Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Melawan Sugar Craving Agar Hidup Lebih Sehat

30 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa itu Sugar Craving?

Cara Mudah Mengatasi Sugar Craving

1. Kelola Stress Dengan Tepat

2. Jalani Pola Makan Sehat

3. Lebih Banyak Bergerak

4. Hindarilah Pemanis Buatan dan Gula Tambahan

5. Tidur Cukup

Sumber Referensi

Sugar craving atau sering disebut kecanduan makanan manis biasanya akan melibatkan faktor fisik dan psikologis. Meski makanan manis dapat membantu menciptakan mood yang positif, namun jika asupannya berlebihan maka bisa berpotensi menjadikanmu rentan terhadap berbagai macam masalah kesehatan.

Apa itu Sugar Craving?

Sugar craving merupakan salah satu bentuk dari adiksi atau kecanduan yang terjadi terhadap otak akibat konsumsi gula berlebihan. Banyak sekali orang yang tidak sadar sudah ketagihan makanan manis karena hal tersebut telah menyatu dengan pola makan sehari-hari.

Kebiasaan makan makanan manis yang tinggi kalori bisa menjadi masalah besar jika melakukannya secara berlebihan. Ketika kecanduan makanan manis, maka kamu cenderung makan dalam jumlah banyak atau porsi besar. Setiap orang yang saat ini sudah mengalami sugar craving pasti pemicunya berbeda-beda.

Konsumsi makanan manis yang mengandung gula atau pemanis buatan akan membuat kadar gula darah meningkat lebih tinggi. Setelah kamu berhenti mengonsumsi makanan atau minuman manis, maka kadar gula (glukosa) juga menurun secara drastis.

Kondisi inilah yang memicu rasa lapar atau keinginan untuk makan makanan manis lagi demi bisa mengembalikan kadar gula darah seperti setelah makan. Apabila kamu ingin sekali menangani rasa lapar palsu tersebut dengan makan makanan manis, maka hal tersebut malah akan mengulang siklus sugar craving.

Cara Mudah Mengatasi Sugar Craving

Untuk menghindari makanan manis memang sebenarnya tidak mudah. Namun, kamu bisa langsung memulainya dengan cara berikut.

1. Kelola Stress Dengan Tepat

Beberapa hal sebenarnya bisa menurunkan mood atau pemicu stres yang menimbulkan keinginan untuk makan makanan manis. Tanpa disadari, mungkin stres juga akan membuatmu sulit berhenti mengkonsumsi camilan yang tinggi gula. Jika kamu saat ini mengalami masalah yang sama, maka cobalah hindari sumber stres sejenak serta melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran. Selain mengurangi stres, cara ini sebenarnya juga dapat meredakan sugar craving.

2. Jalani Pola Makan Sehat

Kebiasaan ngemil makan makanan olahan tinggi gula dan kalori justru tidak akan membuat kamu kenyang. Agar kamu kenyang lebih lama, maka bisa memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, dada ayam, serta produk susu. Rasa lapar yang palsu juga bisa muncul ketika gula darah menurun. Kamu bisa langsung mencegah penurunan gula darah yang berlebih dengan mengkonsumsi cemilan sehat kaya serat, seperti buah, gandum utuh, serta sayuran setiap 2 – 4 jam setelah waktu makan.

3. Lebih Banyak Bergerak

Mengonsumsi makanan yang tinggi gula juga akan memicu produksi endorfin secara instan di dalam otak. Dimana kadar dari endorfin dalam tubuh akan semakin menurun, dan terjadilah sugar craving. Akan tetapi, kamu sebenarnya bisa menyiasati ini dengan berolahraga. Aktivitas fisik, bahkan yang ringan seperti berjalan kaki, juga akan langsung memicu pelepasan endorfin. Hal inilah alasan mengapa kamu merasa bahagia setelah berolahraga. Selain itu, olahraga juga turut membantu dalam mengalihkan pikiran dari keinginan makan makanan manis.

4. Hindarilah Pemanis Buatan dan Gula Tambahan

Sugar craving sebenarnya tidak hanya terkait konsumsi makanan manis, namun juga makanan yang mengandung pemanis buatan serta gula tambahan. Bahkan hal yang lebih buruk lagi, ada banyak sekali produk makanan dan minuman yang mengandung gula tersembunyi. Jadi, kamu harus bisa cermati label kemasan produk makanan serta minuman yang ingin dikonsumsi. Sebisa mungkin, kamu memilih produk dengan kandungan pemanis tambahan yang paling sedikit.

5. Tidur Cukup

Tidur yang berkualitas juga menjadi salah satu kunci penting untuk sugar craving. Tidak hanya membantu menahan konsumsi makanan tertentu, namun juga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari. Bahkan, studi telah menyebutkan bahwa kurang tidur bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon ghrelin, yang bisa merangsang nafsu makan. Jadi tidurlah dengan cukup agar sugar carving kamu bisa lebih sukses.

Sugar craving ini lebih dikenal sebagai fenomena yang wajar. Namun, dalam hal ini bisa menjadi masalah bila kamu mengonsumsi gula secara berlebihan.

Selain faktor alami tubuh akibat adanya peningkatan insulin, ternyata sugar craving juga dapat terjadi akibat kamu merasa bosan. Untuk bisa mengatasi sugar craving akibat hal ini, maka sebaiknya kamu coba mencari aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, berolahraga, berjalan-jalan, dan lain sebagainya.

Selain kamu bisa menghindari diri dari resiko kelebihan gula, lalu melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Sumber Referensi


Diah Ayu Lestari. 2021. Kiat Melawan Sugar Craving untuk Hidup yang Lebih Sehat [Online](https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/sugar-craving/ di akses 9 Maret 2023)

Ria Apriani Kusumastuti. 2022. 7 Cara Menghindari Keinginan Makan Manis atau Sugar Craving [Online] (https://health.kompas.com/read/2022/10/24/120000168/7-cara-menghindari-keinginan-makan-manis-atau-sugar-craving?page=all di akses 9 Maret 2023)

Rieke Saras. 2018. 6 Cara Mengatasi Sugar Craving Saat Diet [Online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/6-cara-mengatasi-sugar-craving-saat-diet di akses 9 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya