Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Coba, 5 Tips Memilih Menu Makan Sehat agar Tetap Berenergi!

20 July 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Cukupi Protein dengan Tepat

2. Jangan Abaikan Serat

3. Konsumsi Karbohidrat Sesuai Kebutuhan, Jangan Kurang Atau Lebih

4. Selalu Pilih Minuman Sehat

5. Jangan Konsumsi Dessert Berlebihan

Menentukan menu makanan sebaiknya jangan lagi sembarangan. Pilihlah makanan yang sehat dengan menerapkan prinsip konsumsi makanan yang beraneka ragam. Sehingga kamu selalu berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Ini juga bagus untuk menambah konsentrasi kamu saat beraktivitas. Kamu bisa mengatur menu makan dengan menggunakan pola Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang di keluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Berikut beberapa tips perlu kamu perhatikan agar lebih menyehatkan tubuhmu.

Yuk, disimak!

1. Cukupi Protein dengan Tepat

Protein yang terkandung dalam menu makananmu baik itu saat sarapan, makan siang atau malam sangatlah penting. Selain menjadi bahan bakar tubuh, protein juga bermanfaat untuk membantu membangun tulang dan otot.

Kamu bisa mendapatkannya dari hewan (protein hewani) atau dari tumbuhan (protein nabati). Untuk protein hewani, sebaiknya pilih yang berjenis minim lemak seperti telur, ikan atau dada ayam. Jika kamu memilih protein nabati kamu bisa mendapatkannya dari kedelai baik itu edamame, tahu dan tempe atau dari biji-bijian seperti chia seed.

Tak ada salahnya juga untuk mengkombinasikan keduanya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun, hal yang perlu diingat adalah sebaiknya jangan memilih hidangan yang dihidangkan melalui proses penggorengan karena dianggap kurang menyehatkan.

2. Jangan Abaikan Serat

Selain protein, kamu juga harus memperhatikan kandungan serat. Jangan menyepelekan atau sampai mengabaikan serat dalam menu makananmu. Serat berguna untuk membantu proses pencernaan tubuh menjadi lebih lancar.

Kamu bisa mendapatkannya dari sayuran atau buah. Pemilihan sayur hijau seperti bayam cukup dianjurkan karena selain kaya akan vitamin, bayam juga mengandung antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Opsi lainnya kamu bisa memperoleh asupan serat dari oatmeal, olahan gandum, pisang, pir hingga ubi jalar.

3. Konsumsi Karbohidrat Sesuai Kebutuhan, Jangan Kurang Atau Lebih

Berikutnya, kamu juga harus menambahkan karbohidrat dalam menu makananmu agar nutrisinya lengkap dan seimbang. Karbohidrat penting karena akan diubah menjadi glukosa (gula) yang kemudian digunakan sebagai sumber energi selain protein dan lemak.

Namun, terlalu banyak karbohidrat juga bisa merusak kesehatan. Asupan karbohidrat dalam jumlah besar di malam hari umumnya sulit dicerna tubuh. Biasanya hanya akan menyebabkan lonjakan gula darah dan di beberapa kasus menyebabkan gangguan tidur. Itulah mengapa kamu harus mengkonsumsi karbohidrat sesuai kebutuhan, jangan kurang atau lebih.

Perlu di ingat jika kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda satu sama lain. Untuk itu penting agar kamu mengetahui kebutuhanmu. Kamu bisa melihat acuannya pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan tetap memperhatikan aktivitas, berat badan dan tinggi badan kamu.

Nah ada beberapa sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk penuhi asupan karbohidrat di tubuhmu. Mulai dari kentang, nasi, roti, pasta, gandum, kacang-kacangan, kentang hingga jagung.

4. Selalu Pilih Minuman Sehat

Selain mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, sebaiknya kamu pun harus meminimalisir konsumsi minuman manis seperti es teh manis, minuman soda hingga kopi yang mengandung gula.

Alternatifnya kamu bisa mengkonsumsi susu almond, teh tawar atau jus buah. Selain segar tentu lebih menyehatkan. Bahkan minuman tersebut juga tidak mengandung kalori yang tinggi.

Penting di ingat juga untuk tak mengabaikan konsumsi air putih. Mengingat manfaatnya yang memang sangat baik untuk tubuh. Umumnya anjuran untuk mengonsumsi air putih sehari adalah sebanyak 2 liter air.

5. Jangan Konsumsi Dessert Berlebihan

Tak masalah mengonsumsi dessert saat makan siang sebagai cemilan. Namun kamu tetap harus memperhatikan kandungan yang ada didalamnya. Terutama kadar gula dan lemaknya. Ini berguna untuk menghindarkan kamu terserang diabetes atau gangguan kesehatan lainnya.

Kamu bisa memilih buah-buahan seperti jeruk, salak, apel, manga atau buah lainnya. Jika kamu penyuka cokelat, coba deh cicipi dark chocolate. Belakangan cokelat ini cukup diminati karena selain nikmat juga mengandung magnesium yang baik untuk tubuh.

Cermatilah selalu jenis makanan, porsi, waktu makan, serta keamanan pangan kamu. Lengkapi pula dengan aktivitas fisik yang cukup, perilaku hidup bersih dan teratur demi menjaga kesehatan dan fungsi tubuh kamu secara keseluruhan. Ingat, jika abai dan menyepelekan akan berdampak buruk bagi kesehatanmu sendiri.

article

Artikel Terkait Lainnya