Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Fakta Seputar Mata Dan Tips Menjaganya Agar Tetap Sehat

08 December 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Pertama

Kedua

Ketiga

Keempat

Terakhir

1. Melakukan Screen Time Dengan Benar

2. Istirahat Yang Cukup

3. Konsumsi Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang

4. Lindungi Mata Dari Sinar UV

5. Selalu Cuci Tangan Sebelum Memegang Mata

6. Hindari Merokok Dan Jauhi Asap Rokok

7. Periksakan Mata Secara Rutin Dan Berkala

Sumber Referensi

Mata merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia karena fungsinya yang vital. Tanpa mata manusia akan kesulitan beraktivitas karena setiap aktivitas pasti tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Itulah mengapa penting untuk terus menjaga kesehatan mata agar risiko terjadinya gangguan pada penglihatan bisa diminimalisir.

Ada banyak cara untuk mewujudkannya. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa fakta seputar mata agar kita semakin menyayangi dan merawatnya dengan lebih baik lagi.

Pertama, mata adalah organ terkompleks kedua setelah otak di tubuh manusia. Ini karena bola mata memiliki lebih dari satu juta serabut saraf yang kesemuanya terhubung ke otak dan aktif menjalankan fungsinya masing-masing.

Kedua, mata manusia ukurannya tidak berubah, sama sepanjang hidup. Jika organ tubuh lain seperti telinga dan hidung akan terus tumbuh seiring bertambahnya usia. Tidak demikian dengan mata. Ukurannya akan selalu sama dari lahir hingga mencapai usia dewasa.

Ketiga, mata manusia mampu melihat hampir 10 juta warna berbeda. Bahkan beberapa ilmuwan ada yang mengatakan jika mata manusia bisa menangkap lebih banyak warna dari warna pelangi.

Keempat, sebenarnya mata menangkap gambar atau suatu objek dalam posisi terbalik. Lalu secara teknis, otaklah yang menerjemahkan gambar tersebut ke posisi yang benar menggunakan koreksi vestibular.

Terakhir, otot mata adalah otot tercepat di tubuh manusia. Ini karena untuk satu kali berkedip, mata hanya membutuhkan waktu kurang lebih 100 hingga 15 milidetik saja.

Ternyata ada banyak sekali hal menarik dan menakjubkan seputar mata. Mata begitu istimewa bukan sekedar alat untuk melihat saja. Kamu perlu merawat mata dengan baik dan konsisten.

Nah, berikut lima tips seputar cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu terapkan.

Yuk, disimak!

1. Melakukan Screen Time Dengan Benar

Hayoo, siapa yang sering kelupaan kalo sudah berjam-jam scroll di depan instagram? Ngaku deh! Yuk, jangan begitu lagi karena tidak baik untuk kesehatan mata. Sebaiknya lakukan screen time meski sejenak. Anjuran untuk melakukan screen time bukan untuk anak-anak saja. Namun berlaku juga bagi orang dewasa apalagi pekerja kantoran yang seharian menatap layar gawai. Kamu bisa menerapkan aturan 20/20/20. Berdasarkan aturan ini, setiap 20 menit menatap layar gawai, kamu perlu istirahat selama 20 detik dengan melihat objek berjarak sejauh 20 kaki atau enam meter. Akan lebih baik jika kamu memiliki akses jendela dan bisa melihat objek alami seperti pepohonan. Jika itu tidak efisien, kamu bisa menerapkan alternatif lain. Yaitu mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah menatap layar gawai selama dua jam.

2. Istirahat Yang Cukup

Mempertahankan pola tidur juga sangat penting agar kualitas tidur kamu terjaga dengan baik. Meski terlihat sepele, tapi saat kamu kurang tidur maka mata kamu akan bekerja lebih ekstra. Bukan hanya mengancam kesehatan mata saja. Kamu juga berpeluang besar terancam sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu atau bagian tubuh lainnya. Ingat, daya tahan tubuhmu juga bisa berkurang jika pola tidur yang diterapkan buruk dalam waktu yang lama. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya. Belum lagi resiko mata panda yang meski tak berbahaya tetap saja akan membuat kamu tidak nyaman dalam berpenampilan.

3. Konsumsi Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang

Mencukupi kebutuhan nutrisi harian perlu kamu lakukan dengan konsisten. Jangan lagi sembarangan ketika menentukan menu makanan yang akan kamu konsumsi. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin A, vitamin C dan vitamin E dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia seperti katarak. Ada begitu banyak daftar makanan yang mengandungf nutrisi di atas dan baik untuk mata. Mulai dari bayam, sawi, salmon, tuna dan ikan berminyak lainnya. Tidak ketinggalan juga telur dan kacang-kacangan. Cukupi semuanya dalam menu makanan kamu. Jangan kurang atau berlebihan agar nutrisinya seimbang.

4. Lindungi Mata Dari Sinar UV

Bukan hanya untuk kulit, sinar ultraviolet juga bisa memberi efek berbahaya bagi kesehatan mata. Paparan sinar UV intensitas tinggi (sinar matahari, lampu halogen, lampu di studio foto) berpotensi menyebabkan kerusakan serius pada mata. Bahkan paparan radiasi UV sehari-hari yang terlalu sering dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan berbagai kelainan pada mata seperti mengalami degenerasi macula. Itulah mengapa selalu disarankan untuk memakai kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan yang terik. Agar dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB.

5. Selalu Cuci Tangan Sebelum Memegang Mata

Jika kamu memakai lensa kontak, pastikan tangan selalu bersih untuk mencegah infeksi mata. Pastikan untuk selalu mencuci tangan kamu bukan hanya sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Namun juga sebelum memegang mata. Jangan sembarangan mengucek mata karena kamu takkan bisa memastikan apa yang baru disentuh dan bakteri apa saja yang menempel di kedua telapak tangan kamu.

6. Hindari Merokok Dan Jauhi Asap Rokok

Kebiasaan merokok tak henti-hentinya menimbulkan masalah. Meski tidak secara langsung memberi dampak pada tubuh, kombinasi sekitar 600 bahan kimia dalam sebatang rokok bisa menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia beracun ketika dibakar. Racun-racun seperti Asetaldehida, Acrolein bahkan Benzene akan berbahaya jika masuk ke dalam aliran darah untuk jangka panjang. Racun-racun di atas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Jadi sebaiknya hindari melakukan keduanya.

7. Periksakan Mata Secara Rutin Dan Berkala

Pemeriksaan mata bertujuan untuk mencegah penyakit mata. Melalui pemeriksaan, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi sejak dini jika terdapat masalah pada mata. Dengan demikian, langkah penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Selain itu, pemeriksaan mata juga penting dilakukan bila memiliki riwayat penyakit mata yang diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak.

Yuk, sayangi kedua mata kita dengan selalu menjaga kesehatan mata dengan benar!

Sumber Referensi


dr. Sienny Agustin. 2021. 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata [online] (https://www.alodokter.com/tujuh-cara-menjaga-kesehatan-mata di akses 8 Desember 2022)

Liputan 6. 2021. Manusia Kedip 4,2 Juta Kali Per Tahun, Ini 10 Fakta Unik Mata Manusia [online] (https://www.liputan6.com/global/read/4639750/manusia-kedip-42-juta-kali-per-tahun-ini-10-fakta-unik-mata-manusia di akses 8 Desember 2022)

dr. Rizal Fadli. 2020. Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata [online] (https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-mudah-dalam-menjaga-kesehatan-mata di akses 8 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya