga mampu membantu mencegah mengalami berbagai macam penyakit jantung.

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Terlalu banyak mengonsumsi nasi putih ternyata juga akan berpengaruh terhadap kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam jurnal Nutrients menyatakan, kemungkinan hal tersebut akan membuat sebagian masyarakat Asia mulai beralih ke nasi merah.

Nasi yang terbuat dari beras merah mempunyai indeks glikemik lebih rendah, apabila dibandingkan dengan nasi putih. Sehingga tidak heran bila beras merah memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini berarti, mengonsumsi nasi yang terbuat dari beras ini juga turut membantu mengontrol diabetes.

3. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antosianin yang ada dalam beras merah termasuk dalam golongan antioksidan paling kuat. Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat adanya radikal bebas. Apabila berlarut-larut, maka stres oksidatif bisa merusak sel dan jaringan, dan menyebabkan peradangan.

Tidak hanya itu, dalam Jurnal Jepang terbitan Asian-Australasian Journal of Animal Sciences telah menemukan bahwa kandungan antioksidan flavonoid pada beras merah lebih tinggi ketimbang beras coklat. Sehingga kerjanya akan lebih efektif untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

4. Mengurangi Risiko Obesitas

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ternyata kandungan serat beras merah mempunyai khasiat untuk mengurangi risiko obesitas. Bahkan, banyak orang yang memilih beras merah saat ingin menurunkan berat badan.
Alasannya, karena beras merah mempunyai kandungan serat lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Hal ini juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tidak heran jika mengkonsumsi nasi beras merah, bermanfaat dalam mencegah risiko obesitas, sampai menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam jurnal Nutrients pada tahun 2017, telah mengatakan bahwa magnesium kemungkinan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Sementara itu, kekurangan dari magnesium bisa menyebabkan kamu mengalami osteoporosis sampai rendahnya kepadatan tulang saat memasuki usia lanjut.

Mengingat beras merah sangat kaya akan kandungan magnesiumnya, makanan ini tirit membantu mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada tulang. Bahkan, mengkonsumsi nasi beras merah juga akan meredakan berbagai macam gangguan sendi.

Nah, itu saja beberapa kandungan dan manfaat yang akan didapatkan dari mengkonsumsi beras merah. Bagi kamu yang tidak ingin kadar gula tinggi, maka bisa coba konsumsi beras merah ini!

Sumber Referensi

dr Sienny Agustin. 2022. 5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh [online] (https://www.alodokter.com/tak-hanya-untuk-diet-ini-ragam-manfaat-beras-merah-bagi-kesehatan di akses 17 Desember 2022)

Siti Nur Aeni. 2021. Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Beras Merah dan Cara Memasaknya [online] (https://katadata.co.id/redaksi/berita/6119fb5f18f42/kaya-nutrisi-inilah-manfaat-beras-merah-dan-cara-memasaknya di akses 17 Desember 2022)

Anjar Saputra. 2021. 7 Khasiat Dahsyat Beras Merah Saat Dikonsumsi Secara Rutin, Jangan Kaget [online] (https://health.grid.id/read/352878428/7-khasiat-dahsyat-beras-merah-saat-dikonsumsi-secara-rutin-jangan-kaget?page=all di akses 17 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya