Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Cara Meredakan Demam Secara Alami

04 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Penyebab Demam

Gejala Demam

Cara Menurunkan Demam

1. Kompres Air Hangat

2. Rendam Kaki di Air Suam Kuku

3. Mengonsumsi Sayur dan Buah dengan Kandungan Air Tinggi

4. Minum Air Kelapa

5. Oleskan Lidah Buaya

Sumber Referensi

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius yang umumnya merupakan respons tubuh terhadap penyakit. Suhu tubuh yang meningkat atau demam, menjadi salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia memerangi infeksi.

Pengidap demam dapat mengkonsumsi obat antipiretik untuk bisa membantu melawan bakteri atau virus. Akan tetapi, terkadang demam bisa naik terlalu tinggi, sehingga kondisinya perlu ditangani sebelum terjadi komplikasi. Segera periksakan ke dokter apabila demam melebihi 38 derajat celcius.

Penyebab Demam

Demam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

● Imunisasi, setelah mendapat vaksin pertusis
● Infeksi virus serta bakteri, misalnya meningitis, tifus, disentri, cacar air, dan infeksi saluran kemih
● Penyakit karena gigitan nyamuk, seperti malaria, demam berdarah, dan chikungunya
● Mengkonsumsi jenis obat tertentu
● Berdiri terlalu lama di bawah sinar matahari
● Penyakit, seperti arthritis dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif)
● Kanker, misalnya leukimia, kanker hati, atau kanker paru-paru

Gejala Demam

Berikut ini sudah ada beberapa gejala yang bisa menyertai demam, yaitu:

● Nyeri kepala
● Keringat dingin
● Menggigil
● Dehidrasi
● Batuk
● Nyeri tenggorokan
● Nyeri telinga
● Diare
● Muntah-muntah
● Nyeri otot
● Nafsu makan turun
● Kelelahan

Di samping itu, sudah ada beberapa gejala demam yang perlu diwaspadai, antara lain:

● Leher kaku
● Mata sangat sensitif terhadap cahaya
● Muntah terus-menerus
● Timbul bercak-bercak kemerahan pada kulit
● Sesak napas
● Cenderung mengantuk terus-menerus
● Nyeri dan tampak kesakitan
● Tidak mau minum dan frekuensi buang air kecil berkurang

Cara Menurunkan Demam

Orang-orang yang sedang kepanasan atau sakit demam memang disarankan untuk tidak banyak bergerak. Jadi semakin banyak getaran, maka suhu tubuh juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, hindari aktivitas fisik berlebihan sementara dan perbanyak istirahat.

Berikut ini cara menurunkan demam dan suhu panas tubuh agar tidak mengganggu aktivitas:

1. Kompres Air Hangat

Ketika sedang demam atau suhu tubuh panas, kamu mungkin mengompres badan dengan menggunakan air dingin atau es batu yang dibungkus kain. Ternyata, cara ini tidak dianjurkan oleh dokter dan tenaga kesehatan. Kompres dingin sebenarnya lebih tepat digunakan untuk meredakan nyeri otot, bukan untuk menurunkan demam.

Peningkatan suhu badan sejatinya merupakan reaksi alamiah kekebalan tubuh untuk mempertahankan diri melawan infeksi. Apabila kamu menempelkan kompres dingin, otak justru akan menerjemahkannya sebagai gangguan atau ancaman terhadap proses alamiah tersebut. Sebagai akibatnya, tubuh dapat membuat temperatur inti serta membuat badan semakin terasa panas.

Selain itu, kompres dingin juga akan berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba, sehingga memicu badan menjadi menggigil. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari kompres dingin atau mandi air dingin saat demam maupun kepanasan. Cara terbaik yaitu dengan mengompres dengan air hangat.

2. Rendam Kaki di Air Suam Kuku

Salah satu cara untuk menurunkan demam yaitu mencoba merendam kaki di air suhu normal atau suam kuku. Rendamlah kaki setidaknya selama 20 menit. Tips ini bisa membantu mendinginkankan dan merilekskan badan. Untuk bisa menambah sensasi menenangkan, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak atsiri yang disukai, seperti minyak peppermint.

3. Mengonsumsi Sayur dan Buah dengan Kandungan Air Tinggi

Untuk menurunkan panas, kamu juga dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang tinggi kandungan airnya. Kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi smoothies buah dan sayur. Tambahkanlah sedikit es batu untuk sensasi menyejukkan. Beberapa contoh makanan dengan kandungan air tinggi, yakni: Semangka, Stroberi, Jeruk, Timun, dan Seledri.

4. Minum Air Kelapa

Air kelapa diketahui mengandung berbagai vitamin, mineral, serta elektrolit. Kandungan ini membantumu untuk lebih segar dan berenergi, khususnya saat lemas karena suhu tubuh yang naik. Air kelapa yang segar menjadi pilihan baik untuk menurunkan demam secara alami dibandingkan dengan air kelapa kemasan.

Apabila kamu berniat untuk beli produk kemasan, maka perhatikan secara seksama label komposisinya, khususnya kandungan gula. Alternatifnya, kamu bisa minum teh herbal hangat racikan sendiri untuk bisa menurunkan demam secara alami. Lalu seduh teh tawar bersama potongan jahe, sereh, atau irisan lemon, serta madu untuk menambah nikmat rasanya.

5. Oleskan Lidah Buaya

Jika kamu memiliki stock gel lidah buaya di rumah atau kantor maka ambil sedikit gelnya untuk dioleskan ke bagian kulit. Hal ini karena, gel lidah buaya bisa membantu menurunkan panas. Untuk hasil yang optimal, maka simpan gel lidah buaya lebih dulu ke lemari es sebelum dioleskan. Itu saja beberapa informasi terkait cara menurunkan demam secara alami. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi


Aprinda Puji. 2022. 5 Obat Demam Alami yang Bisa Anda Temukan di Rumah [Online] (https://hellosehat.com/sehat/gejala-umum/obat-demam-alami-di-rumah/ di akses 28 Februari 2023)

Dinkes Kalbar. 2021. Anak Demam? Berikut 7 Tips Turunkan Demam Anak Secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah [Online] (https://dinkes.kalbarprov.go.id/anak-demam-berikut-7-tips-turunkan-demam-anak-secara-alami-yang-bisa-dilakukan-di-rumah/ di akses 28 Februari 2023)

Annisa Amalia Ikhsania. 2022. 6 Cara Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami [Online] (https://www.nutriclub.co.id/artikel/kesehatan/1-tahun/cara-menurunkan-demam-secara-alami di akses 28 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya