Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Dijamin Gak Bikin Boring, Ini 8 Manfaat Jogging Secara Rutin

17 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Menurunkan Berat Badan

2. Memperkuat Sistem Imunitas

3. Baik untuk Jantung

4. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

5. Menurunkan Resistensi Insulin

6. Bantu Lindungi dari Dampak Buruk Stres

7. Membantu Tulang Belakang Jadi Lebih Fleksibel

8. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging merupakan salah satu olahraga yang populer dan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan sampai meningkatkan kesehatan paru-paru. Jogging juga dikenal sebagai olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan di bawah 14 km per jam. Aktivitas ini memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi tubuh.

Selain itu, jogging juga lebih mudah dilakukan, di sekeliling kompleks rumah atau kantor saja pun sudah bisa karena jogging bukan termasuk olahraga yang membutuhkan peralatan khusus nan mahal. Hanya diperlukan pakaian dan sepatu yang nyaman.

Lantas, apa saja manfaat jogging setiap hari bagi kesehatan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Jogging merupakan cara paling mudah dalam mencegah terjadinya kelebihan berat badan. Banyak penelitian menyebutkan jika jogging selama setengah jam bisa membakar sekitar 300 kalori. Tidak hanya membuat lemak kamu terbakar, jogging juga akan menjaga berat badan aga tetap ideal.

2. Memperkuat Sistem Imunitas

Berikutnya, manfaat dari jogging secara rutin adalah menguatkan respons tubuh terhadap penyakit. Aktivitas ini akan merangsang sirkulasi makrofag sehingga bisa menghalau infeksi. Mulai dari infeksi bakteri maupun infeksi virus. Oleh karena itu, jogging secara konsisten akan membantu menjaga tubuh Anda agar tidak mudah sakit.

3. Baik untuk Jantung

Olahraga jogging juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mencegah penyakit jantung. Ini karena saat kamu jogging, jantung akan benar-benar terpompa. Jika sudah demikian maka akan bagus untuk meningkatkan kekuatan jantung tersebut sekaligus meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Tidak hanya bagus untuk jantung, melakukan jogging secara rutin juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ paru-paru. Hanya dengan melakukan jogging, paru-paru akan bekerja lebih optimal dalam memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot-otot tubuh. Sehingga hal tersebut akan membantu paru-paru Anda menjadi lebih kuat. Jika dibandingkan dengan seseorang yang jarang melakukan jogging, orang yang rutin jogging biasanya memiliki kemampuan lebih baik untuk mengekstrak oksigen dari paru-paru dan darah.

5. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin terjadi saat sel-sel tubuh Anda tidak memberi respons terhadap insulin, yakni hormon yang mengontrol kadar glukosa. Para peneliti telah menemukan bahwa jogging secara teratur bisa membantu menurunkan resistensi insulin. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh bisa menjadi pemicu dari turunnya resistensi insulin.

6. Bantu Lindungi dari Dampak Buruk Stres

Stres berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya mengubah fungsi otak. Banyak hasil penelitian melaporkan jika melakukan olahraga secara rutin termasuk jogging bisa mencegah kamu mengalami efek merugikan dari stres. Ini terjadi karena dengan jogging secara teratur membuat hormon norepinefrin sebagai antidepresan kadarnya meningkat.

7. Membantu Tulang Belakang Jadi Lebih Fleksibel

Di antara tulang belakang, ada beberapa bantalan pelindung yang dinamakan diskus. Bagian ini bisa saja menjadi susut ketika kita bertambah umur. Selain itu kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan tekanan pada diskus seiring waktu dan membuatnya menyusut juga. Namun sebaliknya, rutin bergerak atau beraktivitas fisik bisa membuat diskus tersebut tetap fleksibel. Studi dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa seorang pelari mempunyai hidrasi diskus yang cenderung lebih baik.

8. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jogging memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang kamu karena dengan melakukan jogging secara rutin, tubuh bisa mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan. Manfaat lainnya adalah ketebalan tulang yang juga akan bertambah. Ini bagus untuk mencegah terjadinya masalah tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis dan lainnya.

Namun, perlu di ingat jika kamu masih pemula, atau baru akan mulai melakukan jogging kembali setalah vakum untuk waktu yang lama. Sebaiknya saat jogging lakukan istirahat sejenak setiap lima belas menit. Ini berguna agar kamu bisa mengenali lagi kemampuan tubuh dengan lebih baik agar tidak cedera dan manfaatnya jadi lebih maksimal.

article

Artikel Terkait Lainnya