Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Bugarkan Tubuh dengan Lebih dari 50 Variasi Kelas Yoga yang Sesuai dengan Level Anda di Sun Yoga Indonesia

11 September 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Beryoga jadi Solusi untuk Mencapai Kebugaran Tubuh

Pandemi Jadi Momentum Aktif Berlatih Yoga

Akhir-akhir ini yoga semakin populer dijadikan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesehatan. Banyak orang mulai menyadari manfaat yoga untuk tubuh dan pikiran, seperti meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, serta mengurangi stres dan kecemasan.   

Selain itu, praktik yoga juga dianggap cukup membantu meningkatkan kualitas tidur serta meningkatkan kemampuan konsentrasi dan focus. Membuat banyak orang makin tertarik untuk memulai praktik yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka.

Tak heran mengapa bila belakangan ini semakin banyak studio yoga bermunculan di kota-kota besar khususnya Ibukota Jakarta. Bukan hanya itu, bahkan pusat kebugaran pun berlomba-lomba menambahkan kelas yoga ke dalam daftar latihan mereka. 

Memang setelah lelah beraktivitas seharian, menghadiri kelas yoga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tubuh terasa segar dan lebih tenang. Jangan khawatir, di Jakarta banyak tersedia tempat-tempat belajar yoga yang bagus untuk dicoba.

Sun Yoga Indonesia salah satunya. Studio yoga ini sudah berdiri sejak Desember 2019 lalu dan tersebar di beberapa lokasi berbeda yang kesemuanya cukup strategis untuk diakses. Founder Sun Yoga Indonesia, Binay Sahoo, lahir di India dan mulai tertarik pada yoga sejak usianya 10 tahun. 

Kini sudah lebih dari 12 tahun ia mengajar dan mempelajari semua aspek yoga. Ia mempelajari yoga di berbagai tempat mulai dari Bihar School of Yoga Munger, NS NIS Patiala Punjab hingga Iyengar Yoga di Pune, India.

Beberapa waktu lalu, Tim Nirvana Indonesia Yoga sempat berbincang dengan Miss Merry, salah satu instruktur di Sun Yoga Indonesia. Saat ini, Sun Yoga Indonesia dapat diakses di 5 lokasi berbeda. 

Sun Yoga Studio 1 berlokasi di Taman Aries, Sun Yoga Studio 2 ada di PIK, Sun Yoga Studio 3 berlokasi di Citra 6,  Sun Yoga Studio 4 ada di Alam Sutera dan terakhir Sun Yoga Studio 5 berlokasi di Gading Serpong. 

Silahkan kunjungi Instagram Sun Yoga Indonesia di akun @sunyoga.id untuk informasi lebih lengkap seputar promo, yoga trip hingga jadwal kelas setiap harinya.

Beryoga jadi Solusi untuk Mencapai Kebugaran Tubuh

Jika dulu yoga identik dengan praktik spiritualitas, sekarang yoga dijadikan upaya untuk mencapai kebugaran tubuh. Yoga menjadi kegiatan positif dimana semua orang bisa mencobanya. Bahkan yoga bisa menjadi solusi untuk beberapa masalah kesehatan. 

Hal ini turut dibenarkan oleh Ms Merry. “Jadi orang-orang yang datang ke studio yoga itu memang karena kebutuhannya untuk kesehatan. Bukan tiba-tiba datang kemudian iseng-iseng ikut kelas yoga. Mungkin ada satu atau dua orang yang seperti itu. Namun mayoritas dan sepengalaman saya semua datang karena sadar akan kesehatan dan ingin meningkatkan kebugaran mereka,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mulai beryoga tak perlu takut terlalu tua atau terlalu muda sebab yoga itu bisa untuk siapa saja. 

“Untuk memulai yoga maupun rutin berlatih yoga, penting diingat bahwa you don’t have to be flexible to start yoga. Yoga is easy and yoga is for everyone. Gak perlu khawatir karena di Sun Yoga sendiri terdapat banyak sekali variasi kelas. Jadi bisa disesuaikan dengan umur, seperti anak-anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut,” jelasnya.

Untuk pemula, jika kamu ingin fokus pada aspek fisik maka dapat mengikuti kelas yoga seperti Vinyasa, Hatha, atau Ashtanga. Jika ingin menekankan pada aspek meditasi dan relaksasi maka dapat memilih kelas yoga seperti Yin atau Restorative. Masing-masing dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, fleksibilitas tubuh itu akan meningkat. 

“Fleksibilitas tubuh itu akan mengikuti. Namun dengan catatan harus rutin berlatih. Misalnya jika ingin bisa split, tidak mungkin satu kali ikut kelas yoga langsung bisa. Harus latihan dulu dengan rutin, diaktifkan lower back dan di panaskan dulu hamstringnya. Jangan bolong-bolong latihannya, satu minggu hadir, dua minggu abstain. Jangan dong!” tegasnya. 

Sun Yoga Indonesia sendiri memiliki lebih dari 50 variasi kelas yoga yang dapat dipilih oleh member dengan berbagai level dari pemula, menengah hingga mahir. Setiap hari terdapat 8 hingga 10 jadwal berbeda yang bisa diakses. Selain itu terdapat pula kids yoga dan corporate yoga. Semuanya disediakan Sun Yoga Indonesia guna memfasilitasi sekaligus mendukung gaya hidup sehat masyarakat.

“Dengan beragamnya jenis dan jadwal kelas yang banyak setiap hari, para member dapat memilih bukan hanya kelas yang paling sesuai dengan jadwal mereka. Tapi juga kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. Ini merupakan komitmen Sun Yoga Indonesia dalam memberikan pengalaman yoga terbaik bagi para member,” tambahnya.

Pandemi Jadi Momentum Aktif Berlatih Yoga

Selain berbincang seputar Sun Yoga Studio, Ms. Merry juga membagikan cerita seputar pengalaman rutin beryoga. Diakuinya bahwa ia sendiri sebenarnya sudah lama mengenal yoga. Namun baru menekuni yoga dua tahun belakangan saat pandemi merebak. Ia merasa klik dan menyukai latihan yoga karena adanya perubahan kesehatan dan peningkatan kebugaran pada tubuhnya. Perubahan tersebut yaitu hilangnya rasa sakit di daerah pinggang yang sering ia rasakan.

“Dulu saya ada sakit pinggang parah, semenjak rutin yoga beneran hilang total sakitnya. Sejak itu saya putuskan untuk beryoga secara lebih serius. Sekarang, yoga sudah menjadi bagian dari kehidupan saya,” ceritanya. 

Ia menekankan jika ada perbedaan kebugaran di tubuhnya jika melewatkan satu hari tanpa berlatih yoga. “Tidak yoga sama sekali dengan yoga sejam itu rasanya beda di badan saya. Yoga walaupun satu jam itu rasanya bugar, badan enak dan tidur pun jadi lebih nyenyak, “ akunya. 

Ia pun mendorong orang lain untuk mencoba yoga, terutama bagi mereka yang mencari cara untuk meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan mental. Menurutnya meskipun yoga terlihat mudah dan tenang, namun gerakan-gerakan yoga dapat memberikan manfaat yang bisa dirasakan secara langsung.

Namun Ms Merry tetap menekankan, jika kamu tertarik untuk memulai berlatih yoga, pastikan untuk mencari instruktur yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu (health issue) sebaiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter. 

“Jika ada health issue seperti scoliosis atau saraf kejepit atau mau mencapai goal tertentu. Sebaiknya pilih kita punya layanan privat class. Sebab itu adalah layanan one by one. Jadi lebih focus dan spesifik, “ sarannya.

Serupa dengan Ms Merry, salah satu member Sun Yoga Studio, Ms Afang usai mengikuti kelas Backbend Therapy bersama Ms Merry menceritakan jika ia juga mulai rutin beryoga sejak pandemic, atau sekitar dua tahun belakangan. 

Ia mengaku sangat terbantu sebab dengan rutin berlatih yoga bukan hanya fleksibilitas dan kekuatan tubuhnya saja yang meningkat tapi konsentrasinya juga jadi lebih baik. 

“Jujur merasa terbantu dengan yoga ini, terutama menjaga kesehatan tulang dan sendi bagi orang yang telah menginjak usia 40-an. Kita jadi lebih baik dalam mengendalikan nafas dan menenangkan pikiran, sehingga secara emosional jadi terasa lebih seimbang,” paparnya.

article

Artikel Terkait Lainnya