Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Ini Akibatnya Jika Kamu Minum Soda Setiap Hari

25 January 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Minuman Bersoda Bisa Bikin Kecanduan

Dampak Negatif Mengonsumsi Soda Setiap Hari

Upaya Atasi Kecanduan Minuman Soda

Sumber Referensi

Memiliki rasa manis dan segar menjadikan minuman bersoda disukai banyak kalangan, bahkan tak sedikit yang mengonsumsinya setiap hari. Alhasil, hal ini bisa memicu seseorang jadi kecanduan minuman bersoda.

Apabila sudah kecanduan minuman soda, maka akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Apa saja dampak kecanduan minum soda bagi tubuh? 

Simak selengkapnya dalam ulasan berikut. Semoga bermanfaat!

Minuman Bersoda Bisa Bikin Kecanduan  

Seperti yang diketahui, minuman bersoda atau carbonated drink merupakan jenis minuman ringan dengan tambahan gas karbondioksida. Kandungan inilah yang membuat seseorang merasakan sensasi "letupan" di lidah saat meminumnya.

Dalam minuman bersoda terdapat sejumlah bahan, diantaranya kafein dan gula atau pemanis buatan. Bahan-bahan inilah yang dinilai bisa memicu efek kecanduan.

Kecanduan minum minuman soda sendiri termasuk ke dalam kategori kecanduan makanan. Bila sudah seperti ini, maka seseorang bisa minum secara berlebihan tanpa bisa berhenti atau mengurangi asupannya.

Sementara berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Cureus pada tahun 2018, menyebutkan bahwa minuman soda, khususnya yang mengandung kafein bisa menyebabkan otak melepaskan dopamin. 

Sehingga, peningkatan kadar hormon dopamin itu bisa menciptakan rasa senang dan memotivasi untuk mengulangi perilaku tertentu. Akibatnya, menimbulkan efek kecanduan.

Bahayanya, dampak kecanduan minuman soda itu disebut hampir sama seperti saat tubuh mengonsumsi heroin. Dalam hal ini, seseorang akan merasa ingin mengonsumsi minuman bersoda lagi dan lagi.

Adapun gejala dari kecanduan minuman soda diantaranya sakit kepala, lekas marah, dan suasana hati yang tidak stabil bila tidak bisa minum soda. 

Meski begitu, efek kecanduan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sementara respon hormon dopamin yang tidak begitu besar mungkin tidak akan memicu ketergantungan.

Dampak Negatif Mengonsumsi Soda Setiap Hari

Dalam minuman bersoda, banyak kandungan yang berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi setiap hari. Berikut dampak negatif  bila mengonsumsi minuman soda setiap hari:

1. Mengalami Obesitas

Bagi sebagian orang, masih banyak yang memercayai bahwa minuman soda dapat dikonsumsi sebagai minuman diet untuk mencegah kenaikan berat badan. Namun sayangnya, hal ini merupakan mitos belaka.

Bagaimana tidak, soda bebas gula yang dikonsumsi sebagai minuman diet justru mengandung gula 200-600 kali lipat lebih banyak. Sehingga hal ini tentu akan membuat lemak di perut menumpuk sebanyak tiga kali lipat.

2. Mengidap Penyakit Kronis

Selain bisa menyebabkan obesitas, minum minuman soda setiap hari juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Lebih menakutkannya lagi, seorang perempuan yang mengonsumsi lebih dari satu kaleng minuman bersoda akan memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular kronis, serta tekanan darah tinggi.

3. Mengalami Kerusakan Gigi

Mengingat dalam minuman soda memiliki kadar gula yang tinggi dan sirup fruktosa, maka bila dikonsumsi secara sering bisa menyebabkan gigi berlubang. Tak cuma itu, minuman soda juga bisa menyebabkan terkikisnya enamel gigi akibat sifat asamnya yang tinggi.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran gula dalam soda berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam. Asam tersebut kemudian menyerang gigi dan menyebabkan terkikisnya enamel gigi.

Tak berhenti disitu, soda biasa bebas gula juga mengandung asam tinggi, yang bisa mengikis gigi. Sehingga gigi akan mengalami serangan terus-menerus bila mengonsumsi minuman soda setiap hari.

4. Memengaruhi Penyerapan Vitamin D

Minuman bersoda ternyata memiliki kandungan asam folat yang bisa menguras kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Tak cuma itu, minuman soda juga bisa memengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh.

Sehingga bila minuman soda dikonsumsi setiap hari, akan menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi, serta osteoporosis. Kemudian minuman soda bisa bereaksi dengan menolak susu yang dikonsumsi. 

Maka dari itu, minuman soda sangat tidak baik bagi pertumbuhan anak-anak, terlebih bila dikonsumsi setiap hari.

5. Menyebabkan Kanker

Selain kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, minuman soda juga mengandung bahan kimia berbahaya benzena yang bisa berpotensi menyebabkan kanker. 

Benzena akan terbentuk saat asam benzoat bercampur dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga. Sehingga saat bahan-bahan berbahaya tersebut bercampur, akan menyebabkan reaksi kimia dan terbentuklah benzena, yakni bahan kimia penyebab kanker.

Upaya Atasi Kecanduan Minuman Soda

1. Rajin dan Rutin Minum Air Putih  

Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan atau kecanduan, tentunya tidak mudah untuk mengubahnya. Namun salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengurangi minuman soda adalah mencampurnya dengan air putih. 

Dengan melakukan cara tersebut, diyakini bisa membantu mengurangi keinginan minum soda secara perlahan. Disisi lain juga sekaligus mengurangi rasa manis dan konsentrasi gula dalam minuman soda.

Untuk melakukan cara ini, bisa dimulai dengan mencampurkan sedikit air putih. Kemudian semakin hari tambahkan terus jumlah air sehingga lama-lama terbiasa hanya minum air putih saja. 

Bila memang tidak suka dengan air putih yang tawar, bisa ditambahkan dengan irisan lemon atau daun mint dan dimasukkan ke dalam kulkas untuk dijadikan infused water.

2. Cari Pengganti Minuman Bersoda  

Bila merasa sangat susah lepas dari minuman bersoda, coba untuk mencari penggantinya secara bertahap dengan beralih ke air soda tawar, jus buah, dan susu. Selain itu juga bisa beralih ke teh tanpa pemanis.

3. Batasi dan Pantau Jumlah Kalori Harian  

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk mengatasi kecanduan minuman soda adalah dengan mengurangi jumlah konsumsi perhari. Selain itu juga bisa dengan memantau jumlah kalori dari minuman soda.

Pada umumnya, satu kaleng minuman soda mengandung 150 kalori dari gula. Namun bisa juga melihatnya dari informasi nilai gizi pada kemasan. Kemudian bisa mencatatnya menggunakan aplikasi penghitung kalori di ponsel pintar.

Sehingga bisa mengetahui kalori harian sudah lebih dari batas normal atau belum. Bila melebihi batas normal, artinya harus mengurangi minuman bersoda dan manis guna mencegah kecanduan serta menjaga kesehatan tubuh.

Sumber Referensi
dr. Rizal Fadli. 2019. Bahaya, Ini Akibatnya Jika Minum Soda Setiap Hari (https://www.halodoc.com/artikel/bahaya-ini-akibatnya-jika-minum-soda-setiap-hari diakses pada 30 September 2023)

Satria Aji Purwoko . 2021. Kecanduan Minuman Bersoda? Begini Cara Ampuh Mengatasinya (https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/kecanduan-minuman-bersoda/ diakses pada 30 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya