Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Cara Tepat Mengatasi Bengkak Akibat Keseleo

28 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Kompres dengan Es

2. Istirahat

3. Melakukan Perban Bagian Tubuh yang Keseleo

4. Angkat Kaki Tinggi-Tinggi

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Sumber Referensi

Keseleo pada pergelangan kaki adalah salah satu cedera sendi yang paling umum terjadi. Gejala yang sering muncul akibat cedera sendi antara lain bengkak, nyeri kulit kemerahan, dan terganggunya fungsi tubuh di bagian yang cedera. Sehingga, nyeri maupun bengkak akibat keseleo perlu ditangani agar kondisinya tidak semakin parah.

Keseleo terjadi akibat adanya gerakan memutar mendadak pada otot ligamen maupun persendian sehingga bisa menyebabkan robeknya serat ligamen. Ligamen adalah jaringan fibrosa yang akan menghubungkan antara satu tulang dengan tulang lainnya, sekaligus berfungsi untuk menahan persendian agar tetap di tempatnya.

Keseleo akan menyebabkan trauma pada kerusakan otot, sendi, tendon, atau serat ligamen. Serat ligamen yang meregang, menekuk, dan terpelintir dengan berlebihan bisa membuatnya robek sebagian maupun sepenuhnya terkoyak.

Apapun jenisnya, jika keseleo tidak diobati maka akan memperparah keadaan sendi. Jadi segera lakukan penanganan atau meminta bantuan orang lain untuk mengatasinya.

Melansir dari berbagai sumber, di bawah ini sudah ada cara menangani nyeri dan bengkak akibat keseleo.

1. Kompres dengan Es

Tempelkan kompres dingin yang diperoleh dari apotek atau bongkahan es batu dibalut kain bersih di permukaan area yang membengkak. Lakukanlah pengompresan ini sekitar 20-30 menit setiap 3 jam sekali pada 48 jam pertama sampai bengkaknya mengempis.

Saat cedera terjadi, pembuluh darah yang robek dapat mengeluarkan isi pembuluh darah ke jaringan sekitar. Hal ini yang memicu timbulnya pembengkakan, pembuluh darah melebar sebagai respons peradangan. Tujuan adanya kompres dingin untuk membantu membatasi semakin parahnya peradangan setelah cedera. Apabila menggunakan kompres es batu, jangan terlalu lama meletakkannya di area cedera untuk bisa mencegah terjadinya kerusakan jaringan otot.

2. Istirahat

Setelah mengalami keseleo, segera hentikan seluruh aktivitas fisik yang menyebabkan cedera dan jangan terlalu membebani anggota tubuh yang sakit. Istirahatkan tubuh yang sedang mengalami keseleo, contohnya pergelangan kaki.

Jangan sampai terkena refleks tubuh yang akan menyebabkan pembengkakan semakin parah. Namun, cedera keseleo bukan berarti sama sekali menghentikan produktivitas harian. Biasanya pergelangan kaki yang terkilir, masih bisa menggerakkan otot-otot bagian tubuh lainnya.

3. Melakukan Perban Bagian Tubuh yang Keseleo

Balut pergelangan tubuh yang keseleo dengan menggunakan perban elastis. Hal ini akan membantu meredakan pembengkakan dan membatasi pergerakan yang dapat memperparah kondisi kaki. Balutlah kaki secara rapat, namun jangan sampai terlalu kencang agar tidak menghambat aliran darah.

Apabila kamu membalut kaki terlalu kencang akan timbul rasa kesemutan, kaki menjadi mati rasa, bahkan memperparah rasa sakit keseleo. Longgarkan perban bila rasa sakit meningkat, jari-jari membiru, serta mengalami mati rasa. Gunakanlah perban elastis yang terbuat dari neoprene yang bisa didapatkan di apotek.

4. Angkat Kaki Tinggi-Tinggi

Salah satu cara untuk mengatasi kaki keseleo yaitu menaikkan atau memosisikan kaki ke posisi yang lebih tinggi selama 2 hingga 3 jam sehari. Apabila memungkinkan, maka coba atur posisi kaki yang cedera sejajar dengan dada saat berbaring.

Mengangkat kaki seperti ini sangat bermanfaat untuk meredakan bengkak dan memar. Bisa juga kamu menggunakan bangku pendek sebagai alas untuk meletakkan kaki saat duduk atau bantal tambahan untuk mengganjal kaki saat tidur.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Apabila sakit keseleo sudah tidak tertahankan, minum obat pereda nyeri nonsteroidal anti-inflammatory (NSAIDs). Misalnya saja seperti ibuprofen, paracetamol, asam mefenamat, atau panadol. Obat dengan adanya kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan nyeri dan peradangan pada bagian kaki yang keseleo.

Namun, obat-obatan ini memiliki beberapa efek samping, seperti meningkatkan risiko perdarahan maupun ulkus. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis pemakaian yang tepat dan mencegah terkena efek samping.

Nah, itu saja beberapa cara menangani nyeri dan bengkak akibat keseleo. Banyak juga kasus keseleo otot kecil yang akan sembuh sendiri hanya dalam beberapa hari.

Sementara, sebagian orang yang pulih relatif cepat, otot mungkin tidak sepenuhnya sembuh dan kurang mampu menahan tekanan fisik secara berlebihan. Sehingga rentan sekali mengalami cedera yang sama di kemudian hari.

Tingkat keparahan dan jenis keseleo yang beragam ditangani dengan tepat dan segera pulih seperti sedia kala. Oleh karena itu, bersabarlah meski harus memakan waktu berminggu-minggu untuk sembuh dari keseleo.

Sumber Referensi


Redaksi Halodoc. 2019. Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo [online] (https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-mengobati-bengkak-akibat-keseleo di akses 26 Januari 2023)

Atilah Tia Abelta. 2021. 8 Obat Keseleo Alami yang Bantu Redakan Nyeri dan Bengkak [online] (https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5874056/8-obat-keseleo-alami-yang-bantu-redakan-nyeri-dan-bengkak di akses 26 Januari 2023)

Siloam Hospital. 2023. 7 Cara Mengatasi Kaki Keseleo yang Aman Dilakukan di Rumah [online] (https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-kaki-keseleo di akses 26 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya