Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

[Event] Special Class Kamalini Yoga Studio Medan: Harmony in Breath Pranayama & The Eight Limbs of Yoga

31 July 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Baru-baru ini, tepatnya pada Minggu, 21 Juli 2024 lalu, Kamalini Yoga Studio Medan menggelar Special Class bertajuk Harmony in Breath: Pranayama & The Eight Limbs of Yoga.

Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan meliput keseruan special class tersebut. Lantas seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Acara dipandu oleh instruktur yoga kenamaan sekaligus pemilik Kamalini Yoga Studio, Miss Mariana dan berhasil menarik antusias lebih dari 50 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, termasuk para instruktur yoga di kota Medan.

Sesi berlangsung secara online dan offline, dimulai tepat pukul 08.00 WIB dengan suasana studio yang tenang dan kondusif. Miss Mariana memandu para peserta melakukan serangkaian teknik Pranayama atau olah nafas dalam yoga. Tak hanya memandu, Miss Mariana juga menjelaskan dengan detail manfaat dari masing-masingnya. 

Adapun teknik-teknik pernapasan yang diajarkan dan dipraktikkan yaitu dimulai dari Ujjayi Pranayama (1), Viloma Pranayama (2), Bhastrika Pranayama (3), Kapalabhati Pranayama (4), Nadi Shodhana Pranayama (5) dan diakhiri dengan Simhasana Pranayama (6). 

“Pernapasan adalah proses vital yang sering kita abaikan. Dalam yoga, pernapasan bukan hanya tentang menarik dan menghembuskan udara, tetapi juga tentang menyadari setiap napas yang kita ambil. Bagaimana kita menyadari kapan menarik napas dan kapan mengeluarkan napas. Teknik pernapasan dalam yoga membantu kita mengenali kapasitas paru-paru kita, memahami ritme pernapasan, dan mengoptimalkan fungsi paru-paru untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh,” jelas Miss Mariana.

Tak hanya 6 jenis Pranayama, Miss Mariana juga memaparkan dua bagian lain dari The Eight Limbs of Yoga yakni Yama dan Niyama. Termasuk mencontohkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dituturkan Miss Mariana, special class ini diadakan dengan harapan agar siapa saja bisa menekankan pentingnya latihan maupun pengajaran yoga yang benar untuk mencegah cedera. 

"Saya berharap semua guru yoga atau studio yoga dapat mengajarkan yoga dengan baik agar tidak terjadi cedera saat berlatih. Ini karena ada beberapa kejadian di mana para yogi harus berhenti berlatih akibat cedera," ujarnya.

Ia menekankan bahwa inti dari yoga sebenarnya adalah terapi. Yoga seharusnya bisa membantu kita melakukan terapi terhadap diri sendiri, bukan malah mencederakan. Oleh karena itu, pengajaran yang tepat dan pemahaman yang benar sangat penting.  Bukan hanya sekedar bisa melakukan pose saja.

“Sekarang ada mindset begini, beberapa orang melakukan yoga itu karena pose-pose yang keren. Tapi lupa dengan napas mereka, padahal itu adalah sebuah kesatuan, tidak terpisahkan. Itulah mengapa special class ini diadakan. Agar paham pentingnya teknik pernapasan (Pranayama) saat yoga, biar manfaatnya maksimal, tanpa risiko cedera,” jelasnya.

Selain itu Miss Mariana juga menambahkan bahwa special class ini juga diadakan untuk meningkatkan kebersamaan antara para yogi. Sesuai dengan tujuan dari yoga itu sendiri yakni kesatuan.

“Jadi hari ini saya buka special class terbuka untuk umum dan gratis, satu juga tujuannya biar tidak ada studio yoga, guru yoga ataupun siapa saja yang beryoga, antara satu sama lain tidak ada yang memblock. Jadi kita mau sesuai deh dengan tujuan dari yoga itu yakni kesatuan. Nah kesatuan itukan banyak, bukan hanya kesatuan jiwa, raga dan fikiran tapi kesatuan orang-orangnya juga. Kebersamaan,” tutupnya. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara maupun special class mendatang di Kamalini Yoga Studio, silahkan kunjungi Instagramnya di akun @kamaliniyoga.

article

Artikel Terkait Lainnya