Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Beruban di Usia 20-an? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya

13 October 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Penyebab Munculnya Uban di Usia 20-an

Upaya Mencegah Uban Muncul di Usia Muda

Sumber Referensi

Rambut yang berubah warna menjadi putih dengan seiring bertambahnya usia seseorang merupakan hal wajar. Tak cuma itu, kerontokan rambut juga sering terjadi. 

Hal ini dikarenakan folikel yang tidak lagi memproduksi melanin, sehingga menyebabkan perubahan warna pada rambut.

Akan tetapi, apa jadinya bila warna rambut memutih atau yang biasa disebut sebagai uban muncul saat masih berusia 20-an? 

Hal ini tentunya akan membuat tingkat kepercayaan diri menjadi turun.

Lantas apa sih penyebab muncul uban di usia 20-an? 

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Semoga bermanfaat!

Penyebab Munculnya Uban di Usia 20-an

1. Kekurangan Vitamin

Salah satu penyebab munculnya uban di usia 20-an yaitu kurangnya asupan vitamin B6, B12, vitamin D, dan vitamin E pada tubuh. Termasuk kekurangan vitamin D3 dan tembaga, bisa membuat rambut menjadi memutih. 

Sehingga, dengan memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, bisa membuat warna rambut kembali menjadi normal. Maka dari itu, penuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. 

Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi makanan seperti telur, ikan, bayam, daging sapi atau kacang-kacangan.

2. Tingkat Stress Tinggi

Penyebab muncul uban di usia muda selanjutnya adalah diakibatkan tingkat stres yang tinggi. Stres bisa menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut. 

Maka dari itu, sebaiknya agar kamu bisa mengelola stres yang dialami, dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, berlibur, berolahraga atau berkonsultasi dengan psikolog profesional.

3. Faktor Genetik

Seseorang yang memiliki uban di usia muda bisa juga dikarenakan faktor genetik. Dalam hal ini, bila orang tua memiliki uban di usia muda. 

Maka wajar adanya bila sang anak juga mengalami hal yang sama. Selain itu, ras dan etnis seseorang juga berpotensi memengaruhi munculnya pertumbuhan uban.

4. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok ternyata juga bisa merusak kulit dan rambut. Hubungan antara merokok dan munculnya uban diakibatkan karena kandungan nikotin. 

Termasuk bahan kimia lainnya pada rokok yang masuk ke pembuluh arteri akan menyumbat aliran oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh. Membuat kulit menjadi tidak ternutrisi dengan baik.

5. Kebersihan Kulit Kepala

Dengan menjaga dan merawat kebersihan kulit kepala, bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan rambut seperti rambut beruban. 

Selain uban, kulit kepala yang kotor dan tidak terawat bisa menyebabkan rambut rontok, rambut patah dan ketombe.

6. Penyakit Tertentu

Pada beberapa kasus, munculnya uban di usia muda bisa dipicu dari masalah kesehatan seperti penyakit tiroid autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo. 

Namun hal ini jarang terjadi. Pada umumnya, bila ada sel-sel rambut yang terganggu, maka uban pasti akan berkembang di rambut. 

Kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut menjadi penyebab terganggunya produksi melanin. 

Dalam hal ini, tanpa adanya melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen dan rambut menjadi tampak abu-abu, putih, atau perak.

7. Konsumsi Obat-Obatan

Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi dan antimalaria bisa menjadi penyebab uban di usia muda. 

Obat-obatan jenis ini diduga menghambat reseptor tirosin kinase c-kit yang ditemukan dalam melanosit yang berpotensi mengurangi produksi melanin rambut secara signifikan.

Upaya Mencegah Uban Muncul di Usia Muda

Upaya mencegah munculnya uban di usia muda sendiri dilakukan bergantung pada penyebabnya. Bila penyebabnya adalah faktor genetik, maka tidak ada cara yang bisa dilakukan. 

Namun bila mencurigai munculnya uban di usia muda berkaitan dengan masalah kesehatan, bisa melakukan konsultasi dengan dokter. 

Adapun beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya uban di usia muda adalah

1. Mewarnai Rambut

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memudarkan uban adalah mewarnainya dengan cat rambut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pewarna rambut tidak menembus kutikula dan dapat hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi perlu diwaspadai bagi sebagian orang bila mengalami dermatitis iritan dan rambut rontok akibat pewarna rambut.

2. Menjalani Terapi dan Konsumsi Vitamin

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani terapi hormon untuk meningkatkan pigmentasi (warna) rambut. Hal ini bisa dilakukan bila masalah tiroid menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. 

Selain itu, juga perlu untuk menambah vitamin B12 guna memperbaiki kekurangan vitamin tersebut. Upaya ini bisa meningkatkan kesehatan folikel rambut dan mengembalikan warna alami rambut.

Sumber Referensi

dr. Gabriella Florencia. 2019. Beruban di Usia 20an Bisa Jadi Tanda Stres? [online] (https://www.halodoc.com/artikel/beruban-di-usia-20an-bisa-jadi-tanda-stres diakses pada 29 September 2023)

Gerardus Septian Kalis. 2017. Inilah 4 Penyebab Uban di Usia 20-an [online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/inilah-4-penyebab-uban-di-usia-20-an diakses pada 29 September 2023)

Ilham Fariq Maulana. 2022. 6 Penyebab Masih Muda Ubanan dan Cara Mencegahnya [online] (https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/masih-muda-sudah-tumbuh-uban/ diakses pada 29 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya