Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Jangan Tunggu Lentur Baru Yoga! Yuk Latihan Sekarang di Chinmaya Yoga Studio Pekanbaru

04 October 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

mengagumi segala hal tentang India membuat Miss Dian jatuh cinta dengan yoga

Nekat Membuka Studio Yoga di Tengah Pandemi COVID-19

Jangan Tunggu Lentur Baru Mulai Yoga

India memang memikat, baik tradisi, budaya maupun filosofinya, sejak dulu sudah dikenal sebagai ladang pengetahuan yang luas. 

Wajar saja jika banyak kalangan tertarik dan mengaguminya. Begitupun dengan Miss Dian Ekowati Agustin, founder sekaligus instruktur di Chinmaya Yoga Studio Pekanbaru. 

Kepada tim Nirvana Indonesia Yoga, diungkapkan, rupanya karena mengagumi segala hal tentang India membuat Miss Dian jatuh cinta dengan yoga. Yoga memang termasuk salah satu warisan berharga dari tradisi India kuno yang kini begitu digemari. 

Satu hal yang menarik, rupanya sebelum beryoga, Miss Dian sudah aktif berlatih Aikido. Namun setelah kenal yoga, ia putuskan untuk fokus mendalami yoga saja. 

Sebab ia mengakui, sudah membuktikan sendiri manfaat yoga untuk kesehatan tubuhnya. Satu dari sekian alasan lain yang membuat Miss Dian akhirnya mantab membuka Chinmaya Yoga Studio. 

Ternyata Miss Dian pernah menderita kifosis dan lordosis secara bersamaan. Namun setelah berlatih yoga secara rutin, kini kifosis dan lordosisnya membaik dan pulih.

"Saya punya dua kelainan tulang belakang di tubuh yaitu lordosis dan kifosis. Awal-awal latihan, di tiga bulan pertama, terasa sangat sakit. Namun lambat laun, rasa sakit itu sudah tidak ada lagi. Semenjak itu, berlatih yoga jadi kebiasaan yang wajib dilakukan setiap hari,” ceritanya.

Miss Dian menambahkan, berlatih yoga juga membuat dirinya menjadi pribadi yang haus ilmu dan ingin terus belajar. “Pasalnya selalu ada ilmu baru yang menarik untuk dipelajari dari yoga ini. Sehingga semangat terus terpacu untuk belajar dan belajar lagi,” tambahnya.

Nekat Membuka Studio Yoga di Tengah Pandemi COVID-19

Chinmaya Yoga Studio didirikan tahun 2021 bulan September tanggal 19. Terhitung dua tahun lebih, Chinmaya Yoga Studio hadir di Pekanbaru.  

Masih di kesempatan yang sama, Miss Dian menuturkan, rupanya, membuka studio yoga sendiri merupakan cita-citanya sejak lama. 

Ia memilih nama Chinmaya, yang diambil dari Bahasa Sansekerta sembari berharap bisa membagikan ilmu yoga yang dimilikinya. 

Sehingga para member atau siapa saja yang berlatih di Chinmaya Yoga Studio benar-benar merasakan dampak positif dari berlatih yoga.

Miss Dian sendiri sudah menggeluti yoga selama kurang lebih 11 tahun. Semangatnya belajar yoga tak main-main. Ini bisa dibuktikan dengan beragam sertifikasi yang sudah ia peroleh. 

Berikut beberapa diantaranya.

  • 150 jam - Pranayama Pekanbaru
  • 200 jam - Jakarta Gudang Gudang Yoga Studio Bersama Noah Maze dan Rocky Heron
  • 200 jam - Jakarta Asthanga Vinyasa Yogakarta @noelyogakarta
  • 150 jam - Markandeya di Bali bersama Guru Made Sumantra
  • 100 jam - Yin Yoga Jakarta bersama Nyomsn Wahyuni
  • 200 jam - India - Goa Arambol Beach @balu.sadhanayoga Balu Asthanga Yoga
  • 1 Bulan di Mysore India Bangalore Bersama Saraswati Jois Asthanga

.

Saat pandemi COVID-19 kemarin merebak, tak sedikitpun menyurutkan semangat Miss Dian. Ia justru memiliki kenangan tersendiri atas situasi ini. 

Pandemi COVID-19 bukan menjadi halangan bagi Miss Dian untuk terus mendalami yoga. Itu juga alasan yang mendasarinya mendirikan Chinmaya Yoga Studio. 

Yakni agar ilmu yoga yang telah dipelajari sebelumnya tidak luntur, stop mendadak karena alasan ruang gerak terbatas. 

Ia tetap semangat mengikuti latihan yoga meski secara online atau dengan protocol kesehatan. Sehingga tetap akan terus bertambah manfaatnya, tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.

"Jadi tetap practice setiap hari agar badan tetap terjaga kesehatannya, kelenturannya. Waktu dulu (sebelum aktif beryoga), saya menggerakkan badan itu sakit, tapi lama-lama stretching udah lebih enjoy, sudah bisa menikmati, nafas lebih nyaman, bisa mengontrol nafas, murid-murid pun juga begitu," ungkap Miss Dian.

Jika kamu berdomisili di Pekanbaru dan ingin berlatih yoga, coba deh berkunjung ke Chinmaya Yoga Studio. Lokasinya cukup mudah ditemukan.

Tepatnya berada di Jalan Muhammad Ali, berdekatan dengan Hotel Winstar Padang Terubuk, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Kamu bisa belajar berbagai jenis yoga mulai dari hatha hingga vinyasa dengan beragam level, baik pemula, menengah hingga mahir. 

Untuk jadwal latihan, kamu bisa datang di pagi maupun sore hari dari Senin hingga Jumat. 

  • Senin (10.00 WIB dan 17.45 WIB)
  • Selasa (08.15 WIB)
  • Rabu (17.45 WIB)
  • Kamis (08.15 WIB)
  • Jumat (14.30 WIB dan 17.45 WIB)
  • Sabtu (08.15 WIB dan Minggu pada pukul 15.00 WIB)

.

Miss Dian memberikan harga member senilai Rp500.000 untuk 10 kali pertemuan selama dua bulan. Sementara untuk walk in, kamu cukup merogoh kocek seharga Rp65.000 saja per pertemuan.

Untuk melakukan reservasi atau informasi lebih lanjut mengenai kelas dan pendaftaran, bisa langsung datang ke Chinmaya Yoga Studio.

Atau bisa langsung menghubungi Miss Dian melalui akun instagram pribadinya di @dianaugustin. 

Jangan Tunggu Lentur Baru Mulai Yoga

Selain berbincang mengenai studio Chinmaya, Miss Dian juga membagikan pandangannya mengenai animo masyarakat terhadap yoga. 

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah cukup banyak yang tertarik dengan yoga, termasuk masyarakat di Pekanbaru.

“Animonya cukup bagus sih, sudah cukup banyak di setiap tempat ngegym, ada kelas yoga. Di Pekanbaru bisa dibilang di angka 8 deh dari 10.

Ia menyampaikan, bagi masyarakat yang masih ragu-ragu untuk mulai berlatih yoga, yuk segera dimulai. 

“Jangan percaya mitos-mitos yang banyak beredar, badan harus lentur baru bisa ikut yoga. Salah besar justru dengan mengikuti yogalah akan membuat tubuh yang kaku jadi setingkat lebih lentur,” jelasnya.

Menurutnya yoga bisa dilakukan siapa saja, pria atau wanita. “Ada usia 15 tahun yang mengikuti kelas yoga di studio saat ini dan yang paling tua usia 65 tahun. Jadi harusnya usia bukan penghalang,” jelasnya.

Hal lain yang juga ditekankan Miss Dian ketika ia mengajar, yakni cara berlatih yang benar. Sebaiknya jika masih pemula, boleh dijadikan motivasi, tapi jangan memaksa ingin mencoba pose yang rumit diawal. 

“Nggak perlu yang berat-berat, yang simpel aja dulu, secara alignment tubuh harus benar dulu. Nanti jika sudah benar, pose yang rumit itu akan bisa dipraktikkan dengan sendirinya,” pesannya.

Baginya, saat bisa melakukan sebuah pose yoga yang rumit, hal ini merupakan bonus. Namun saat bisa keduanya, melakukan pose rumit dengan alignment tubuh yang tepat, itu luar biasa.

“Ada kepuasaan tersendiri saat saya bisa membagikan ilmu saya ke member. Dan member menyerap ilmu itu dengan baik. Gimana gak bahagia, member bisa pose dengan alignment yang pas, pencapaian member nambah karena saya. Bahagia banget deh pastinya,” tutur Miss Dian. 

Jadi, tunggu apalagi? 

Yuk segera ikuti latihan yoga di Chinmaya, dan rasakan sendiri manfaatnya!

article

Artikel Terkait Lainnya