Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Istilah-Istilah dalam Yoga yang Penting Diketahui Pemula (Part 3)

29 December 2023

oleh Imada Rahmadia Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Hip Opening

Heart Opening

Yama-Niyama

Surya Namaskara

Savasana

Sumber Referensi

Yoga telah menjadi salah satu latihan kebugaran yang paling populer dan digemari di seluruh dunia. Banyak orang tertarik untuk mencoba yoga sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. 

Jika kamu termasuk pemula dalam yoga, mungkin akan terasa sulit memahami beberapa istilah-istilah yang sering digunakan. 

Untuk membantu kamu, lewat artikel ini dan dua artikel terkait sebelumnya (part 1 dan 2), akan dijelaskan istilah-istilah dalam yoga yang perlu kamu ketahui sebagai pemula.

Diharapkan penjelasan ini dapat membantu kamu merasa nyaman, makin siap dan konsisten berlatih yoga. 

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

Hip Opening

Hip opening dalam latihan yoga merujuk pada serangkaian gerakan dan posisi yang dirancang untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan di area panggul dan pinggul. Otot di kedua area ini seringkali kaku terutama jika sering dihabiskan untuk melakukan aktivitas duduk dalam waktu lama. Rutin melakukan latihan yoga hip opening akan membantu merenggangkan dan melembutkan otot-otot di sekitar panggul, paha, dan selangkangan. 

Bagus untuk peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak pada tubuh bagian bawah. Selain itu, dengan membuka panggul, postur tubuh makin meningkat karena tulang belakang menjadi lebih sejajar. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung bawah dan meningkatkan dukungan postur tubuh secara keseluruhan. Beberapa gerakan hip opening dalam yoga seperti Pigeon Pose (Eka Pada Rajakapotasana), Butterfly Pose (Baddha Konasana), Splits Pose (Hanumanasana) dan lainnya.

Heart Opening

Istilah "Heart Opening" dalam konteks latihan yoga merujuk pada serangkaian gerakan atau posisi yang dirancang untuk membuka, meregangkan dan menguatkan area dada. Sekaligus memperluas dan memperdalam pernapasan. Umumnya gerakan heart opening akan melibatkan peregangan spine ke belakang, membuka dada dan penekanan pada ekstensi daerah dada. 

Melalui latihan heart opening, diharapkan tubuh khususnya area upper body akan lebih fleksibel, pernapasan akan lebih dalam, dan seseorang mungkin merasa lebih terbuka secara emosional (membantu melepaskan ketegangan emosional yang mungkin terakumulasi di daerah dada). Beberapa gerakan Heart Opening seperti Urdhva Mukha Svanasana (Upward-Facing Dog), Bhujangasana (Cobra Pose), Camel Pose (Ustrasana) dan lainnya. 

Yama-Niyama

Yama dan Niyama merupakan prinsip etika pribadi dan moral sosial dalam yoga. Yama merujuk pada lima prinsip etika atau moral yang mengarahkan perilaku individu dalam berinteraksi dan membentuk hubungan yang seimbang dengan lingkungan sekitarnya. Adapun lima prinsip Yama yaitu Ahimsa (Non-kekerasan), Satya (Ketulusan), Asteya (Tidak Mencuri), Brahmacharya (Kontrol Energi) dan Aparigraha (Tidak Merasa Kepunyaan). 

Sedangkan Niyama merujuk pada lima prinsip etika atau moral yang membentuk dasar perilaku individu dalam pengembangan diri. Adapun lima prinsip Niyama yaitu Saucha (Kebersihan), Santosha (Kepuasan), Tapas (Disiplin), Svadhyaya (Studi Diri Sendiri) dan Ishvara Pranidhana (Penyerahan kepada Tuhan).

Surya Namaskara

Surya Namaskara atau dikenal juga sebagai "Sun Salutation" (Salam kepada Matahari) merupakan gerakan atau pose dalam yoga yang membentuk rangkaian dinamis dan dirancang untuk menghangatkan dan mengaktifkan seluruh tubuh. Rangkaian dinamis ini terdiri dari urutan gerakan yang dijalankan secara berurutan dengan sinkronisasi pernapasan yang teratur dan dalam. Pelaksanaan gerakan yoga surya namaskara bisa bervariasi antara instrktur yoga yang satu dengan lainnya. 

Namun, inti dari surya namaskara biasanya melibatkan gerakan seperti berdiri tegak (Tadasana), melangkah ke belakang dalam posisi plank, melibatkan pose down-dog, dan dilanjutkan dengan pose peregangan dan pembukaan dada (Heart Opening). Diharapkan rangkaian dinamis dari surya namaskara ini dapat membantu mengaktifkan tubuh secara menyeluruh, mempersiapkan otot dan sendi untuk latihan yoga yang lebih intensif yang akan Kamu ikuti.

Savasana

Meskipun tampak seperti posisi yang paling mudah di antara seluruh gerakan yoga, savasana memiliki peran yang krusial dalam praktek yoga. Savasana berasal dari dua kata Sanskerta, yaitu "Shava" yang berarti mayat atau tubuh yang tak bernyawa dan "Asana" yang berarti posisi atau pose. Jadi secara harfiah, savasana dapat diartikan sebagai "Pose Mayat" atau "Corpse Pose." 

Savasana yang dilakukan dengan benar akan memberikan kesempatan bagi tubuh melakukan “penyegaran” fisik maupun mental. Atau dengan kata lain mendukung pemulihan setelah latihan dan memberikan ruang untuk peningkatan kesadaran tubuh. Itulah mengapa savasana sering dianggap sebagai bagian yang krusial dan tak terpisahkan dari latihan yoga yang menyeluruh.

Diharapkan dengan memahami istilah-istilah dasar diatas dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri saat berlatih yoga. Sekaligus membantu kamu jadi lebih mudah berkomunikasi dengan instruktur, rekan atau sesama yogi dimana saja.

Selain itu yang perlu diperhatikan saat akan memulai latihan yoga adalah menyiapkan matras atau yoga mat. Pemula disarankan memilih mat yoga dengan line assistant pada permukaannya, agar tiap asana yang dipraktikkan makin maksimal. 

Nirvana Yoga Mat – Bliss cocok dijadikan pilihan utama. Selain tersedia dalam 11 warna ciamik, bahannya pun sudah antibakteri, eco-friendly dan non toxic. Borong sekarang juga dan dapatkan kemudahan pembelian tanpa ongkir yang memberatkan di Nirvana Store

Menariknya kamu juga dapat menambahkan grafir nama pada Nirvana Yoga Mat – Bliss pilihanmu sehingga semakin menambah kesan lebih personal.

Semangat berlatih yoga. 

Namaste!

Sumber Referensi

Kirsty Tomlinson. 2021. Yoga lingo for beginners [online] (https://www.ekhartyoga.com/articles/practice/yoga-lingo-for-beginners/ diakses 29 Desember 2023) 

Ben Perks. 2023. Mastering yoga terms: All the vocabulary you need for this popular hobby [online] (https://preply.com/en/blog/yoga-vocabulary/ diakses 29 Desember 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya