Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Coba Yuk, Yoga di Do Yoga Studio Medan : Ramah Pemula dan Women Only

02 October 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Berlatih di Ruangan yang Eksklusif untuk Perempuan

Yoga Sebagai Sarana “Me Time” para Member

Intimate Class, Nyaman dengan Komunikasi Terbuka

Yoga telah menjadi pilihan populer dalam penerapan gaya hidup sehat. Bagi kamu yang beragama islam dan ingin beryoga namun tetap mematuhi aturan berbusana. 

Maka penting untuk menemukan studio yoga yang ramah terhadap hijab. 

Di Medan, ada beberapa studio yang turut menyediakan kelas yoga hijab friendly. Do Yoga Studio salah satunya. 

Lokasinya cukup mudah ditemukan, tepatnya berada di Jalan Adinegoro Nomor 14, Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara, 20233.

Beberapa waktu lalu, tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengunjungi dan berbincang langsung dengan founder sekaligus instruktur di Do Yoga Studio, Miss Lenny. 

Rupanya, Miss Lenny sudah 8 tahun lebih menekuni yoga dan sebelum membuka sendiri studio yoganya, ia mulai dengan mengajar terlebih dulu di sebuah rumah sakit. 

“Jadi belajarnya kurang lebih sudah sejak 8 tahun lalu, tapi ngajarnya baru-baru aja. Sekitar 3 tahun usai menyelesaikan 200-hour yoga teacher training. Pertama kali, saya ngajar yoga ibu hamil di RS Muhammadiyah Mandala, tepatnya di bulan October 2019,” ceritanya.

Namun tak lama berselang, sekitar bulan Febuari 2020, pandemi Covid-19 mulai merebak. Jadi cuti karena instruksi pemerintah atas social distancing. 

Menjelang akhir tahun, sekitar bulan Oktober 2020, Miss Lenny memutuskan untuk membuka Do Yoga Studio dengan menerapkan protocol kesehatan.

“Sebagian dari teman maupun murid, sudah banyak ternyata yang rindu untuk berlatih yoga. Jadi mereka request, ayo dong miss, open studio. Akhirnya setelah diskusi dengan keluarga, dibukalaa Do Yoga Studio ini dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Tapi saya tetap ngajar private juga. Sebab masih banyak yang takut untuk olahraga di tempat ramai. Jadi pilihan private dengan protocol kesehatan kayaknya paling pas. Apa lagi yang private saat itu kebanyakan dari kalangan dokter dan anggota dewan,” tuturnya.

Waktu terus berjalan, hingga di tahun 2021, ia mendapat “panggilan” untuk mengajar Kahiyang Ayu, putri kedua Presiden RI Bapak Joko Widodo. 

“Saya direkomendasikan ke Mba Ayang oleh salah satu murid private saya, dia seorang dokter yang kebetulan dokternya keluarga Mba Ayang. Sebelum puasa di tahun 2021, masih covid dan ngajarnya di rumah dinas. Tiap hari di swab, ampunlaa. Tapi saya senang sekali sebab Mba Ayang berlatih yoganya rajin, beliau memang mau menjaga kebugaran tubuh dengan rutin beryoga,” ceritanya.   

Berlatih di Ruangan yang Eksklusif untuk Perempuan

Saat pertama kali berkunjung, Do Yoga Studio memang kelihatan seperti rumah tinggal pada umumnya. Barulah ketika naik ke lantai dua, kamu akan menemukan ruangan untuk berlatih yoga. 

Di ruangan super nyaman ini kamu juga akan menemukan beberapa alat (properti) untuk beryoga seperti matras, yoga strap hingga yoga wheel.

Menariknya, menurut penuturan Miss Lenny, tidak semua orang diperbolehkan naik ke lantai dua. Sebab kelas yoga hanya bisa di akses oleh wanita saja. Laki-laki tidak bisa karena ruangan eksklusif untuk perempuan.

“Disini khusus perempuan dan gak terima laki-laki kecuali anak-anak. Karena mayoritas berhijab, mereka lebih nyaman kalau yang hadir sesama perempuan. Tapi kalau privat, saya mengajar ke rumah mereka. Nggak masalah mau mengajar laki-laki atau perempuan,” jelasnya. 

Ia berharap dengan memberi ruang tersebut, bisa membuat para perempuan, khususnya yang berhijab jadi lebih aktif beryoga. 

“Kalau perempuan semua, rasanya lebih nyaman dan bisa membantu mengurangi distraksi. Karena di beberapa orang mempengaruhi rasa percaya diri. Misalnya ketika ngelakuin yoga vinyasa, kita kan bergerak terus. Kadang tanpa sadar baju terangkat, perut atau bokong jadi kelihatan. Kalau yang lihat sesama perempuan kan gak masalah. Jadi gak repot benerin baju atau merasa malu karena perut atau bokongnya terlihat,” jelas Miss Lenny.

Untuk membership di Do Yoga Studio, paket harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 300.000 saja. Sudah bisa berlatih dua kali seminggu selama satu bulan. 

Kamu bisa berlatih yoga hatha dan vinyasa disini. Tersedia kelas level beginner, intermediate dan advance. 

Untuk jadwal latihan, kamu bisa datang di sore maupun malam hari. Untuk sore hari, tersedia jadwal latihan di hari Senin pukul 17.00-18.00 WIB. 

Sementara untuk malam hari, jadwal latihan tersedia di hari Kamis pukul 19.30-20.30 WIB. Biasanya, untuk satu sesi latihan yoga akan berlangsung selama satu jam lebih.

“Begitu closing, ada yang mau coba-coba pose menantang, saya kasih tipsnya. Kadang untuk pemacu semangat, saya malah saranin murid-murid untuk rajin scrolling di Instagram. Liat pose apa yang keren atau ngetrend, sebagai bonus buat yang mau latihan yoganya terasa lebih menantangkan. Atau scrolling lihat postur orang lain yang ramping. Jadi penambah motivasi istilahnya,” cerita Miss Lenny. 

Untuk melakukan reservasi kelas, kamu bisa datang langsung atau follow instagramnya di akun @do_yogaaa. Kamu juga bisa sekaligus melihat update keseruan beryoga disana.

Yoga Sebagai Sarana “Me Time” para Member

Di tengah hiruk-pikuk rutinitas yang padat dan serba cepat, yoga dapat menjadi sarana "me time" yang berharga. 

“Jadi di sini, beberapa orang yoga itu bukan untuk kesehatan fisik aja, tapi untuk me time. Apalagi jika dia ibu rumah tangga, setelah seharian ngurus rumah dan anak, me-time ke sini. Badannya sehat, dia pun happy ketemu orang yang se-frekuensi kesukaannya dengan dia. Relax deh,” papar Miss Lenny. 

Kadang, kita seringkali melupakan pentingnya waktu untuk diri sendiri. Inilah mengapa saat memasuki ruang yoga, lewat beragam gerakan, otot-otot tubuh diregangkan dan diperkuat. Sirkulasi darah jadi lancar, kamu pun makin sehat. Sehingga menjadi momen dimana kamu merasa bebas dan lepas.

Menurut Miss Lenny, tak ada yang salah dengan berolahraga di rumah. Namun pergi ke studio yoga akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa. Jadi bisa sekaligus saling memotivasi. Termasuk sama-sama belajar dari pengalaman masing-masing sehingga terasa lebih seru.

“Tiap orang tentu berbeda-beda ilmunya, pasti ada yang bisa diambil, sharing satu sama lain. Kalo ada yang menarik bisa didiskusikan langsung. Hidup jadi lebih positif, kesadaran terhadap diri meningkat, termasuk tingkat kepuasaan juga. Jadi rasanya lebih happy,” jelasnya.

Kalau sudah happy, tubuh pasti lebih rileks dan tenang setelahnya karena telah memberi diri sendiri waktu untuk bersantai dan melepaskan tekanan. Hormon bahagia dalam tubuh meningkat dan kamu pun jadi merasa lebih positif secara keseluruhan.

Intimate Class, Nyaman dengan Komunikasi Terbuka

Saat mendirikan Do Yoga Studio, Miss Lenny berkomitmen agar siapa saja yang berlatih disini bisa bertumbuh bersama. 

Itulah mengapa ia berusaha menciptakan hubungan yang mendalam dan berarti dengan para muridnya. 

Hal itu ia coba wujudkan dengan menghadirkan suasana kelas yang nyaman. Komunikasi terbuka menjadi hal penting. 

Sebab ia yakin instruktur yang terbuka dan bersahabat adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang intim. 

Murid harus merasa nyaman untuk bertanya hingga berbicara tentang perasaan atau kendala fisik yang mereka alami. 

“Tiap ngajar, bukan hanya instruksi yang saya berikan. Namun juga semangat dan motivasi. Selalu saya bilang ke murid-murid, jangan mau capeknya sia-sia. Pulang kerja atau dari rumah jauh-jauh kesini, bayar lagi. Jangan cuman duduk doang, kalau gak maksimal gerakannya, gak maksimal juga nanti manfaat yoganya. Sayang lho baik waktu maupun uangnya,” kata Miss Lenny.

Ketika member sudah merasa nyaman untuk bertanya hingga berbicara seputar kendala fisik yang mereka alami. 

Instruktur pun jadi lebih mudah menyesuaikan asana (pose yoga) dengan tingkat kenyamanan dan kemampuan para member. Termasuk membangkitkan rasa percaya diri mereka dalam berlatih.

“Saya ajarkan member untuk mendengarkan tubuh mereka sendiri. Jangan ragu apalagi takut untuk mencoba beragam pose. Misalnya mau Headstand/Handstand. Yuk dicoba, manfaatnya banyak lho gerakan itu dan sebenarnya gak ada yang sakit kalo tau triknya. Jangan belum apa-apa udah takut deluan. Aduh terbalik laa aku atau aduh nggak kuat bahuku. Gak dicoba ya akhirnya tidak bisa sama sekali,” tutupnya.

article

Artikel Terkait Lainnya