Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

[Event] Yoga Workshop dari Kelas Fitness Meriahkan Perayaan Hari Yoga Internasional Ke-10 di Medan

22 June 2024

oleh Nirvana Team

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Sesi Pertama: "Muscle Fiber Dynamics" oleh Alginda Pranata Tarigan

Sesi Kedua: "Flexibility Fundamentals" oleh Sugandi Gohzaly

Perayaan Hari Yoga Internasional ke-10 yang berlangsung di Medan Club pada Minggu 16 Juni 2024 turut dilengkapi dengan dua sesi Yoga Workshop. 

Yoga Workshop diselenggarakan sebagai bagian dari dukungan PT Kelas Fitness Indonesia dalam mempromosikan gaya hidup sehat melalui yoga.

Acara yoga workshop dimulai setelah rangkaian acara perayaan Hari Yoga Internasional yang dihadiri oleh ratusan orang dari beragam kalangan terutama komunitas yoga lokal selesai. 

Yoga workshop terbagi atas dua sesi yang masing-masing dibawakan oleh instruktur berpengalaman dari Kelas Fitness

Sesi Pertama: "Muscle Fiber Dynamics" oleh Alginda Pranata Tarigan

Sesi pertama dari yoga workshop dipandu oleh Alginda Pranata Tarigan S.Or, AIFO dengan pemahamannya yang mendalam akan dinamika serat otot. 

Dalam sesi ini, peserta diajak untuk memahami berbagai jenis dan orientasi serat otot yang penting dalam praktik yoga. Bagaimana arah serat otot berhubungan dengan kekuatan dan fleksibilitas dalam berbagai pose yoga.

"Seringkali, pemula dalam yoga mungkin tidak menyadari bagaimana pentingnya arah serat otot dalam mencapai pose yang stabil dan aman," ungkap Alginda.

Alginda menggarisbawahi pentingnya memahami anatomi otot sebagai dasar untuk meningkatkan efektivitas gerakan yoga.  “Diharapkan dengan memahami ini, mereka dapat mengoptimalkan latihan mereka dan mengurangi risiko cedera,” harapnya.

Peserta workshop dengan antusias mencatat informasi yang disampaikan oleh Alginda, dengan beberapa dari mereka menyatakan bahwa penjelasan yang rinci tentang anatomi otot membantu mereka memahami perbedaan dalam pengalaman yoga mereka.

Sesi Kedua: "Flexibility Fundamentals" oleh Sugandi Gohzaly

Sesi kedua yoga workshop dibawakan oleh Sugandi Gohzaly, terkait fleksibilitas tubuh. Sugandi fokus pada pengenalan otot-otot yang sering kurang fleksibel pada pemula yang baru memulai journey yoga mereka seperti hamstring, hip flexor dan area lainnya. 

"Flexibilitas bukanlah tentang kemampuan untuk melakukan pose yang rumit, tetapi tentang bagaimana kita merespon tubuh kita dan membangun kesadaran akan batas-batas fisik kita," kata Sugandi saat memulai sesi kedua. 

Peserta diajak untuk melakukan latihan yang berfokus pada peregangan dan pelepasan tegangan di area-area kritis tubuh yang sering kali tegang.

Sekaligus memberikan teknik-teknik dan latihan yang dapat membantu peserta dalam mengembangkan fleksibilitas mereka secara bertahap.

Peserta yang antusias ingin mendalami teknik-teknik dasar untuk meningkatkan fleksibilitas bahkan mencatat perubahan sederhana yang langsung dirasakan “dalam kenyamanan mereka” saat melakukan pose yoga yang sebelumnya dianggap sulit.

Acara yoga workshop ini merupakan bagian dari komitmen PT Kelas Fitness Indonesia dalam mendukung gaya hidup sehat melalui yoga. 

Kelas Fitness berharap agar lebih banyak orang bisa memanfaatkan yoga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan mental.

Diharapkan yoga workshop ini dapat memberikan perspektif baru tentang betapa pentingnya memahami tubuh saat berlatih yoga. 

Memberikan wawasan mendalam tentang aspek-aspek penting dari praktik yoga, mulai dari anatomi otot hingga teknik-teknik untuk meningkatkan fleksibilitas.

Sampai ketemu di yoga workshop lainnya! Agar tidak ketinggalan beragam info terkait yoga workshop, follow sosial media Kelas Fitness di laman Instagram dan TikTok dengan klik di sini.

Termasuk untuk mendapatkan update terbaru mengenai tred dan tips kesehatan, serta inspirasi yoga lainnya. 

Namaste!

article

Artikel Terkait Lainnya