Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Ini Dia! Tips Super Efektif Mengusir Rasa Ngantuk Selama Berpuasa

05 April 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Minum Air Putih yang Cukup

2. Hindari Makan Terlalu Banyak saat Sahur

Baca Juga : Top 5 Makanan Yang Bisa Bikin Kadar Kolesterol Menjulang

3. Buat Ruangan Senantiasa Bersih dan Terang

4. Berbincang

5. Aktif Bergerak

6. Olahraga Ringan

Baca Juga : 4 Gerakan Latihan Dumbbell Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

7. Pastikan Tidur Cukup dan Berkualitas

8. Tekun Beribadah

Sumber Referensi

Tidak bisa dipungkiri, rasa kantuk yang berlebihan seringkali menyerang saat di bulan Ramadhan. Hal ini tentunya akan membuat tubuh lesu dan bermalas-malasan.

Saat berpuasa, mengantuk merupakan salah satu hal yang umum terjadi karena perut dalam keadaan kosong. Apalagi jika tidak terbiasa bangun saat sahur, waktu tidur akan semakin tampak berkurang dan berantakan.

Hal ini bisa mengganggu produktivitas apalagi jika rasa kantuk menyerang saat Kamu tengah melakukan aktivitas penting. Agar mata tetap selalu terjaga dan badan menjadi lebih segar selama beraktivitas, berikut ini sudah ada tips menghilangkan kantuk saat puasa yang bisa Kamu coba, di antaranya:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu tips untuk menghilangkan kantuk saat puasa adalah dengan minum air putih yang cukup ketika sahur dan usai berbuka. Sebaiknya cukupi kebutuhan air putih. Umumnya, dalam sehari manusia harus memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas atau lebih banyak.

Saat berpuasa, tips yang umum dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini, dapat diterapkan dengan aturan minum 2 gelas ketika berbuka, 4 malam hari, serta 2 saat sahur.

2. Hindari Makan Terlalu Banyak saat Sahur

Tips yang satu ini sangatlah penting dilakukan, karena biasanya saat sahur seseorang memiliki keinginan makan jauh lebih banyak. Hal ini dengan alasan agar lebih kuat dalam menjalani aktivitas seharian penuh. Padahal, makan terlalu banyak saat sahur hanya akan menambah rasa kantuk ketika beraktivitas. Meski terlihat lezat untuk disantap, hindari pula terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi.

Baca Juga : Top 5 Makanan Yang Bisa Bikin Kadar Kolesterol Menjulang

Oleh karena itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan secukupnya saja sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Namun perlu diperhatikan, dengan melewatkan waktu sahur juga dapat membuat rasa kantuk berlebihan saat berpuasa. Hal ini tentunya bisa menurunkan kadar gula darah akibat perut yang tidak diisi.

3. Buat Ruangan Senantiasa Bersih dan Terang

Memang terkadang, jika berada di dalam suatu ruangan dengan pencahayaan yang remang-remang akan membuat rasa kantuk lebih cepat datang. Apalagi jika suasananya mendukung, seperti berada di ruangan ber-AC.

Beda halnya, apabila Kamu beraktivitas di ruangan yang terang. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berpuasa adalah membuat ruangan tetap terang dan selalu jaga kebersihannya.

4. Berbincang

Tips mengatasi kantuk yang efektif selanjutnya yaitu mencari teman untuk berbincang. Contohnya saja, ketika sedang bekerja di bulan puasa, tiba-tiba rasa kantuk muncul.

Maka Kamu dapat mengalihkan sebentar dari mengerjakan tugas dengan mengobrol bersama rekan sejenak. Namun ingat agar tak kebablasan dalam mengobrol agar pekerjaan tak terlantar dan malah di tegur atasan.

5. Aktif Bergerak

Berikutnya, tips menghilangkan kantuk saat puasa yaitu dengan aktif bergerak. Misalnya saja seperti melakukan hal bermanfaat di rumah dengan membersihkan rumah, sambil menunggu waktu berbuka agar otak tetap aktif sehingga menghilangkan rasa kantuk.

6. Olahraga Ringan

Berolahraga selain menyehatkan badan, tentunya juga bisa menjadi salah satu cara agar tidak kantuk saat puasa. Selain itu, olahraga secara teratur akan membantu tubuh menjadi lebih bugar dan pola tidur semakin membaik.

Baca Juga : 4 Gerakan Latihan Dumbbell Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Melakukan olahraga sebelum waktu berbuka bisa menjadi salah satu alternatif yang baik, dengan berjalan santai atau lari ringan di sekitar rumah.

7. Pastikan Tidur Cukup dan Berkualitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara membantu mengubah pola tidur jadi lebih baik. Adapun cara untuk menghilangkan kantuk ketika puasa selanjutnya yaitu dengan tidur cukup sekitar 6-8 jam.

Akan tetapi, apabila tidak memungkinkan, maka kamu bisa langsung mencoba tidur selama 5 hingga 6 jam sehari, dan menyempatkan tidur sebentar di siang hari.

8. Tekun Beribadah

Terakhir, tips selanjutnya dengan memperbanyak ibadah. Saat rasa kantuk ini menyerang, maka kamu bisa langsung beribadah agar membuat mata menjadi jauh lebih segar. Apalagi ketika jam 08.00 hingga 11.00 rasa kantuk akan lebih sering datang. Oleh sebab itu, kamu bisa memaksimalkan beribadah pada waktu tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan bagaimana cara menghilangkan kantuk saat puasa. Setelah ini, jangan sampai kamu masih beralasan untuk bermalas-malasan, ya!

Di lain sisi, pastikan kamu selalu penuhi asupan cairan dengan minum air putih yang cukup saat sahur maupun berbuka. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak mudah lemas akibat dehidrasi.

Sumber Referensi


Sehat Aqua. 2023. 10 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Puasa Anti Lesu Seharian [Online] (https://www.sehataqua.co.id/cara-menghilangkan-ngantuk-saat-puasa/ di akses 30 Maret 2023)

Rena Widyawinata. 2023. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa agar Tetap Segar Sepanjang Hari [Online] (https://www.sehatq.com/artikel/cara-cegah-mengantuk-saat-puasa di akses 30 Maret 2023)

Irene Anindyaputri. 2022. 7 Strategi Ampuh Melawan Rasa Ngantuk Saat Puasa [Online] (https://hellosehat.com/herbal-alternatif/alternatif/mengatasi-ngantuk-saat-puasa/ di akses 30 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya