Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Melakukan Meditasi Secara Rutin Bantu Cegah Gangguan Kesehatan Mental

03 April 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengenal Meditasi

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Mental

1. Membantu Menemukan Atribut Positif

2. Melatih Pikiran Fokus Terhadap Situasi Saat Ini

3. Membantu Melawan Rasa Candu

4. Membantu Meningkatkan Kejernihan Berpikir dan Menjaga Fungsi Memori

Jenis-jenis Meditasi

1. Meditasi Mindfulness

2. Meditasi Transendental

3. Meditasi Yoga

4. Meditasi Chakra

5. Meditasi Metta

Langkah-langkah Memulai Meditasi

1. Memilih Waktu yang Tepat

2. Duduk dengan Nyaman

3. Mulai Meditasi Senyaman Mungkin

4. Fokus dan Konsentrasi

5. Jangan Menilai atau Mengevaluasi Pikiran Anda

6. Gunakan Alat Bantu

7. Terus Berlatih

Sumber Referensi

Pada dasarnya, manusia kerap merasakan sedih, kecewa, senang, stres, cemas, hingga putus asa. Hal ini wajar adanya mengingat manusia memang memiliki emosi.

Namun akan menjadi sebuah masalah bila rasa sedih ataupun kecewa yang seharusnya hilang dalam beberapa waktu tanpa mengganggu aktivitas, malah tak kunjung reda. Hal ini bisa saja terjadi karena terdapat masalah maupun gangguan pada kesehatan mental.

Tak cuma mengganggu aktivitas sehari-hari, masalah pada kesehatan mental bahkan bisa juga berdampak pada kesehatan fisik atau kesehatan mental yang semakin memburuk. Meski begitu, tak perlu khawatir, masalah kesehatan mental bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya lewat meditasi.

Mengenal Meditasi

Meditasi merupakan aktivitas dimana saat seseorang menggunakan pikiran secara mendalam untuk membantu berkonsentrasi atau terfokus. Meditasi sendiri memiliki beragam jenis, namun tetap memiliki tujuan yang sama, yakni membuat perasaan menjadi lebih rileks dan tenang, meningkatkan kesehatan mental, serta batin menjadi lebih damai.

Dengan melakukan meditasi, dipercaya bisa membuat lebih mudah untuk mengatur dan mengendalikan emosi, sehingga bisa terhindar dari stres dan depresi berkepanjangan.

Seseorang yang rutin melakukan meditasi diyakini bisa mengelola stres dengan cara yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan meditasi sama sekali.

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Mental

1. Membantu Menemukan Atribut Positif
Melalui meditasi, memungkinkan seseorang untuk melakukan refleksi diri yang lebih dalam, sehingga bisa membantu menemukan atribut positif tentang diri sendiri. Selain itu, juga membantu dalam meningkatkan kesadaran diri sendiri dan empati kepada orang lain.

2. Melatih Pikiran Fokus Terhadap Situasi Saat Ini
Memiliki masalah kesehatan mental biasanya dikarenakan terpaku terhadap kecemasan akan peristiwa yang belum terjadi. Dengan melakukan meditasi, akan membantu melatih pikiran untuk fokus pada situasi sekarang, sehingga tidak akan terfokus pada kecemasan tersebut. Meditasi yang dilakukan secara rutin pun bisa membantu meredakan kecemasan dan depresi, sehingga dapat menjadi bagian dari rencana perawatan masalah kesehatan mental.

3. Membantu Melawan Rasa Candu
Bagi sebagian orang, saat menghadapi rasa cemas atau masalah kesehatan mental, memilih untuk mengkonsumsi obat dan alkohol hingga menyebabkan kecanduan. Untuk mengatasi rasa candu ini, meditasi dapat meningkatkan kesadaran dan mengubah reseptor otak yang terkait dengan kecanduan tersebut.

4. Membantu Meningkatkan Kejernihan Berpikir dan Menjaga Fungsi Memori
Saat mengalami stres, fungsi memori seseorang pun mengalami penurunan. Dengan bermeditasi, bisa meningkatkan kejernihan berpikir dan menjaga fungsi memori. Sehingga meditasi juga membantu mengendalikan stres dan mendukung mereka yang merawat anggota keluarga dengan demensia.

Jenis-jenis Meditasi

Meditasi memiliki banyak jenis dan teknik relaksasi yang memiliki komponen meditasi. Meski begitu, semuanya memiliki tujuan yang sama untuk mencapai kedamaian batin.

Terdapat berbagai jenis meditasi, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Meditasi Mindfulness
Meditasi ini melibatkan fokus pada pengamatan pikiran dan perasaan Anda tanpa menilai atau mengevaluasi mereka. Untuk memulai, cari tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk, kemudian fokus pada pernapasan Anda dan arahkan perhatian Anda pada pengamatan sensasi di tubuh Anda.

2. Meditasi Transendental
Meditasi ini melibatkan pengulangan mantra tertentu untuk membantu memusatkan pikiran Anda. Biasanya, seorang guru akan memberikan mantra khusus untuk digunakan selama meditasi. Duduk dengan nyaman, konsentrasikan pikiran pada mantra, dan biarkan pikiran Anda berlalu dengan sendirinya.

3. Meditasi Yoga
Meditasi ini melibatkan kombinasi gerakan fisik dan meditasi yang fokus pada pernapasan, untuk membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan. Cobalah melakukan gerakan yoga yang sederhana terlebih dahulu, dan fokuskan perhatian pada pernapasan Anda selama latihan.

4. Meditasi Chakra
Meditasi ini melibatkan fokus pada tujuh titik energi dalam tubuh, yang dikenal sebagai chakra, untuk membantu membuka dan memperkuatnya. Pilih satu titik chakra, dan fokuskan perhatian Anda pada titik tersebut selama meditasi. Atau Anda juga dapat mencoba meditasi dengan memvisualisasikan energi melalui tiap titik chakra secara berurutan.

5. Meditasi Metta
Meditasi ini berfokus pada cinta kasih dan kebaikan hati, dengan memvisualisasikan diri sendiri dan orang lain sebagai bahagia dan damai. Mulailah dengan duduk dengan nyaman dan memusatkan perhatian pada pernapasan. Kemudian, bayangkan diri Anda dan orang lain dalam keadaan bahagia, damai, dan bebas dari penderitaan.

Demikian beberapa jenis meditasi yang umum dilakukan, meskipun masih ada banyak jenis meditasi lainnya yang juga dapat dipraktikkan.

Langkah-langkah Memulai Meditasi

1. Memilih Waktu yang Tepat
Dalam memilih waktu untuk memulai meditasi, sebaiknya waktu yang bisa menunjang suasana tenang dan tidak terburu-buru agar hasilnya lebih maksimal.

2. Duduk dengan Nyaman
Pilih posisi duduk yang nyaman, seperti duduk bersila atau dengan kursi yang nyaman. Pertahankan postur tubuh yang tegak tetapi santai.

3. Mulai Meditasi Senyaman Mungkin
Meditasi bisa dilakukan dengan mencari posisi atau menggunakan pakaian yang nyaman agar bisa benar-benar berkonsentrasi.

4. Fokus dan Konsentrasi
Saat mulai melakukan meditasi, diharapkan bisa fokus pada pernapasan, kemudian mengatur ritmenya, dan menikmati setiap hembusan dan tarikan napas yang dilakukan. Semakin bisa menikmatinya, pikiran juga akan semakin tenang dan kesehatan mental pun terjaga.

5. Jangan Menilai atau Mengevaluasi Pikiran Anda
Selama meditasi, pikiran dan emosi akan terus muncul. Cobalah untuk membiarkannya terjadi tanpa menilai atau mengevaluasinya.

6. Gunakan Alat Bantu
Jika membutuhkan bantuan, cobalah menggunakan musik meditasi atau aplikasi meditasi untuk membantu fokus dan mengurangi stres.

7. Terus Berlatih
Meditasi adalah proses yang perlu terus dipraktikkan. Jadilah sabar dan teruslah berlatih secara teratur, maka manfaat dari meditasi akan segera terasa.Jangan menilai atau mengevaluasi pikiran Anda: Selama meditasi, pikiran dan emosi akan terus muncul. Cobalah untuk membiarkannya terjadi tanpa menilai atau mengevaluasinya.

Saat hendak memulai meditasi, disarankan agar tidak terburu-buru. Ikuti dan jalani semua proses meditasi, sehingga bisa merasakan dampaknya terhadap kesehatan, baik fisik maupun mental. Tak kalah penting, jangan juga terlalu memaksa ketika melakukan meditasi. Pasalnya, sesuatu hal yang dilakukan pertama kali tidak selalu mendapatkan keberhasilan. Namun alangkah baiknya tetap dilakukan secara rutin dengan kesabaran.

Ingatlah bahwa meditasi adalah proses yang bersifat individual dan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Tetaplah sabar dan terus berlatih, dan jangan merasa terlalu tertekan jika pikiran Anda mulai mengembara selama meditasi. Cobalah untuk membiarkan pikiran berlalu dan kembali fokus pada objek meditasi yang dipilih.

Sumber Referensi


dr. Rizal Fadli. 2020. Meditasi Bisa Menjaga Kesehatan Mental, Ini Caranya [online] (https://www.halodoc.com/artikel/meditasi-bisa-menjaga-kesehatan-mental-ini-caranya diakses 23 Maret 2023)

dr. Fadhli Rizal Makarim. 2022. Ketahui 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental [online] (https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-5-manfaat-meditasi-untuk-kesehatan-mental diakses 23 Maret 2023)

CNN Indonesia. 2021. 7 Meditasi Mindfulness untuk Kesehatan Mental [online](https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210414061232-284-629569/7-meditasi-mindfulness-untuk-kesehatan-mental diakses 23 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya