Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Gak Cuma Bikin Segar, Ini 9 Keuntungan Merendam Kaki dengan Air Es

28 November 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es

1. Mengurangi Rasa Sakit dan Nyeri Otot Setelah Olahraga

2. Mendinginkan Tubuh yang Kepanasan

3. Menenangkan Suasana Hati

4. Menenangkan Kulit

5. Mengurangi Inflamasi dan Pembengkakan

6. Membantu Mengontrol Berat Badan

7. Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

8. Mengurangi Efek Mikrotrauma

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sumber Referensi

Berendam dengan menggunakan air es atau air dingin tentunya akan memberikan sensasi rasa segar di tubuh. Apalagi di tengah cuaca yang panas.

Termasuk merendam kaki dengan air es, tidak hanya akan memberikan sensasi segar, rupanya juga memiliki manfaat yang banyak.

Lantas apa saja sih manfaat yang di dapat dari merendam kaki dengan air es? 

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berendam dengan menggunakan air es bisa memberikan sensasi tubuh, termasuk kaki terasa segar, terlebih di tengah cuaca yang panas. 

Di samping itu, merendam kaki dengan air es juga memberikan banyak manfaat baik, seperti mengurangi rasa nyeri dan sakit, meningkatkan suasana hati, dan mendukung kerja sistem imun tubuh.

Adapun beragam manfaat merendam kaki dengan air es adalah sebagai berikut

1. Mengurangi Rasa Sakit dan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, temperatur suhu tubuh bisa menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, butuh didinginkan dengan temperatur yang lebih rendah, sehingga bisa menyempitkan pembuluh darah guna mengurangi rasa sakit.

Setelah merendam kaki di air es setelah berolahraga, diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan otot akan mengendur ketika suhu tubuh bertambah.

2. Mendinginkan Tubuh yang Kepanasan

Saat berada di area dengan cuaca yang sangat panas atau ketika berolahraga, maka suhu tubuh bisa meningkat secara signifikan. Kondisi yang seperti ini bisa diatasi dengan berendam di air es, termasuk di area kaki saja. 

Dengan begitu, bisa mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

3. Menenangkan Suasana Hati

Meski hanya sebentar, merendam kaki dengan air es bisa membantu untuk meningkatkan suasana hati secara signifikan. Tak cuma itu, perubahan suasana hati bahkan bisa berdampak positif pada peningkatan dan mengurangi kecemasan.

4. Menenangkan Kulit

Rupanya, merendam kaki dengan air es juga bisa mengurangi inflamasi dan meredakan rasa gatal di kulit. Akan tetapi, merendam kaki dengan es tidak disarankan saat memiliki luka terbuka. Pasalnya, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

5. Mengurangi Inflamasi dan Pembengkakan

Pada saat memiliki cedera di daerah tubuh, dengan menempelkan kompres dingin di area tersebut bisa membantu mengurangi pembengkakan dan inflamasi. Manfaat yang sama pun bisa didapatkan saat merendam kaki dengan air es.

6. Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat merendam kaki dengan air es juga bisa menurunkan metabolisme. Sehingga, hal ini membuat tubuh membutuhkan kalori yang lebih banyak guna menghangatkan dirinya sendiri.

Proses itu lah yang juga akan mengubah jaringan lemak putih menjadi jaringan lemak coklat untuk membuat panas dan mengatur kadar gula darah serta insulin, sehingga bisa membantu untuk mengontrol berat badan.

7. Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di sisi lain, merendam kaki di es juga diyakini bermanfaat untuk mendukung sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Namun sayangnya, manfaat ini belum terbukti secara medis.

Perlu diketahui bahwa beberapa manfaat merendam kaki dengan air es di atas belum terbukti efektif secara medis. Meski begitu, pada umumnya cara-cara tersebut aman untuk dilakukan.

Perlu diingat bahwa untuk mencoba cara tersebut bisa merendam kaki sebentar atau kurang dari 15 menit untuk mendapatkan manfaatnya. 

Akan tetapi, bagi kalian yang memiliki riwayat medis tertentu seperti diabetes dan penyakit jantung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum merendam kaki dengan es agar tidak memicu terjadinya masalah kesehatan lain yang lebih serius.

8. Mengurangi Efek Mikrotrauma

Mikrotrauma bisa dipicu oleh berbagai aktivitas harian. Istilah ini biasanya merujuk pada robekan mikro pada serat otot, selubung pembungkus otot, atau pada jaringan ikat. 

Adapun robekan tersebut bisa juga busa berupa tarikan pada tendon dan tulang. Kondisi ini pun awam disebut sebagai cedera.

Dalam kasus tersebut, suhu dingin dipercaya akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat cedera. 

Umumnya setelah mikrotrauma terjadi, tubuh merangsang aktivitas sel otot guna memperbaiki kerusakan dan memperkuat otot.

Oleh sebab itu, sebagian besar kasus cedera merasa sakit beberapa hari setelah berolahraga. Sementara dengan merendam kaki dengan air dingin juga meningkatkan sirkulasi, sehingga bisa membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri lebih cepat.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seperti yang diketahui bahwa tubuh secara terus menerus mengalirkan cairan ke seluruh tubuh. 

Adapun salah satu bentuknya adalah darah yang mengitari berbagai organ, termasuk kaki. Sementara pada prosesnya, darah mengalirkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. 

Di samping itu, juga membantu membuang produk limbah berlebih di sistem tubuh.

Saat aliran darah di kaki tidak lancar, bisa saja menimbulkan beberapa efek yang mungkin bisa dirasakan, misalnya sering kesemutan, mati rasa, terasa dingin, hingga gangren atau jaringan mati kekurangan oksigen. 

Nah, merendam kaki dengan air es merupakan salah satu cara memperlancar aliran darah. Meski bisa menyempitkan aliran darah, air dingin pun bisa mempercepat aliran darah.

Sumber Referensi

Ria Apriani Kusumastuti Penulis. 2023. 7 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es, Termasuk Mengurangi Rasa Sakit [online] (https://health.kompas.com/read/23J23170000168/7-manfaat-merendam-kaki-dengan-air-es-termasuk-mengurangi-rasa-sakit?page=all diakses pada 26 November 2023)

Laili Zain. 2022. 6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadari [online] (https://www.idntimes.com/health/fitness/laili-zain-damaika-1/manfaat-merendam-kaki-dengan-air-es-1?page=all diakses pada 26 November 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya