Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Get Yoga Studio, 10 Tahun Pertahankan Eksistensi di Kota Serambi Mekkah

27 October 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Berawal dari Komunitas Hingga Berdiri Get Yoga Studio

Kelas Eksklusif untuk Perempuan

Apa sih Keunikan Get Yoga Studio?

Suka Duka Membangun Get Yoga Studio

Usia Tak Jadi Hambatan Memulai Yoga

Momen Tak Terlupakan Beryoga Bersama Get Yoga Studio

Belakangan di banyak provinsi, yoga telah menjadi olahraga yang cukup digemari banyak kalangan. Namun tidak demikian dengan wilayah Banda Aceh. 

Meski begitu, tidak perlu bingung, jika kamu berdomisili di wilayah Banda Aceh dan tertarik untuk beryoga, bisa langsung datang ke Get Yoga Studio. 

Get Yoga Studio menawarkan latihan yoga dengan konsep kekeluargaan yang disesuaikan dengan syariah Islam.

Lokasinya cukup mudah ditemukan, tepatnya di Jalan Tentara Pelajar Nomor 109, Merduati, Banda Aceh.

Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengulas berbagai hal menarik di Get Yoga Studio lewat diskusi hangat dengan dua orang penting di studio ini, Miss Ryan dan Miss Nelsy.

Yuk disimak keseruan beryoga disini lewat ulasan berikut.

Berawal dari Komunitas Hingga Berdiri Get Yoga Studio

Sudah berdiri sejak tahun 2013 silam, siapa sangka bahwa Get Yoga Studio pada mulanya hanya merupakan sebuah komunitas orang-orang yang menyukai olahraga, khususnya yoga. 

Dari sini lah kemudian komunitas tersebut berkembang hingga akhirnya Miss Ryan selaku owner Get Yoga Studio mendirikan studio yoga tersebut.

“Selain keluarga, saya juga mendapatkan dukungan dari salah satu sahabat, yang memang praktisi yoga yakni Miss Nelsy, dan tentunya dari teman-teman komunitas lainnya,” jelas Miss Ryan.

Bila mendengar namanya, tentunya kita akan berpikir bahwa Get Yoga Studio diambil dari bahasa Inggris. Namun ternyata, Miss Ryan mengungkapkan bahwa Get juga diambil dari bahasa Aceh, yang berarti bagus atau baik.

"Sebenarnya tuh kayak enggak sengaja sih, nama "Get Yoga" tuh bisa ke dalam dua arti ya, kalau dalam bahasa Inggris, kayak ayo, bisa dapatin yoga nih di sini, di studio ini. Nah "Get" juga dalam bahasa Aceh, itu artinya bagus, baik. Jadi harapannya dari yoga tuh bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik," terang Miss Ryan.

Kelas Eksklusif untuk Perempuan

Kamu yang tertarik berlatih yoga di Get Yoga Studio bisa hadir dari hari Senin hingga Sabtu. Kelas hanya terbuka untuk wanita saja alias women only. 

“Libur latihan hanya di hari Minggu dan tanggal merah libur nasional. Usia berapa saja bebas kalau mau ikutan. Mulai dari remaja hingga orang dewasa. Pernah ada member dengan usia 55 tahun. Namun kita belum menyediakan kelas yoga kids,” jelas Miss Ryan.

Berikut Jadwal Latihan di Get Yoga Studio

Senin = 09.15 sd 10.15 // 16.15 sd 17.15 // 19.30 sd 20.30

Selasa = 09.15 sd 10.15 // 12.00 sd 13.00 // 17.15 sd 18.15

Rabu = 09.15 sd 10.15 // 16.15 sd 17.15 // 19.30 sd 20.30

Kamis = 09.15 sd 10.15 // 12.00 sd 13.00 // 17.15 sd 18.15

Jumat = 09.15 sd 10.15 // 16.15 sd 17.15 // 19.30 sd 20.30

Sabtu = 09.15 sd 10.15 // 12.00 sd 13.00

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp25.000 untuk biaya pendaftaran. Sementara untuk biaya yoga dibanderol dengan harga Rp250.000/12x pertemuan selama satu bulan. 

Jika hanya ingin mencoba sekali saja (walk-in) untuk kelas umum non member dibanderol dengan harga Rp40.000.

Selain kelas umum, Get Yoga Studio juga menyediakan kelas privat yang harganya dapat didiskusikan langsung dengan Miss Ryan. Baik dengan berkunjung langsung ke studio atau diskusi lewat Instagram di akun @getyogastudio. 

Untuk menunjang latihan yoga agar lebih maksimal, Get Yoga Studio juga menyediakan fasilitas peralatan-peralatan dasar seperti yoga block, yoga mat, yoga wheel, dan lain sebagainya.

Adapun jenis-jenis yoga yang diajarkan kepada member di Get Yoga Studio cukup beragam. 

Mulai dari Hatha Yoga hingga Kapha Yoga dengan level yang bisa disesuaikan dengan kemampuan member, seperti pemula, menengah hingga mahir. 

Apa sih Keunikan Get Yoga Studio?

Mengingat Aceh selama ini dikenal sebagai daerah di Indonesia yang sangat didominasi dengan nila-nilai agama Islam, dalam menyediakan kelas yoga, Get Yoga Studio pun mendasarinya dengan pedoman agama Islam. 

Salah satunya dengan menyesuaikan sesi latihan dengan waktu shalat. Mengingat waktu shalat senantiasa berubah karena ditentukan dari posisi matahari, Miss Ryan menuturkan bahwa kelas akan dimulai dengan menyesuaikan jadwal sholat pada hari tersebut. 

Selain itu, keunikan dari Get Yoga Studio daripada studio yoga yang lainnya adalah benar-benar hanya difokuskan kepada yoga, tidak ada jenis olahraga lainnya. 

Bila biasanya di studio yoga juga turut disertakan olahraga lain seperti pilates atau zumba. 

Tidak dengan Get Yoga Studio, para member hanya benar-benar difokuskan latihan yoga, sehingga hasilnya maksimal dan progressnya pun bisa dilihat.

Terakhir, keunikan yang menjadi ciri khas Get Yoga Studio adalah hanya diperuntukkan untuk wanita saja alias women only. Sehingga suasana yang dimunculkan benar-benar kekeluargaan seperti berlatih yoga di rumah sendiri. 

“Latihan yoga disini eksklusif untuk perempuan karena kalau perempuan semua, rasanya lebih nyaman. Mau bergerak serasa lebih bebas. Sebab kita kan bergerak terus, kadang tanpa sadar baju terangkat, perut atau bokong jadi kelihatan. Kalau yang lihat sesama perempuan kan gak masalah,” jelas Miss Ryan.

Suka Duka Membangun Get Yoga Studio

Mengingat yoga di Banda Aceh sendiri belum terlalu familiar, Miss Ryan turut mengenang  perjuangannya bersama teman-teman mengenalkan yoga di kota Serambi Mekkah ini. 

Dimana saat itu, sekitar tahun 2013, olahraga yang lebih familiar di kalangan masyarakat bukan yoga, melainkan aerobic.

"Jadi yang memang tahu yoga itu belum banyak, makanya kita dari beberapa temen, cobain, dan ternyata suka, dan benar seperti yang Miss Nelsy bilang, yoga itu bisa dipraktikkan beragam usia, dari muda sampai usia lanjut," ujar Miss Ryan.

Meski pada beberapa kesempatan, praktik yoga sempat mengundang pro dan kontra, baik Miss Ryan maupun Miss Nelsy pun menghadapinya dengan tenang. 

Keduanya benar-benar tegas menekankan bahwa yoga serupa dengan olahraga lainnya, membuat tubuh bugar dan sehat.

"Di sini kita juga akan meluruskan jika ada yang bilang latihan yoga disini terkait dengan praktik ibadah agama tertentu. Gak benar karena yang kita lakukan di Get Yoga Studio tak begitu. Kita berlatih yoga sama seperti berlatih olahraga lainnya, mengkombinasikan antara gerakan tubuh dengan pernapasan dan pikiran yang berkonsentrasi. Pokoknya gak seperti isu yang didengungkan,” jelas Miss Nelsy.

Usia Tak Jadi Hambatan Memulai Yoga

Selain dikenal bisa membuat tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel, sebenarnya banyak juga gerakan-gerakan yoga lainnya yang bisa menguatkan otot-otot tubuh. 

Sehingga membutuhkan energi yang besar untuk dilakukan. Ini pula yang kemudian, mungkin menjadi stereotip di sebagian masyarakat kalau yoga hanya bisa dilakukan oleh para muda-mudi. Padahal tidak demikian.

Miss Nelsy selaku instruktur di Get Yoga Studio mengungkapkan jika ia baru mulai beryoga di usia 40 tahunan. Bagi Miss Nelsy, yoga cocok-cocok saja dilakukan di kala memasuki usia senja.

"Pas usia sudah mau mencapai 40, saya mulai kepikiran cari olahraga yang bisa untuk jangka panjang. Biar pas hari tua tetap olahraga bahkan kalo bisa, tetap melatih orang biar terus jadi pribadi yang bermanfaat. Akhirnya cari-cari tahu dan saya merasa yoga sih yang paling cocok," ungkap Miss Nelsy.

Tak disangka-sangka bisa berkelanjutan mendalami yoga, bahkan hingga menjadi instruktur yoga selama 10 tahunan. 

Selama itu pula yoga sudah memberi dampak positif baik dirinya, khususnya dalam mengontrol dan mengelola emosinya. Miss Nelsi merasakan bisa menjadi lebih tenang dan lebih sehat tentunya.

“Saya enjoy banget melakukan yoga ini. Selain latihan tiap hari, ikut beragam workshop dan sertifikasi juga untuk mengasah ilmu. Waktu berjalan dan gak terasa kalau di ingat-ingat sudah 10 tahunan juga mendalami yoga. 

Begitupun dengan Miss Ryan, turut merasakan manfaat serupa karena telah menekuni yoga selama ini. 

Momen Tak Terlupakan Beryoga Bersama Get Yoga Studio

Mengikuti International Day of Yoga di Medan bersama para member Get Yoga Studio menjadi salah satu momen tak terlupakan buat Miss Nelsy.

Hal itu lantaran di acara tersebut, ia bisa bertemu langsung dengan Anjasmara, aktor kenamaan yang juga mendalami yoga secara profesional. Sekaligus bersilaturahmi dengan teman-teman lamanya.

“Momen itu membuat saya bertemu Anjas dan teman-teman lama. Kangen sekali dengan mereka. Lalu dikesempatan yang sama, kami pun bisa mengikuti dan memenangkan kompetisi foto dari rangkaian acara,” kenangnya.  

Miss Nelsy dan para member Get Yoga Studio berhasil mendapatkan juara dan membawa pulang hadiah dari Nirvana Yoga. 

Semenatara bagi Miss Ryan, momen yang tak terlupakan adalah selama perjalanan membangun Get Yoga Studio di tengah pro-kontra yang sempat terjadi, bisa mendapatkan teman-teman baru dengan latar belakang yang berbeda. 

“Apalagi ketika ia mendapatkan cerita dari para member yang sudah merasakan dampak positif dari yoga. Bahagianya luar biasa, tak bisa dipaparkan,” katanya.

article

Artikel Terkait Lainnya