Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Hindari! 5 Kebiasaan Olahraga yang Membahayakan Kesehatan!

29 August 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Kurang Minum Air Mineral

2. Tidak Menerapkan Postur Tubuh yang Tepat

3. Tidak Makan dengan Benar

4. Kurang Tidur

5. Tidak Mengistirahatkan Kelompok Otot

Olahraga teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak manfaat dahsyat olahraga, mulai dari memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat serta meningkatkan kualitas tidur.

Namun, semua manfaat ini hanya bisa diperoleh bila olahraga kamu lakukan dengan benar. Sebaliknya, apabila kamu secara konstan melakukan kesalahan saat olahraga, hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

Informasi kali akan membahas apa saja kebiasaan saat olahraga yang membahayakan kesehatan, berikut penjelasannya.

1. Kurang Minum Air Mineral

Cairan bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah serta detak jantung. Selama berolahraga, kamu akan mengalami kehilangan air dan elektrolit dalam bentuk keringat.

Ini juga yang akan menyebabkan asam laktat menumpuk pada otot, sehingga dapat menyebabkan kram otot. Karena alasan inilah, jika tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh, olahraga yang seharusnya bermanfaat menjadi berbahaya.

Umumnya individu yang sehat membutuhkan enam sampai delapan gelas cairan per hari. Kebutuhan ini akan meningkat seiring dengan tingginya aktivitas fisik. Selain minum lebih banyak air, kamu juga dapat menggantikan kehilangan cairan dengan minum minuman elektrolit sesudah berolahraga.

2. Tidak Menerapkan Postur Tubuh yang Tepat

Mempelajari cara berolahraga yang benar sangatlah penting. Hal ini berguna untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Postur tubuh yang tepat memang penting, terutama saat melakukan latihan kekuatan.

Postur atau teknik yang salah akan meningkatkan kemungkinan cedera dan nyeri. Salah satu kesalahan postur tubuh yang masih dilakukan sebagian orang selama berolahraga adalah membiarkan punggung dan bahu dalam keadaan membungkuk.

Padahal, postur tubuh yang membungkuk dan bahu membulat menempatkanmu pada risiko cedera punggung dan bahu. Jadi, pastikan kamu menjaga punggung tetap lurus dan tanyakan pada instruktur bagaimana postur yang tepat untuk setiap gerakan.

3. Tidak Makan dengan Benar

Hindarilah melakukan latihan berat dengan perut kosong. Penting sekali mengatur waktu asupan makanan dengan benar. Idealnya, kamu harus makan sesuatu tidak kurang dari 45 menit sebelum berolahraga.

Hal ini akan memberikanmu gula darah yang diperlukan, bahkan dapat mencegah darah masuk ke dalam perut. Untuk mendapatkan bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga, maka perlu sekali makan karbohidrat dan makanan kaya protein, seperti biskuit gandum utuh, buah segar, telur rebus, atau oatmeal.

Apalagi setelah berlatih, tubuh akan mengalami stres sehingga kamu perlu mendapatkan nutrisi pasca-latihan yang digunakan sebagai bahan bakar yang tepat untuk pulih dari stres.

4. Kurang Tidur

Memperoleh tidur yang cukup sama pentingnya dengan olahraga teratur. Ini karena kurang tidur akan berkontribusi pada perasaan lelah, lekas marah, stres, bahkan depresi.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan nafsu makan yang berpotensi membuatmu mengalami kenaikan berat badan. Untuk istirahat dan pemulihan yang tepat, tubuh memerlukan delapan jam tidur setiap malam. Ketika kamu kurang tidur, maka bisa meningkatkan kortisol, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon stres.

Ini juga bisa menciptakan masalah lebih lanjut, seperti metabolisme yang lambat, mengakibatkan kerusakan tiroid serta kelelahan adrenal.

5. Tidak Mengistirahatkan Kelompok Otot

Otot membutuhkan setidaknya 48 jam waktu untuk beristirahat setelah latihan kekuatan untuk pulih. Tanpa adanya istirahat, maka otot, persendian, dan struktur penting lainnya tidak memiliki waktu untuk memperbaiki diri.

Dimana hal tersebut akan meningkatkan risiko cedera. Selain itu, akan membuat kamu lelah secara mental dan lebih rentan mengalami kesalahan saat berlatih.

Oleh karena itu, hindari berlatih dengan kelompok otot yang sama setiap hari. Ganti kelompok otot yang dilatih dari hari ke hari, seperti lengan dan bahu pada hari Selasa dan Kamis, bokong dan kaki pada hari Senin dan Rabu.

Kamu tentunya tidak ingin olahraga yang rutin dilakukan menjadi sia-sia, bahkan menimbulkan lebih banyak masalah bagi kesehatan. Oleh karena itu, hindari semua kebiasaan ini saat berolahraga.

article

Artikel Terkait Lainnya