Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Dampak Negatif Olahraga Berlebihan

13 January 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Cedera pada Otot dan Sendi

2. Gangguan Tidur

3. Kelelahan Emosional

4. Gangguan Makan

5. Kerusakan Kesehatan Jangka Panjang

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Olahraga Sudah Berlebihan

Sumber Referensi

Melakukan olahraga secara rutin memang sangat dianjurkan guna menjaga kebugaran tubuh. Apalagi jika diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup. Namun ternyata olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa berdampak buruk.

Olahraga berlebihan dapat menimbulkan beragam gangguang kesehatan, apalagi kalau setelah selesai olahraga tubuh tidak dipulihkan dengan istirahat, minum air yang cukup, dan konsumsi makanan bernutrisi.

Berikut ini beberapa masalah bagi kesehatan yang bisa muncul jika melakukan olahraga secara berlebihan.

Antara lain:

1. Cedera pada Otot dan Sendi

Olahraga berlebihan dapat meningkatkan risiko cedera terutama pada bagian tubuh yang terus-menerus digunakan atau yang terlalu dipaksakan. Beberapa jenis cedera otot yang umum terjadi karena olahraga seperti fatigue injury, strain injury, tear injury, cramp injury dan lainnya.

Itulah mengapa sebelum berolahraga penting untuk melakukan latihan pemanasan lalu memulai dengan latihan yang ringan. Barulah meningkatkan intensitas secara bertahap sebagai tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko cedera.

2. Gangguan Tidur

Olahraga yang terlalu intens juga dapat mengganggu kualitas tidur bahkan di beberapa orang sampai menyebabkan kesulitan tidur. Saat melakukan olahraga suhu tubuh meningkat dan tetap tinggi selama beberapa jam setelah olahraga selesai.

Ini dapat menyulitkan untuk tidur dan menyebabkan insomnia. Selain itu jika kamu melakukan olahraga pada waktu malam, dapat mengubah ritme sirkadian tubuh dan menyebabkan rasa kantuk yang tidak teratur.

3. Kelelahan Emosional

Olahraga berlebihan dapat menyebabkan stres, kelelahan emosional, dan depresi. Olahraga yang dilakukan dengan intensitas tinggi atau frekuensi yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan emosional dan stres yang berlebihan pula. Apalagi jka seseorang merasa tidak mampu untuk mencapai tujuannya dalam olahraga.

Maka bisa berpotensi menyebabkan rasa rendah diri dan kegagalan. Inilah mengapa penting untuk mengatur intensitas dan durasi olahraga serta menetapkan tujuan olahraga yang realistis.

4. Gangguan Makan

Olahraga berlebihan dapat menyebabkan gangguan makan seperti anoreksia atletik dan bulimia. Anoreksia atletik merupakan gangguan makan yang disebabkan oleh rasa takut terhadap kegemukan dan keinginan untuk terlihat kurus. Orang dengan anoreksia atletik seringkali melakukan olahraga berlebihan dan makan terlalu sedikit sehingga berat badan mereka menjadi sangat rendah.

Sementara bulimia merupakan gangguan makan yang ditandai dengan episod binges eating atau makan berlebihan diikuti oleh tindakan compensatory atau pembalasan. Orang dengan bulimia seringkali merasa tidak terkontrol saat makan, sehingga mereka merasa perlu melakukan tindakan compensatory untuk membatalkan kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan cara memuntahkan hingga melakukan olahraga berlebihan.

5. Kerusakan Kesehatan Jangka Panjang

Jika kamu melakukan olahraga secara berlebihan maka bukan membuat tubuh tambah sehat, yang ada malah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Usai berolahraga, tubuh biasanya akan memulihkan diri dari kelelahan saat kamu beristirahat di malam hari.

Nah jika kamu kecanduan olahraga yang akhirnya malah menyebabkan susah tidur di malam hari. maka sistem kekebalan tubuh kamu lama kelamaan akan menurun. Membuat kamu jadi mudah terserang batuk dan demam bahkan berbagai penyakit lainnya yang lebih berat seperti gagal jantung.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Olahraga Sudah Berlebihan

Jika kamu merasa sudah melakukan olahraga secara berlebihan, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Memberikan tubuh waktu untuk istirahat dan pulih dari aktivitas olahraga yang berlebihan.

  • Mengurangi intensitas dan durasi olahraga sampai tubuh Anda siap untuk meningkatkan kembali aktivitas.

  • Bila kamu mengalami cedera, pastikan untuk memberikan waktu yang cukup untuk sembuh sebelum melanjutkan aktivitas olahraga.

  • Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan jangan merasa tertekan untuk mencapai tujuan yang tidak realistis.

  • Cobalah untuk mengatur pola hidup yang sehat dengan makan makanan yang sehat, tidur cukup dan mengelola stres dengan baik.

  • Jangan lupa untuk beristirahat dan mengambil waktu untuk diri sendiri. Ini dapat membantu mengurangi tekanan mental dan fisik yang mungkin diakibatkan oleh olahraga berlebihan.

Jika setelah berolahraga kamu merasa tidak baik atau merasa tidak bugar. Justru merasa lelah yang tidak wajar padahal sudah melakukan penanganan seperti di atas. Ada baiknya segara periksakan diri ke dokter demi mencegah kamu mengalami masalah kesehatan yang tak diinginkan.

Perlu diIngat bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik. Termasuk olahraga sekalipun. Jadi, berolahragalah dengan bijak agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Penting untuk berbicara dengan instruktur profesional jika kamu ingin memulai program olahraga yang intensif. Guna memastikan bahwa olahraga yang kamu lakukan sehat dan aman.

Sumber Referensi


Redaksi Halodoc. 2018. Dampak Negatif dari Olahraga Berlebihan [online] (https://www.halodoc.com/artikel/9-dampak-negatif-dari-olahraga-berlebihan di akses 12 Januari 2023)

Dinas Kesehatan DIY. 2017. Jangan Malas Berolahraga Ya [online] (https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/olahraga-haornas-9-september-pon-negatif-positif-dampak-jangan-malas-berolahraga-ya di akses 12 Januari 2023)

dr Andreas Wilson Setiawan. 2021. Mengenal Dampak Positif dan Negatif Olahraga bagi Tubuh [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/dampak-positif-negatif-olahraga/ di akses 12 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya