Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Tips Menerapkan Pola Makan Sehat Untuk Kamu Si Super Sibuk

10 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Pentingnya Pola Makan yang Sehat

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

1. Tidak Melewatkan Sarapan

2. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

3. Sebaiknya Banyak Minum Air Putih

4. Memperbanyak Makanan Alami, Batasi Makanan Kemasan

5. Makan Makanan Sehat Tinggi Serat

Sumber Referensi

Aktivitas dan mobilitas yang tinggi seringkali membuat masyarakat yang ada di kota besar kurang peduli dengan pola makan sehat. Meskipun mungkin saat ini kamu tampak baik-baik saja, bukan berarti akan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan.

Gaya hidup masyarakat modern saat ini lebih cenderung acuh, hal inilah yang menjadi awal munculnya berbagai masalah penyakit. Sebenarnya, dapat dikatakan bahwa makanan sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Pentingnya Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat tentunya akan memberikan tubuh energi lebih banyak untuk beraktivitas. Sebaliknya, pola makan yang tidak tepat malah akan menyebabkan masalah pencernaan, berat badan menjadi naik-turun, serta meningkatkan risiko penyakit.

Lantas, bagaimana pola makan yang sehat khususnya bagi orang yang super sibuk?

Mungkin prinsip “4 Sehat 5 Sempurna” ini menjadi salah satu slogan yang terus terngiang dalam benakmu. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, slogan ini tidak sesuai lagi dengan kehidupan zaman sekarang.

Bahkan, Kementerian Kesehatan RI saat ini telah mengeluarkan penggantinya, yaitu Pedoman Gizi Seimbang (PGS). PGS telah menerapkan prinsip konsumsi makanan yang beraneka ragam dengan diiringi aktivitas fisik, pemantauan berat badan secara teratur, dan perilaku hidup bersih.

Pedoman inilah yang nantinya akan mengatur pola makan sehat dengan Tumpeng Gizi Seimbang agar bisa memperbaiki prinsip dari “4 sehat 5 sempurna”. Bagian dasar dari tumpeng yang paling lebar ini berisikan bahan makanan pokok yang harus dikonsumsi dalam jumlah paling besar.

Jika dilihat dari tingkat selanjutnya, maka sudah ada buah dan sayuran. Kemudian, terdapat susu, lauk-pauk hewani, dan sumber protein dan lemak lainnya. Pada puncak tumpeng yang berukuran paling kecil, ada gula, minyak, serta garam yang asupannya harus dibatasi.

Kamu juga harus bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Lalu lengkapi dengan aktivitas fisik serta selalu pantau berat badan secara teratur untuk bisa menjaga berat badan ideal.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Kamu sebenarnya sudah memiliki pola makan yang menyehatkan jika menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan atau kondisi tertentu bisa mempengaruhi perjalananmu dalam menerapkan prinsip tersebut.

Di bawah ini sudah ada berbagai tips untuk bisa membantu mempertahankan pola makan yang baik bagi kamu yang memiliki sedikit waktu untuk makan makanan sehat.

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang paling penting, sebab dari sinilah kamu akan memperoleh energi untuk bisa beraktivitas selama seharian. Sarapan yang sehat juga harus bisa melindungimu dari risiko berbagai macam penyakit, khususnya diabetes tipe 2.

Berikut ini beberapa jenis makanan untuk sarapan yang bisa melengkapi pola makan sehat.

● Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, serta serial.
● Makanan yang tinggi akan serat seperti sayuran, sereal gandum, buah, serta chia seed.
● Sumber protein seperti biji-bijian, susu, telur, kacang-kacangan, serta yogurt.
● Sumber lemak yang sangat menyehatkan, misalnya alpukat, biji-bijian, serta kelapa.

2. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi memang bisa membuat kamu lebih segar di pagi hari, namun jangan meminumnya secara berlebihan. Salah satu dampak minum kopi secara berlebihan yaitu dehidrasi. Sebab kopi ini bisa mempercepat keluarnya air dari tubuh melalui urine. Apabila kamu perlu kopi sebelum beraktivitas, maka cukup konsumsi 1 – 2 cangkir setiap hari. Pilihlah kopi yang hitam dengan sedikit gula atau tanpa gula sama sekali. Hindarilah pemakaian creamer atau topping tambahan yang bisa menambah jumlah kalori.

3. Sebaiknya Banyak Minum Air Putih

Pola makan yang sehat tentunya tidak akan lengkap jika tanpa air putih. Kebutuhan air setiap orang bisa saja berbeda-beda sesuai dengan berat badannya. Akan tetapi, sebagai panduan, minumlah paling sedikit delapan gelas air setiap hari untuk bisa memenuhi kebutuhan. Asupan air yang cukup tentunya akan menjaga kelancaran fungsi tubuh dan melindungi diri dari dehidrasi. Ketika dehidrasi, ternyata tubuh bisa saja cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Hal inilah yang dapat membuat seseorang sering makan banyak tanpa menyadarinya.

4. Memperbanyak Makanan Alami, Batasi Makanan Kemasan

Hal terbaik yang dapat kamu berikan kepada tubuh yaitu makanan segar dan alami. Jadi sebisa mungkin, makanlah buah-buahan, lauk-pauk, sayuran, dan lainnya. Agar pola makan kamu tetap sehat, maka bisa batasi konsumsi makanan kemasan atau yang sudah diawetkan. Biasanya, makanan tinggi gula akan mengandung bahan tambahan pangan seperti pengawet serta pewarna buatan.

5. Makan Makanan Sehat Tinggi Serat

Berikutnya, buatlah pola makan menjadi lebih sehat hanya dengan cara menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian. Contohnya saja mengganti roti tawar putih dengan roti gandum atau nasi putih diganti menjadi nasi merah.

Makanan tinggi serat ini bisa saja memperlancar pencernaan, menurunkan risiko penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes dan menjaga jumlah bakteri baik di usus.

Selain itu, serat juga membantu menjaga berat badan karena membuat kenyang lebih lama. Ingatlah selalu batasi makanan tinggi gula, kalori, serta lemak trans yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Sumber Referensi


dr Rizal Fadli. 2020. 5 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk [Online] (https://www.halodoc.com/artikel/5-tips-makan-sehat-untuk-orang-yang-super-sibuk di akses 6 Maret 2023)

Sayur Box. 2023. Ini 10 Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk [Online] (https://www.sayurbox.com/blog/10-tips-pola-makan-sehat di akses 6 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya