Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Istilah-Istilah dalam Yoga yang Penting Diketahui Pemula (Part 2)

13 November 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Drishti

Om (Aum)

Mudra

Backbending

Sumber Referensi

Yoga telah menjadi salah satu latihan kebugaran yang paling populer dan digemari di seluruh dunia. Banyak orang tertarik untuk mencoba yoga sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. 

Jika kamu termasuk pemula dalam yoga, mungkin akan terasa sulit memahami beberapa istilah-istilah yang sering digunakan. 

Untuk membantu kamu, lewat artikel ini, kita akan menjelaskan istilah-istilah dalam yoga yang perlu kamu ketahui sebagai pemula.

Diharapkan penjelasan ini dapat membantu kamu merasa nyaman dan makin siap dan konsisten berlatih yoga. 

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

Drishti

Drishti adalah istilah dalam latihan yoga yang berasal dari bahasa Sanskerta dan memiliki arti "pandangan" atau "fokus penglihatan." Dalam konteks yoga, drishti merujuk pada arah atau titik fokus mata yang digunakan selama latihan postur (asana) atau meditasi. 

Penggunaan drishti bertujuan untuk membantu meningkatkan konsentrasi, keseimbangan, dan stabilitas selama latihan yoga. Umumnya Drishti seringkali digunakan saat melakukan pose-pose yoga yang membutuhkan keseimbangan tubuh. 

Om (Aum)

Om biasanya berfungsi sebagai penanda awal atau akhir dari sebuah kelas yoga. Biasanya, kamu akan duduk bersila, tangan dalam posisi Jnana Mudra, lalu instruktur akan mengajak kamu melantunkan tiga kali 'Om'. Kamu tidak harus melakukannya jika kamu tidak merasa nyaman. Selain itu, tidak semua kelas yoga mempraktikkan hal ini. 

Untuk diketahui, Om adalah suara yang memiliki makna mendalam dalam praktik yoga. Om dianggap sebagai suara dasar alam semesta, mencakup segala sesuatu yang ada dan melibatkan aspek spiritual, mental, dan fisik dari keberadaan seseorang. Om sering dieja sebagai AUM, yang merupakan gabungan dari tiga huruf dalam aksara Sanskerta: A, U, dan M. Masing-masing huruf melambangkan keadaan sadar (jagrat), mimpi (swapna), dan keadaan tidur (sushupti). 

Saat berlatih yoga, penggunaan Om dapat membantu menciptakan pengalaman yoga yang lebih tenang dan mendalam. Termasuk mendengarkan "Om" selama latihan diyakini dapat membantu merawat keseimbangan dan kedamaian dalam pikiran.

Mudra

Mudra adalah pose atau gestur-gestur tangan yang digunakan untuk mengalirkan energi, perasaan dan pikiran. Setiap mudra memiliki tujuan dan manfaat tertentu. Tetapi jangan salah, Mudra bukanlah gestur tangan biasa yang dapat dilakukan dengan asal, karena setiap jari di kedua tangan dipercaya terhubung dengan elemen alam dalam tubuh manusia. 

Termasuk terhubung dengan kekuatan dari dalam diri manusia yang tentu saja berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Melakukan Mudra dalam gerakan yoga berfungsi untuk meningkatkan vitalitas dan memunculkan perasaan satisfying dan bahagia. 

Gestur Mudra terdiri dari banyak jenis, tetapi yang umum digunakan dalam yoga ada dua, yakni Anjali Mudra (menempelkan telapak tangan di depan dada) dan Jnana Mudra (ibu jari dan telunjuk membentuk huruf ‘o’, sementara tiga jari lainnya lurus).

Backbending

Sederhananya, backbending merupakan gerakan yoga melengkungkan otot punggung ke bawah dengan menggunakan tangan sebagai penyangga. Melakukan gerakan ini membutuhkan tingkat fleksibilitas tubuh yang tinggi. Sehingga backbending merupakan salah satu pose yoga yang cukup menantang. 

Meski begitu, latihan backbending bagus untuk membuka dan memperkuat tubuh bagian atas yang sering kali tegang, seperti punggung atas, bahu, dada hingga tulang belakang. Penting untuk diingat bahwa latihan backbending harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan-lahan. 

Terutama bagi pemula yang baru mengenal yoga atau seseorang yang memiliki masalah punggung. Konsultasi dengan instruktur yoga berpengalaman atau profesional kesehatan sebelum memulai latihan yang lebih intens sangat disarankan.

Diharapkan dengan memahami istilah-istilah dasar diatas dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri saat berlatih yoga.

Selain itu, dengan memahami istilah-istilah tersebut, juga akan membantu kamu jadi lebih mudah berkomunikasi dengan instruktur, rekan atau sesama yogi dimana saja.

Yuk semangat berlatih yoga. 

Namaste!

Sumber Referensi

Stepfanie Romine. 2023. 39 Yoga Terms You Keep Hearing in Class [online] (https://www.beachbodyondemand.com/blog/yoga-terms-glossary diakses 13 November 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya