Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Begini Cara Membuat Hidung Tersumbat Terasa Lebih Lega

03 February 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Tetap Terhidrasi

2. Mandi Menggunakan Air Hangat

3. Mengoleskan Essential Oil atau Minyak Kayu Putih

4. Menghirup Menggunakan Uap Hangat

5. Berbaring Dengan Bantal Yang Tidak Terlalu Tinggi

6. Gunakan Humidifier

Sumber Referensi

Hidung yang tersumbat memang seringkali mengganggu pernapasan serta menimbulkan rasa tidak nyaman.

Gangguan ini dapat terjadi ketika ada iritasi karena banyak menghirup polusi. Mulai dari asap kendaraan, asap rokok, alergi maupun infeksi.

Hidung tersumbat juga terjadi ketika adanya peradangan yang berefek pada kondisi pembuluh darah di dalam hidung.

Akibatnya, jaringan hidung menjadi membengkak. Selain itu, juga bisa terjadi karena adanya penumpukan lendir yang ada dalam hidung.

Lantas bagaimana cara yang mudah untuk mengatasi hidung tersumbat?

Berikut ini sudah beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat secara alami:

1. Tetap Terhidrasi

Salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang cukup direkomendasikan adalah dengan tetap terhidrasi. Asupan cairan sebenarnya bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mengurangi tekanan di sinus dan mendorong cairan keluar dari hidung.

Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit juga peradangan dan iritasi pada hidung. Apabila hidung tersumbat disertai dengan sakit tenggorokan, maka teh dan sup hangat juga akan membantu meredakan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi di bawah kucuran air hangat juga bisa membantu meredakan masalah hidung tersumbat. Temperatur air disarankan tidak boleh terlalu tinggi dan tutup juga pintu kamar mandi sehingga uap air bisa langsung terkumpul.

Ketika uap air sudah banyak, tarik napas dalam-dalam untuk meredakan hidung tersumbat. Uap yang dihasilkan dari air panas itu dapat mengurangi produksi lendir sehingga hidung kembali bernapas dengan normal dan terasa lebih lega.

3. Mengoleskan Essential Oil atau Minyak Kayu Putih

Essential oil, minyak kayu putih, salep, atau balsem juga bisa menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Kamu bisa oleskan minyak kayu putih ke permukaan hidung agar aromanya terus terhirup. Apabila perlu, oleskan juga minyak kayu putih ke bagian dada agar tubuh menjadi hangat dan nyaman.

Minyak kayu putih (eucalyptus oil) maupun essential oial akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus serta meredakan peradangan secara bertahap.

4. Menghirup Menggunakan Uap Hangat

Selain mandi air hangat, ternyata menghirup uap hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Caranya cukup meletakkan wajah di atas gelas berisikan teh hangat atau baskom yang berisi air hangat. Lalu mulailah menghirup uapnya secara lembut. Biasanya secara perlahan hidung akan terasa lebih plong dan kamu pun dapat bernafas lebih lega.

5. Berbaring Dengan Bantal Yang Tidak Terlalu Tinggi

Hidung yang tersumbat seringkali terjadi ketika tidur pada malam hari. Sebaiknya gunakanlah bantal yang sedikit lebih tinggi saat tidur, supaya lendir di dalam hidung tetap mengalir ke dalam tenggorokan. Namun jangan gunakan bantal dengan posisi kepala yang sangat tinggi karena akan membuat leher terasa pegal. Coba disesuaikan agar kamu tetap merasa nyaman.

6. Gunakan Humidifier

Penggunaan humidifier merupakan salah satu cara yang cocok untuk mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Humidifier ini akan mengubah air menjadi hawa hangat serta meningkatkan kelembaban di dalam ruangan.

Dengan menghirup udara yang hangat nan lembab, kamu dapat memberikan efek menenangkan jaringan yang iritasi serta pembengkakan pembuluh darah di hidung .

Selain itu kamu juga bisa menggunakan semprotan saline (larutan garam) untuk mengurangi efek radang akibat hidung tersumbat. Semprotan saline ini tidak memiliki kandungan obat sehingga dianggap aman dilakukan oleh ibu hamil. Bahan ini juga sudah tersedia di apotek obat maupun online.

Alternatif lain dari melegakan hidung yang tersumbat juga dapat dilakukan dengan menggunakan neti pot untuk menyiram sinus serta saluran hidung yang kering. Alat ini biasanya digunakan dengan larutan air garam dari air suling steril. Oleh karena itu, pastikan saat menggunakan neti pot dalam kondisi yang bersih dan benar-benar kering.

Tanyakan juga kepada dokter sebelum menggunakan perangkat ini guna memastikan jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau jika ingin diterapkan kepada anak-anak.

Nah, itu saja beberapa serba-serbi tips untuk memberi efek melegakan hidung tersumbat secara alami.

Semoga apa yang telah disampaikan bisa membantu.

Sumber Referensi


Siloam Hospital. 2022. 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Napas Jadi Lancar [online] (https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-hidung-tersumbat di akses 1 Februari 2023)

dr Rizal Fadli. 2022. Begini Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami dan Obat [online] (https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-mengatasi-hidung-mampet-secara-alami-dan-obat di akses 1 Februari 2023)

Woro Anjar Verianty. 2022. 6 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Secara Alami, Tanpa Obat [online] (https://www.liputan6.com/hot/read/5051424/16-cara-menghilangkan-hidung-tersumbat-secara-alami-tanpa-obat di akses 1 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya