Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Beryoga dari Hati Bersama Studio Rumah Yoga Cianjur

28 May 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Ingin Ciptakan Suasana Hangat Seperti Datang ke Rumah Ibu

Tema Alam Jadi Daya Tarik Rumah Studio Yoga Cianjur

Berawal dari Ketidaksengajaan, Merasa Tertantang dan Akhirnya Jatuh Cinta

Ketersediaan Kelas dan Harga

Tak dapat dipungkiri, yoga saat ini semakin berkembang di lingkungan masyarakat Indonesia, salah satunya seperti di Cianjur. Vivi Indria Sari selaku instruktur sekaligus pemilik Studio Rumah Yoga Cianjur membenarkan hal tersebut. 

Vivi pun demikian, turut memperkenalkan dan mengembangkan yoga kepada masyarakat Cianjur dan sekitarnya. Studio Rumah Yoga Cianjur berlokasi di Bumi Arwinda Cluster, Jalan Aria Wiratanudatar Desa Blok D1, Bojong, Karangtengah, Cianjur Regency, Jawa Barat Kode Pos 43281. Miss Vivi, begiru ia kerap disapa, dengan sangat semangat mengajarkan dan membagikan ilmu yoga yang ia miliki kepada para membernya

Jadi untuk siapa saja yang berlokasi di Cianjur sekitarnya dan ingin berlatih yoga, bisa langsung datang ke Studio Rumah Yoga Cianjur. Tim Nirvana Indonesia Yoga berkesempatan berbincang langsung dengan Miss Vivi terkait Studio Rumah Yoga Cianjur hingga perjalanannya dalam mengembangkan yoga.

Penasaran dengan keseruannya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Ingin Ciptakan Suasana Hangat Seperti Datang ke Rumah Ibu

Studio Rumah Yoga Cianjur didirikan Miss Vivi pada 8 Juli 2017. Seperti namanya, Miss Vivi ingin mereka yang datang ke Studio Rumah Yoga Cianjur tidak hanya sekadar untuk berlatih. Melainkan merasa seperti pulang ke rumah sang ibu, pasalnya Miss Vivi juga kerap kali dipanggil bunda oleh para membernya.

"Karena saya ingin siapa saja yang datang ke rumah saya enggak seperti bertamu, pengen seperti mereka datang ke rumah ibunya sendiri gitu. Soalnya mereka sering memanggil saya dengan sapaan bunda," ujar Miss Vivi.

Selain memberikan suasana hangat seperti pulang ke rumah Ibu, Miss Vivi juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk beryoga. Mulai dari matras, yoga strap, yoga block, ikat pinggang untuk beryoga, yoga wheel, gym ball untuk Prenatal yoga hingga perlengkapan Aerial yoga.

Miss Vivi mengatakan untuk saat ini, jenis yoga yang bisa didapatkan adalah yoga matras seperti Hatha Yoga dan Kapha Yoga, serta Prenatal Yoga. Selain kelas reguler, tersedia juga kelas private, bisa datang ke studio atau Miss Vivi yang berkunjung, sesuai kesepakatan bersama.

Siapa saja boleh dan bisa mengikuti kelas yoga di Studio Rumah Yoga Cianjur, tidak ada batasan usia hingga jenis kelamin. Namun mengingat mayoritas member adalah Perempuan, kebanyakan tidak ingin dicampur, maka untuk kelas reguler, hanya dibuka untuk perempuan saja. 

“Meski begitu saya tetap mengajar yoga untuk laki-laki dan disatukan dengan member perempuan yang tidak keberatan bila kelasnya dicampur,” jelasnya.

Lebih lanjut, Miss Vivi mengatakan bahwa ada member yang sudah berusia 70 tahunan. Meski sudah berusia lanjut, namun menurut Miss Vivi member tersebut tidak mau kalah dengan anak-anak yang masih muda, dalam beryoga masih sangat bersemangat. Sehingga sangat perlu dicontoh.

Tema Alam Jadi Daya Tarik Rumah Studio Yoga Cianjur

Tidak hanya menghadirkan suasana seperti pulang ke rumah ibu, Miss Vivi juga mengusung tema alam di studio yoganya. Dua hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang berlatih yoga disini. 

Tema alam yang diusungnya itu juga banyak diadaptasi dari Bali, tempatnya menyelesaikan Teacher Training. Dalam hal ini, Miss Vivi membuat kolam ikan, kemudian lantainya dipilih berbahan kayu, dan dibuat senyaman mungkin.

Di samping itu, Rumah Studio Yoga Cianjur milik Miss Vivi ternyata merupakan satu-satunya studio yoga yang ada di Cianjur. Hal inilah yang juga menjadi daya tarik sendiri lainnya. 

Melihat minat masyarakat Cianjur terhadap yoga belakangan cukup tinggi, Master Slamet dari PPYNI (Persatuan Perserikatan Yoga Nasional Indonesia), meminta Miss Vivi untuk turut bergabung. Kini Studio Rumah Yoga Cianjur juga bagian dari PPYNI yang juga dibawahi oleh KORMI. 

Berawal dari Ketidaksengajaan, Merasa Tertantang dan Akhirnya Jatuh Cinta

Ternyata Miss Vivi telah mengenal yoga sejak tahun 2012. Adapun awal mula mengenal yoga dari ketidaksengajaan, yang mana pada saat Miss Vivi berlibur di salah satu pantai yang ada di Jawa Barat, secara tidak sengaja melihat turis asing sedang berlatih yoga. Pada saat itu, sang turis asing tengah mempraktikkan Pose Headstand.

Berawal dari rasa penasarannya itulah, Miss Vivi memberanikan diri bertanya kepada turis asing tersebut dan mengetahui bahwa yang sedang ia praktikkan adalah Yoga. Merasa tertantang dengan pose yoga tersebut, Miss Vivi lantas mencari tahu apa itu yoga dan memutuskan untuk berlatih dan mendalaminya.

"Karena saya suka olahraga, seketika saya merasa tertantang. Kayaknya nggak ada olahraga yang saya tidak bisa. Berenang bisa, basket, voli, badminton, gampang ini mah. Pasti bisa. Namun ternyata ga tau ya, saat saya mencoba yoga, Masya Allah, susahnya, susah sekali itu," cerita Miss Vivi.

Saat merasa bahwa yoga itu susah dilakukan, Miss Vivi malah semakin merasa tertantang. Alhasil ia pun mempelajari hingga jatuh cinta seperti sekarang. Kecintaan Miss Vivi terhadap yoga ia buktikan tak hanya dari konsistensi berlatih saja. Namun juga keaktifan dalam mengikuti beragam pelatihan, workshop hingga menuntaskan beragam program Teacher Training sebagai guru yoga.

Adapun sertifikasi dan prestasi yang berhasil diraih diantaranya sebagai berikut. 

  • 85 Hours Of Yoga Leaf Pre & Postnatal Teacher Training Course.
  • 30 Hours Of Yoga Leaf Prenatal Yoga Teacher Training Course.
  • 200 Hours Of Study In The Areas Of Anatomy, Asana, Mudra, Pranayama, Chakras And Meditation, Aerial Yoga Teacher Training (2021)
  • Sertifikat Sebagai Praktisi Reiki Level 1 Dengan Teacher Deera Dewi
  • Sertifikat 30 Hours Aerial Yoga dari Kapha Yoga School
  • Juara 2 Performa Asana Perorangan Diatas 40 Tahun Dalam Festival Olahraga Masyarakat Tingkat Nasional VII Jawa Barat 2023.

Tak cuma itu, setelah mengenal dan mendalami hingga menjadi guru yoga, diakuinya bahwa yoga itu bukan hanya mengenai pose. Tetapi memang memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak, termasuk yang dibuktikannya sendiri.

Miss Vivi mengatakan bahwa ia hamil di usia yang tak lagi muda, yakni 43 tahun. Ia mengaku sempat susah hamil, anak pertama sampai ketiga dibantu dengan program dokter. Luar biasanya, diakui Miss Vivi saat melahirkan anak keempatnya, justru tidak dibantu program dokter. Ia rutin beryoga dan hidup sehat, terasa lebih mudah proses melahirkannya jika dibandingkan dengan kelahiran anak pertama hingga ketiga. 

Kehamilan inilah, manfaat dari yoga yang benar-benar dirasakan oleh Miss Vivi secara nyata. Sehingga saat mengajarkan kelas Prenatal yoga, bisa benar-benar berdasarkan dari pengalamannya.

Ketersediaan Kelas dan Harga

Jika kamu tertarik beryoga di Studio Rumah Yoga Cianjur, tersedia beragam jenis yoga dengan beragam level, dari pemula hingga mahir dengan harga cukup terjangkau. Adapun kelas reguler berlangsung selama 1,5 jam saja. 

Namun tidak dipungkiri, mengingat studio adalah rumahnya sendiri, Miss Vivi menuturkan, setelah kelas (pertemuan) usai, tak sedikit member yang masih penasaran dan banyak pertanyaan. Sehingga meski sudah 1,5 jam, masih semangat untuk terus berlatih. 

Adapun Rincian Jadwal Latihan Sebagai Berikut.

  • Selasa 08.00 - 09.30 dan 16.30 - 18.00 WIB (Regular Class)
  • Jumat 08.00 - 09.30 dan 16.30 - 18.00 WIB (Regular Class)
  • Sabtu 08.00 - 09.30 dan 16.30 - 18.00 WIB (Regular Class)
  • Senin 16.30 - 18.00 WIB (Prenatal Yoga)
  • Jumat 16.30 - 18.00 WIB (Prenatal Yoga

Adapun Rincian Harga Membership Sebagai Berikut.

  • Membership 4x pertemuan expired 1 bulan 200rb (Regular Class)
  • Membership 8x pertemuan expired 2 bulan 360rb (Regular Class)
  • Walk-in 1x pertemuan 60rb (Regular Class)
  • Membership 4x pertemuan 300rb (Prenatal Yoga/Swing mix TRX)
  • Membership 8x pertemuan 560rb (Prenatal Yoga/Swing mix TRX)
  • Walk-in 1x pertemuan 80rb (Prenatal Yoga/Swing mix TRX)

.

Masing-masing dikenakan biaya pendaftaran member baru sebesar Rp10.000. Sementara untuk kelas private, harga disesuaikan berdasarkan kesepakatan bersama dengan mempertimbangkan jarak yang perlu di tempuh dan lainnya.

Silahkan kunjungi Instagram Studio Rumah Yoga Cianjur di akun @studioyogacianjur untuk update informasi lebih lengkap seputar promo, jadwal kelas hingga melihat bagaimana serunya yoga disana setiap harinya.

article

Artikel Terkait Lainnya