Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Bikram Choudhury : Pencipta Yoga Bikram dan Manfaatnya untuk Kesehatan

20 June 2023

oleh Ade Priska Apulina

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Popularitas Yoga Bikram

Keunikan utama Yoga Bikram

istilah "Hot Yoga"

Sumber Referensi

Bikram Choudhury lahir di Kolkata, India pada 10 Februari 1944 dan memulai perjalanan yoga-nya di usia yang sangat muda. 

Bikram dilatih dan berlatih secara intensif dengan guru yoga terkenal, Bishnu Charan Ghosh, yang juga merupakan saudara dari guru terkenal lainnya, Paramahansa Yogananda. 

Bikram sendiri mulai memperkenalkan Yoga Bikram ke Amerika Serikat pada tahun 1973. Ia mendirikan sekolah yoga pertamanya di Los Angeles dan mulai melatih yoga disana. 

Popularitas Yoga Bikram dengan cepat meroket, dan sejak saat itu, ribuan pusat yoga di seluruh dunia menawarkan kelas Yoga Bikram. 

Banyak selebriti terkenal salah satunya seperti Ashton Kutcher dan Lady Gaga mencoba Yoga Bikram dan mengakui manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran mereka. 

Salah satu hal yang membedakan Yoga Bikram adalah pendekatannya yang terstruktur dan rutin. Setiap pose memiliki urutan yang ditentukan. 

Pendekatan ini membantu para praktisi yoga untuk mencapai konsistensi dan memperbaiki teknik mereka dari waktu ke waktu.

Yoga Bikram terdiri dari serangkaian gerakan fisik yang dilakukan dalam suhu ruangan yang sangat hangat, biasanya mencapai 40 derajat Celsius dengan kelembapan tinggi. 

Biasanya setiap sesi yoga berlangsung selama 90 menit dan terdiri dari 26 asana atau posisi tubuh yang berbeda. 

Yoga Bikram sangat memperhatian peningkatan fleksibilitas, kekuatan otot, keseimbangan, dan konsentrasi.

Keunikan utama Yoga Bikram biasanya bisa langsung dikenali sebab terletak pada pengaruh suhu tinggi terhadap tubuh.  

Suhu yang tinggi diyakini bisa membantu kamu dalam melonggarkan otot dan sendi. Sehingga memungkinkan gerakan tubuh jadi lebih dalam dan lebih efektif. 

Keringat yang mengucur selama sesi yoga berlangsung bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Hal ini dikenal  sebagai proses detoksifikasi alami tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Mulai dari membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan hormon. 

Termasuk di beberapa keadaan dapat membantu mengurangi berat badan.

Selain manfaat fisik, Yoga Bikram juga diyakini memberikan manfaat psikologis yang signifikan jika dilakukan secara rutin. 

Sesi yoga yang intens dan panjang membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan ketenangan pikiran. 

Sekaligus melatih konsentrasi yang secara keseluruhan, dianggap bisa meningkatan energi dan semangat hidup.

Namun, jika kamu masih pemula atau baru pertama kali mencoba jenis yoga ini, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut. 

Karena suhu yang tinggi, kamu harus memastikan bahwa kamu cukup terhidrasi selama dan setelah sesi yoga. 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengikuti sesi Yoga Bikram.

Jadi, jika kamu mencari jenis yoga yang menantang dan bermanfaat, Yoga Bikram dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

Namun, meskipun popularitas Yoga Bikram dan dedikasi Bikram Choudhury cukup tinggi, sayangnya ia juga pernah terjerat dalam kontroversi. 

Pada tahun 2013, ia dituduh melakukan pelecehan seksual oleh beberapa mantan muridnya. Kasus-kasus ini menimbulkan kontroversi dan mengganggu reputasinya. 

Sejak itu, beberapa pusat yoga memutuskan untuk tidak lagi menyebut praktik mereka sebagai Yoga Bikram. 

Melainkan menggunakan istilah "Hot Yoga" untuk menghindari keterkaitan dengan nama Bikram Choudhury.

Meski begitu pengaruh Bikram Choudhury dalam dunia yoga tidak bisa diabaikan. Ia telah memperkenalkan praktik Yoga Bikram kepada banyak orang dan menginspirasi para penggemar dan instruktur yoga di seluruh dunia. 

Walaupun kontroversi yang melibatkan namanya, praktik yoga yang ia ciptakan terus berkembang dan terus dinikmati manfaatnya oleh banyak orang.

Sumber Referensi

New York Post. 2017. The Incredible Rise and Fall of Yogi-to-The-Stars Bikram Choudhury [online] (https://nypost.com/2017/05/30/the-incredible-rise-and-fall-of-yogi-to-the-stars-bikram-choudhury/ diakses 20 Juni 2023)

Herita Endriana. 2019. Bikram, Film Kontroversial tentang Pelecehan Seksual yang Dilakukan Pendiri Bikram Yoga [online] (https://gensindo.sindonews.com/berita/1069/1/bikram-film-kontroversial-tentang-pelecehan-seksual-yang-dilakukan-pendiri-bikram-yoga diakses 20 Juni 2023)

Amy Ling. 2023. Bikram Choudhury | Biography, Rise & Downfall Of A Predatory Guru [online] (https://yogajala.com/bikram-choudhury/ diakses 20 Juni 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya