Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Cara Efektif Mendapatkan Asupan Vitamin D Yang Baik Untuk Tubuh

10 February 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Laut dan Ikan Berlemak

3. Makan Kuning Telur dan Jamur

4. Coba Konsumsi Makanan Olahan Yang Diperkaya Vitamin D

5. Lengkapi Asupan Vitamin D Dengan Suplemen Tambahan

Sumber Referensi

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi hal yang penting dilakukan agar terhindar dari berbagai macam virus. Terlebih lagi, jika kondisi kamu mengharuskan berinteraksi langsung dengan banyak orang. Apabila sistem imun melemah, maka akan rentan terinfeksi berbagai penyakit.

Salah satu cara untuk bisa menguatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi penyakit yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi dan kecukupan gizi, termasuk vitamin D.

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak sehingga bisa disimpan oleh tubuh dalam jangka waktu lama. Vitamin ini mempunyai dua bentuk utama, yakni D2 dan D3. Keduanya sebenarnya sama-sama efektif untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Berikut penjelasan tentang cara mudah mendapatkan vitamin D.

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kulit kamu mempunyai sejenis kolesterol yang berguna sebagai pembangun vitamin D, atau pro-vitamin D. Kemudian, senyawa ini akan diubah menjadi vitamin D saat sinar ultraviolet B dari matahari diserap oleh kulitmu.

Nah, perlu kamu tahu adalah, vitamin D yang dihasilkan dari sinar matahari juga bisa bermetabolisme dua kali lebih lama ketimbang vitamin D yang berasal dari makanan atau suplemen.

Namun, sayangnya, kadar vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh setiap orang berbeda-beda. Hal ini karena tergantung dari beberapa faktor.

● Pertama, warna kulit serta usia. Orang yang berkulit gelap membutuhkan waktu lebih banyak untuk berjemur. Hal ini agar tubuh dapat menghasilkan vitamin D ketinggalan orang berkulit lebih terang.

● Kedua, lokasi geografis serta musim. Apabila tempat tinggal kamu semakin dekat dengan khatulistiwa, maka akan semakin banyak vitamin D yang dihasilkan. Hal ini karena kedekatan fisikmu dengan sinar matahari.

● Ketiga, tabir surya serta pakaian. Jenis tabir surya dan pakaian yang kamu gunakan juga mempengaruhi produksi vitamin D selama berjemur. Meskipun begitu, penting sekali bagi kamu agar melindungi diri dari kanker kulit dengan cara menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Laut dan Ikan Berlemak

Makanan laut dan ikan berlemak dipercaya sebagai sumber makanan dengan kandungan vitamin D paling kaya. Misalnya saja setiap satu porsi salmon kalengan memiliki netto sebesar 100 gram yang mampu menyediakan hingga 386 IU vitamin D.

Jadi ikan salmon bisa memenuhi sekitar 50% dari kebutuhan vitamin D harianmu. Vitamin D yang ada pada makanan laut maupun ikan berlemak mempunyai kadar yang berbeda-beda.

Hal ini tentunya tergantung dari jenis, spesiesnya, dan cara perolehan atau budidayanya. Biasanya, makanan laut dan ikan berlemak juga kaya akan omega-3 yang bagus untuk jantung. Jenis makanan laut dan ikan yang kaya vitamin D adalah tuna, tiram, teri, sarden, ikan kembung, dan udang.

3. Makan Kuning Telur dan Jamur

Kuning telur ternyata juga mempunyai kandungan vitamin D dan dapat memenuhi sekitar 2 – 5% dari kebutuhan vitamin D harian. Bahkan, kuning telur dari ayam kampung bisa juga mencukupi 20% kebutuhan vitamin D harian. Sementara tu, jamur ternyata bisa menghasilkan vitamin D2 (ergocalciferol) sendiri setelah terkena paparan sinar UV.

Pada jamur maitake liar, juga telah mengandung vitamin D sekitar 2.348 IU per 100 gram. Namun, kamu harus lebih hati-hati dalam mengidentifikasi jamur liar untuk bisa menghindari racunnya. Lebih amannya lagi, kamu beli dari pemasok terpercaya atau petani langsung.

4. Coba Konsumsi Makanan Olahan Yang Diperkaya Vitamin D

Saat ini banyak makanan yang mengandung vitamin D bisa diolah menjadi makanan enak. Contohnya saja seperti, produk susu sapi, susu nabati, serial siap saji, yogurt, tahu, serta jus jeruk.

5. Lengkapi Asupan Vitamin D Dengan Suplemen Tambahan

Bagi sebagian orang, mengonsumsi suplemen vitamin D menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memenuhi asupan nutrisinya. Umumnya, disarankan untuk memilih bentuk D3 (cholecalciferol).

Alangkah baiknya, suplemen dikonsumsi jika sumber makanan vitamin D dirasa tidak mampu memenuhi kebutuhan hariannya. Salah satu suplemen vitamin D yang baik untukmu yaitu Wellness Vitamin D3 400.

Nah itu saja beberapa informasi terkait cara mendapatkan D yang terbaik. Semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu.

Sumber Referensi


Rejuve. 2023. 5 Cara Efektif Mendapatkan Vitamin D yang Baik Untuk Tubuh [online] (https://www.rejuve.co.id/blog/5-cara-efektif-mendapatkan-vitamin-d-yang-baik-untuk-tubuh di akses 4 Februari 2023)

dr Verury Verona Handayani. 2020. Cara Tepat Memenuhi Asupan Vitamin D untuk Tubuh [online] (https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-memenuhi-asupan-vitamin-d-untuk-tubuh di akses 4 Februari 2023)

Siloam Hospital. 2022. Tips Berjemur Aman untuk Dapatkan Vitamin D Melimpah [online] (https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/tips-berjemur-aman-untuk-dapatkan-vitamin-d-melimpah di akses 4 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya