Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Coba Aqua Yoga di Drishti Studio : Cara Menyenangkan untuk Jaga Kebugaran

21 November 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Siapa Saja Bisa Mencoba Aqua Yoga

Pilihan Tepat Untuk Kamu yang Bermasalah dengan Mobilitas Tubuh

Untuk Ibu Hamil, Aqua Yoga Itu Enak Banget

Aqua Yoga di Drishti Studio: Safety, Nyaman dan Cuma Satu-Satunya di Medan

Aqua yoga jadi cara baru yang menyenangkan untuk merawat kesehatan fisik maupun mental. Tubuh dan pikiran dijamin makin merasakan banyak efek positif setelahnya. 

Nggak percaya? Yuk buktiin sendiri.

Jika kamu berdomisili di Medan, segera datang langsung ke Drishti Yoga Studio. Disini kamu bisa mengeksplorasi bagaimana dan seperti apa sih aqua yoga itu. Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan mengulik langsung yoga ini. 

Seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut. 

Siapa Saja Bisa Mencoba Aqua Yoga

Tak pandang usia, baik tua maupun muda bisa ikut mencoba sensasi beryoga di dalam air. Terpenting adalah jangan takut untuk mencoba karena ini termasuk latihan yoga yang menyenangkan.

Namun sebelum itu ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelumnya. Apa saja? 

Menurut Miss July, instruktur aqua yoga di Drishti Yoga Studio, persiapan yang perlu dilakukan tidak ribet. Pertama, kamu hanya perlu memastikan, kamu tidak ada trauma air dan kedua jangan takut. 

“Saya sarankan orang dengan pengalaman trauma air, sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu. Kita gak ingin ada serangan panik, tegang otot tiba-tiba atau bahkan reaksi tubuh lainnya yang lebih ekstrem. Kalau dipaksa, nanti berbahaya ke kamunya dan mempengaruhi kenyamanan teman-teman yang lain. Jadinya malah akan mengurangi manfaat yang akan diperoleh. Selanjutnya yuk celupin semua badannya ke kolam renang, jangan ragu-ragu,” jelasnya.

Sementara untuk peralatan penunjang selama mengikuti sesi aqua yoga, hanya memerlukan beberapa peralatan renang dasar seperti pakaian renang, sunscreen dan kaca mata renang sebagai pelengkap. Khusus baju renang, Miss July menegaskan, ini adalah hal yang penting. 

“Selama di kolam jangan memakai kaos atau baju rumahan! Sebaiknya kenakan pakaian renang yang nyaman, jangan terlalu ketat atau terlalu longgar. Biar gak berat tubuhnya saat di dalam air. Sehingga kamu bisa bergerak leluasa. Terasa aman tanpa risiko cedera karena pakaian terselip. Jadi saat melakukan gerakan gak akan terganggu,” paparnya.

Tidak ada batasan umur untuk mengikuti kelas aqua yoga di Drishti Yoga Studio, remaja maupun orang dewasa bisa turut serta. “Range usia di kelas saya itu beragam, ada yang masih sekolah tingkat SMA. Pernah juga lansia, paling senior waktu itu umur 75 tahun,” ungkapnya.

Namun khusus lansia yang ingin aqua yoga tapi keluarganya ragu, atau memiliki penyakit tertentu, biasaya akan diminta surat keterangan dokter terlebih dahulu. Jika dokternya menyatakan boleh, maka akan dilanjutkan. 

“Misalnya klien datang dengan kondisi pinggang atau lutut sakit. Namun ternyata dia juga ada penyakit tambahan, misalnya jantung atau punya tekanan darah yang tinggi atau rendah banget. Nah itu harus ada clearance dari dokter. Jika tidak ada, maaf sekali kemungkinan besar akan saya tolak. Sejauh pengalaman saya ngajar aqua yoga, ini jarang terjadi. Sesekali satu orang yang pernah case begitu,” ceritanya. 

Menariknya lagi, kelas aqua yoga juga bisa diikuti anak-anak dari tingkat sekolah dasar. "Anak SD itu bisa ikut asalkan dia bisa paham apa yang diinstruksikan dan by appointment,” jelasnya.

Untuk itu, Miss July menyarankan, sebelum kamu mulai mengikuti kelas aqua yoga, penting sekali mengenali batasan fisik tubuh masing-masing. 

“Jika kamu memiliki cedera atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya bicarakan dengan instruktur untuk mendapatkan saran terbaik tentang gerakan apa saja yang aman untukmu,” tegasnya.

Pilihan Tepat Untuk Kamu yang Bermasalah dengan Mobilitas Tubuh

Ketika mobilitas tubuh kita bermasalah, kamu mungkin akan mengalami kesulitan atau keterbatasan dalam melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berjalan, berdiri, duduk, atau bahkan tindakan sederhana seperti mengambil sesuatu dari rak.

“Saat mengalami kesulitan, ini akan mempengaruhi kemampuan kamu melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan sendi tersebut. Di lutut misalnya, jadi gak bisa bungkuk ketika sholat, itu paling banyak yang ikutan kelas saya. Biasanya jika ikut sesi selama satu atau dua bulan rutin, itu much better,” jelas Miss July.

Disinilah terasa manfaat aqua yoga, yaitu meringankan tekanan pada sendi. Air akan memberikan dukungan alami sehingga tekanan pada sendi berkurang, memungkinkan kamu “bergerak lebih leluasa” tanpa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. 

Lalu dengan kombinasi gerakan-gerakan yoga yang lembut, manfaat aqua yoga untuk memperkuat otot juga bisa kamu rasakan. 

Saat kamu berlatih aqua yoga, kamu “dibantu” membangun kembali kekuatan otot tubuh secara keseluruhan tanpa memberikan tekanan berlebih pada keduanya. 

Ini karena air akan memberikan resistensi yang lebih besar dari pada udara, membuat latihan di dalam air lebih efektif dalam hal memperkuat otot.

“Yuk ikutan biar kamu bisa buktiin sendiri sensasi unik yang ditawarkan dari latihan yoga ini,” kata Miss July.

Untuk Ibu Hamil, Aqua Yoga Itu Enak Banget

Selama kehamilan, tubuh ibu akan mengalami perubahan berat badan dan peningkatan hormon yang berpotensi membuat sendi dan tulang jadi lebih rentan. 

Rutin berlatih aqua yoga akan membantu ibu hamil meningkatkan fleksibilitas tubuhnya. Sekaligus merawat kesehatan tulang dan sendi. 

Air akan “menyediakan dukungan yang lembut” selama ibu berlatih, sehingga tekanan pada sendi dan tulang akan berkurang. Ini menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk latihan.

Selain itu, banyak wanita hamil mengalami pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Berada di dalam air dapat membantu mengurangi pembengkakan ini, karena tekanan air membantu memperlancar sirkulasi darah dan memberikan efek pendinginan pada tubuh.

Ditambah air juga memiliki sifat relaksasi alami. Sehingga dengan berlatih di dalam air dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Ini memiliki dampak positif tidak hanya pada ibu, tetapi juga pada perkembangan anak yang dikandung.

“Mungkin bisa dibilang ini istiwanya juga, aqua yoga untuk ibu hamil itu enak banget. Banyak manfaat positifnya. Banyak yang curhat ke saya habis latihan kalau pas di air itu rasanya enak banget. Apalagi setelahnya, badan relax dan lebih tenang,” cerita Miss July.

Namun Miss July tetap menyarankan, meskipun aqua yoga memiliki banyak manfaat positif,  penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan, baik itu sebelum memulai atau saat mau melanjutkan program latihan selama kehamilan. 

“Setiap kehamilankan memiliki karakteristik uniknya masing-masing, dan perhatian khusus harus diberikan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi,” tegasnya.

Aqua Yoga di Drishti Studio: Safety, Nyaman dan Cuma Satu-Satunya di Medan

Drishti yoga studio, sebagai pusat kebugaran yang berkomitmen untuk menyediakan pengalaman berolahraga yang menyenangkan, menjadi satu-satunya studio yoga di Medan yang menawarkan kelas aqua yoga sejak awal berdiri. Untuk 1 sesi kelas aqua yoga akan berlangsung selama 60 menit terdiri dari pemanasan, inti dan ditutup dengan cooling down. 

“Untuk kamu yang baru pertama kali cobain, anggap aja deh seperti di kelas yoga umumnya cuman ini di air supaya beban kakinya kamu berkurang,” kata Miss July.

Kamu akan dibimbing langsung oleh Miss July, instruktur bersertifikat yang sudah berpengalaman dibidang yoga. Miss July sendiri sudah menekuni yoga sejak tahun 2010 hingga hari ini. Yoga sudah menjadi bagian dari hidupnya. 

“Serifikat saya 200H hatha yoga dan di tahun 2016, khusus aqua yoga, saya ambil coursenya dari Byron Yoga Centre (Australia),” jelas Miss July.

Fasilitas penunjang dan keamanan kolam renang juga turut diprioritaskan. Terutama kedalaman kolam dan suhu air kolam. Sesuai dan nyaman untuk ibu hamil, sekitar 28-31 derajat Celsius. 

Begitupun dengan kamar mandi untuk “bebersih” usai latihan, lengkap dengan pengering rambut, sampo, sabun pembersih hingga pelembab kulit. 

“Kadang ini jadi kekhawatiran pemula juga, apakah akan tenggelam atau tidak. Jawabnya tidak akan tenggelam. Sebab ini bukan latihan renang, tidak akan membuat kamu tenggelam dan mengapung. Aqua yoga gak demikian. Sebab syaratnya adalah si peserta harus bisa berdiri dan menapakkan kaki. Paling mentok ketinggian airnya itu sampai ke dada aja,” terang Miss July.

Kamu bisa mengikuti kelas aqua yoga bersama Miss July setiap Kamis pukul 07.30 WIB sd selesai. Silahkan kunjungi Instagram Drishti Yoga Studio di akun @dhristiyoga untuk pendaftaran. Termasuk informasi lebih lengkap seputar informasi pendaftaran, promo, hingga jadwal kelas yoga setiap harinya.

article

Artikel Terkait Lainnya