Unduh Aplikasi Nirvana

image Community

Community Category

De'Jabu Studio, Tersedia Kelas Yoga Pemula Hingga Zumba Bersama

23 August 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Rutin Yoga Bisa Bantu Ibu Bersalin Normal

Nyaman Berlatih Seperti di Rumah Sendiri

Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting saat ini. Hidup dengan tubuh yang sehat pasti akan membuat kamu lebih bersemangat sekalipun harus melewati aktivitas yang padat. Untuk mewujudkannya, ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan beristirahat yang cukup, kamu perlu melengkapinya dengan aktivitas berolahraga secara rutin.

Sekarang banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, namun belakangan ini yoga cukup mencuri perhatian. Apalagi jika kamu ingin melakukan olahraga dengan gerakan yang cenderung lembut dan santai, maka bisa mencoba yoga. Melakukan yoga secara rutin ternyata mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Selain itu, yoga bukan hanya berguna untuk melatih tubuh saja. Namun juga membuat pikiran menjadi lebih rileks. Yoga biasanya dilakukan dengan menggabungkan latihan pernapasan, meditasi dan berbagai macam gerakan (asana).

Nah, agar dapat berlatih yoga secara maksimal, tentunya kamu membutuhkan fasilitas memadai dan instruktur yang berpengalaman bukan?

Bagi kamu yang ingin sekali mencoba yoga, namun bingung karena masih pemula, coba saja berkunjung ke De'Jabu Studio. Lokasinya juga cukup mudah ditemukan karena terletak tidak jauh dari pusat Kota Medan. Tepatnya berada di Sunggal Nomor 345D Kecamatan Medan Sunggal, Sumatera Utara.

De'Jabu Studio merupakan salah satu sanggar olahraga terbaru di Medan. Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berkunjung dan berbincang langsung dengan Founder De'Jabu Studio, Ms Heni Naibaho.

Memasuki bulan ke delapan sejak berdiri pertama kali pada Januari 2022. Ms Heni berharap agar De'Jabu Studio bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat dan terus menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Rutin Yoga Bisa Bantu Ibu Bersalin Normal

Disini instruktur akan mengajarkan yoga jenis Hatha. Jadi cocok untuk kamu yang ingin mencoba yoga sekaligus mempelajari dasar-dasar gerakan yoga. Ms Heni selaku instruktur sendiri sudah menekuni yoga sejak lama. Baginya, yoga bukan sekedar untuk menjaga kebugaran tubuh saja.

Lebih dari itu, jika dilakukan secara rutin dan konsisten yoga dapat membantu siapa saja yang ingin memperbaiki postur tubuh, tak sekedar membuat tubuh sehat namun juga menjadi lebih tenang. Bahkan di beberapa keadaan dapat membantu ibu hamil agar bisa melahirkan secara normal meski sebelumnya sudah didiagnosa bayi akan lahir caesar.

Terkait dengan problem persalinan, Ms Heni menekankan jika prosesnya tidak hanya bergantung pada latihan yoga saja. Namun, tetap memperhatikan secara serius aspek lain seperti konsumsi makanan bergizi hingga konsultasi dokter.

"Apabila ditanya apakah yoga bisa membantu proses bersalin normal, tentunya jawabannya bisa karena berdasarkan pengalaman saya bisa berhasil," katanya.

Menurutnya terdapat beragam asana dalam yoga yang dapat memudahkan ibu melakukan persalinan secara normal. Salah satunya Butterfly Pose (Baddha Konasana). Asana (gerakan) ini cukup sering direkomendasikan selain karena manfaatnya juga karena asana ini cenderung aman dilakukan oleh ibu hamil.

Untuk melakukannya kamu bisa memulai dengan melipat kedua kaki seperti akan duduk bersila. Lalu tempelkan kedua telapak kaki satu sama lain sampai rapat. Kemudian pegang bagian tempurung kaki untuk memastikan posisi kaki tetap nyaman.

Asana ini bertujuan untuk membuka area panggul dan paha. Meningkatkan mobilitas pinggul dan meregangkan paha bagian dalam. Biasanya jika kamu ingin menstretching paha dalam secara intens, melakukan asana ini juga cukup direkomendasikan selain mencoba Paschimottanasana.

"Yoga untuk ibu hamil tujuannya bukan hanya meningkatkan kualitas fisik saja. Tetapi juga melatih pernapasan agar nantinya ibu lebih mudah dalam menjalani persalinan normal. Nah, Baddha Konasana tadi misalnya, membuka area panggul sekaligus meningkatkan mobilitas pinggul, itu bagus untuk membantu mengarahkan bayi turun menuju area pelvis. Kelak proses pembukaan saat kontraksi jadi lebih terbantu," jelasnya.

Nyaman Berlatih Seperti di Rumah Sendiri

Untuk membuat suasana latihan yoga kamu semakin nyaman, De'Jabu Studio menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, ruangan nyaman dengan full AC serta area untuk parkir kendaraan. Kamu juga akan menemukan beberapa alat (properti) yoga tidak hanya matras saja.

Ada kumpulan yoga block dan beberapa kursi lipat yang tersusun rapi. Kemudian ada selimut, yoga belt dan bolster. Tujuan pemakaian properti ini selain untuk mencapai ketepatan asana juga untuk meminimalisir terjadinya cedera.

Serupa namanya De'Jabu yang berasal dari Bahasa Batak, diharapkan studio ini bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang latihan yoga. Jika diuraikan maka Jabu berarti "Rumah" sedangkan De digunakan sebagai kata tambahan.

Disini kamu bisa berlatih yoga setiap hari kecuali di hari Minggu. Biasanya satu sesi berlangsung selama 1-1,5 jam. Paket harga yang ditawarkan juga beragam karena disini selain tersedia kelas yoga untuk pemula juga tersedia kelas yoga privat (rumah dan studio), yoga terapis, aerobic hingga zumba.

Sementara itu untuk membership studio, masa aktif yang ditawarkan cukup beragam. Untuk 12 kali pertemuan selama sebulan kamu cukup membayar Rp. 350 ribu. Opsi lainnya, jika kamu ingin sekali coba (walk-in) cukup membayar sebesar Rp. 50 ribu saja. Cukup terjangkau bukan?

Silahkan kunjungi instagram De'Jabu Studio di akun @dejabustudio untuk melakukan reservasi kelas atau sekedar melihat update jadwal latihan yoga hingga zumba nya.

article

Artikel Terkait Lainnya