Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Inilah 5 Posisi Duduk yang Benar di Kantor agar Tidak Terlalu Capek

10 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Atur Posisi Tubuh

2. Sesuaikan Posisi Kursi

3. Usahakan Kaki Rata dengan Lantai (Menapak).

4. Jaga Jarak Layar dan Pandanganmu

5. Posisikan Keyboard dan Mouse Dengan Benar

Sumber Referensi

Duduk yang terlalu lama di depan komputer dari pagi sampai sore dapat membuat otot kaku serta membahayakan kesehatan tubuh. Untuk bisa menangkal berbagai potensi masalah ini, maka perlu tahu seperti apa posisi duduk yang benar selama bekerja.

Pada dasarnya, duduk miring ke samping atau terlalu membungkuk tidak hanya bisa membuatmu jadi cepat lelah. Kebiasaan ini juga dapat menimbulkan nyeri sendi atau kram otot, apalagi bila dilakukan dalam waktu lama.

Tidak hanya nyeri punggung yang terjadi namun kamu berisiko mengalami masalah otot lainnya, seperti sakit leher. Kondisi ini tentu saja akan membuatmu tidak bisa bekerja dengan nyaman karena tubuh menjadi lebih cepat lelah.

Untuk bisa menghindari hal tersebut, berikut ini cara duduk yang benar yang perlu kamu biasakan dari sekarang.

1. Atur Posisi Tubuh

Menemukan posisi duduk yang benar mengharuskanmu untuk bisa mengikuti beberapa langkah yang sederhana.

Ulangilah langkah ini agar tubuhmu bisa beradaptasi dengan posisi duduk yang baik.

● Pertama, mulai dengan duduk tepat di ujung kursi.
● Lalu gerakkan bahu dan leher ke depan sampai posisi membungkuk.
● Setelah itu, tarik kepala dan bahu perlahan ke posisi duduk tegak.
● Kemudian, dorong punggung bawah ke depan sampai tulang belakang terasa melengkung. Hal akan terasa seperti dipaksakan dan tidak nyaman, namun coba tahan posisi ini selama beberapa detik.
● Setelah itu, kamu bisa melepaskan posisi duduk ini secara perlahan dan tahan punggung Anda. Saat ini, kamu sudah bisa duduk dengan postur tubuh yang baik.

Apabila kursi kantormu tidak memiliki penopang untuk tulang punggung bawah, maka dapat menyelipkan bantal kecil di antara kursi dan punggung bawah. Alat pendukung ini tentunya dapat membantu mempertahankan postur tubuh yang baik.

2. Sesuaikan Posisi Kursi

Posisi duduk yang benar selanjutnya yaitu penyesuaian tinggi kursi duduk.

Caranya seperti berikut.

● Gerakkanlah kursi ke atas atau ke bawah hingga kaki sejajar dengan lantai dan lutut. Pastikanlah lengan kamu sudah sejajar dengan lantai juga.
● Kaki kamu harus bisa mencapai lantai. Apabila tidak, maka gunakan kursi atau sandaran khusus untuk bisa menopang kaki agar kaki tidak menggantung.
● Letakkanlah siku kamu di samping dan rentangkan kedua tangan sehingga berbentuk L. Lengan yang yang diletakkan terlalu jauh dari tubuh akan menambah tekanan pada otot lengan dan bahu.

3. Usahakan Kaki Rata dengan Lantai (Menapak).

Cara ini cukup mudah pastikan juga berat badan kamu tersebar secara merata di seluruh pinggul. Tekuklah lutut pada sudut yang paling tepat.

Usahakan kaki harus rata dengan lantai. Apabila kamu mengenakan sepatu dengan hak tinggi, maka lebih nyaman jika melepasnya. Apabila kakimu tidak bisa mencapai lantai, maka bisa menggunakan sandaran kaki. Hindarilah duduk dengan menyilangkan kaki, sebab hal bisa mengurangi aliran darah serta menyebabkan ketegangan otot.

4. Jaga Jarak Layar dan Pandanganmu

Agar bisa memaksimalkan posisi duduk yang benar, maka posisikan layar langsung di depanmu. Selanjutnya, kamu bisa rentangkan lebih dulu lengan dan sesuaikan jarak layar agar cukup jauh.

Selain itu, kamu bisa sesuaikan seberapa tinggi layar komputermu. Bagian atas layar komputer sebenarnya tidak boleh lebih dari 5 cm di atas arah pandangmu. Layar komputer yang tampak lebih rendah atau terlalu tinggi bisa saja membebani leher dan mata.

Kamu juga dapat menyesuaikan tinggi layar komputer dengan menggunakan buku sebagai tumpuan dari komputer. Jadi sesuaikan saja tebal buku dengan tinggi layar komputer yang pas untukmu.

5. Posisikan Keyboard dan Mouse Dengan Benar

Keyboard juga harus berada tepat di depan komputer kamu. Usahakan beri jarak 10–15 cm antara ujung keyboard dan meja sehingga pergelangan tangan mempunyai ruang untuk bisa beristirahat saat sedang mengetik.

Apabila posisi keyboard cukup tinggi maka harus bisa memiringkan pergelangan tangan untuk mengetik. Kemudian, kamu bisa mencari sandaran tangan yang lebih empuk.

Hal ini karena ketegangan saat mengetik bisa saja menyebabkan kelelahan dan nyeri pada otot. Bantalan pergelangan tangan juga akan membantu memposisikan tanganmu agar rata dengan keyboard.

Selain itu, juga bisa memposisikan mouse agar lebih sejajar dengan keyboard dan mudah dijangkau. Saat kamu menggunakan mouse, maka pergelangan tangan harus lurus.

Lengan atas harus diletakkan di sampingmu dan kedua tangan harus berada di bawah siku. Posisi ini turut membantu mencegah ketegangan terhadap pergelangan tangan.

Selain itu, kamu bisa mencoba untuk berjalan-jalan sebentar ke toilet atau isi air minum. Hal ini tentunya bisa melancarkan aliran darah setelah duduk terlalu lama. Apabila kamu bisa, maka ambillah waktu istirahat untuk dapat meregangkan tubuh setidaknya 1–2 menit setiap 30 menit.

Sumber Referensi


Aprinda Puji. 2022. Posisi Duduk yang Benar di Kantor agar Tidak Mudah Capek [Online] (https://hellosehat.com/muskuloskeletal/sendi-tendon-lainnya/posisi-duduk-postur-tubuh/ di akses 8 Maret 2023)

dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons. 2022. Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja [Online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/posisi-duduk-yang-benar-saat-bekerja di akses 8 Maret 2023)

Amelia Riskita Putri. 2022. Posisi Duduk yang Benar Agar Badan Tidak Mudah Pegal Ketika WFH [Online] (https://www.orami.co.id/magazine/posisi-duduk-yang-benar di akses 8 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya