Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Jerawat Berbau dan Hubungannya dengan Kebiasaan Memencet Jerawat

05 May 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Penyebab Jerawat Berbau

Jerawat Berbau Mengindikasikan Ada Permasalahan Kulit

1. Aroma Seperti Keju

2. Aroma Seperti Telur Busuk

3. Aroma Seperti Bawang Merah atau Bawang Putih

Bahan Alami Bantu Atasi Jerawat Berbau

1. Pepaya

2. Madu

Sumber Referensi

Ada beragam permasalahan kulit yang kerap terjadi pada setiap orang. Di antara banyaknya permasalahan kulit yang paling umum dialami masyarakat luas adalah jerawat. Timbulnya jerawat di bagian wajah tentunya mengganggu penampilan dan tak jarang membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri.

Alhasil, tak jarang juga sebagian orang yang merasa gemas akan memencet jerawat yang dirasa sudah kering. Saat memencetnya secara sembarangan, jerawat akan mengeluarkan cairan putih kental disertai dengan sedikit darah.

Saat jerawat telah berhasil dipencet dan mengeluarkan nanah, bagi sebagian orang memberikan rasa lega. Namun sudah tahukah bila memencet jerawat hingga mengeluarkan nanah berpotensi mengeluarkan bau busuk?

Bila hal ini terjadi, juga bisa berpengaruh buruk pada kesehatan kulit.

Penyebab Jerawat Berbau

Penyebab jerawat secara umum sebenarnya karena beragam faktor. Penyebab jerawat bau merupakan bakteri. Jerawat sendiri merupakan gangguan peradangan kulit yang terjadi ketika kelenjar minyak tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati, sehingga membuat bakteri terperangkap di pori-pori.

Proses tersebut kemudian akan menghasilkan respons peradangan yang mengakibatkan berkembangnya jerawat yang berisi nanah. Jerawat ini akan mengeluarkan nanah yang telah bercampur dengan bakteri, darah, dan kotoran saat dipecahkan, sehingga mengeluarkan bau busuk atau aneh.

Meski begitu, menurut Chimento, bau yang dikeluarkan itu hanya merupakan produk sampingan dari bakteri yang memakan minyak kulit. Artinya, jerawat yang mengeluarkan bau itu pada umumnya tidak membahayakan. Namun ada beberapa bau dari jerawat tertentu yang bisa menandakan adanya masalah kulit yang lebih serius jika kerap terjadi.

Jerawat Berbau Mengindikasikan Ada Permasalahan Kulit

1. Aroma Seperti Keju

Bila nanah yang ada pada jerawat mengeluarkan bau seperti keju, dimungkinkan disebabkan oleh kista epidermoid atau benjolan non kanker di bawah kulit. Biasanya, kista ini memiliki konsistensi bak keju yang disekresikan oleh sel-sel epidermis. Sehingga, saat cairannya mengalir dari kista, akan tercium aroma seperti keju. Jangan khawatir, kista tersebut umumnya tidak berbahaya atau menimbulkan rasa sakit.

Akan tetapi, tetap ada risiko maupun peradangan yang lebih parah. Meski jarang ada kasus yang terjadi, namun kista tersebut juga bisa menyebabkan kanker kulit. Sehingga, bila jerawat terus membengkak dan melunak, segera temui dokter kulit. Nantinya, dokter mungkin akan memberikan suntikan antiinflamasi, mengeringkan kista, atau menghilangkan kista secara keseluruhan.

2. Aroma Seperti Telur Busuk

Bila nanah dari jerawat mengeluarkan bau seperti telur busuk, bisa jadi menandakan tengah mengalami jerawat conglobata. Berdasarkan informasi yang didapat dari Livestrong, jerawat conglobata merupakan jerawat nodulokistik langka yang terjadi saat kista terhubung jauh di bawah kulit.

Jerawat conglobata diketahui merupakan masalah kulit yang serius, bahkan juga bisa menyebabkan bekas luka yang terlihat jelas. Sementara menurut Chimento, tanda pertama jerawat conglobata adalah munculnya jerawat meradang yang berisi nanah dan mungkin berbau seperti telur busuk.

3. Aroma Seperti Bawang Merah atau Bawang Putih

Bau yang terakhir adalah seperti bawang merah atau bawang putih. Jerawat yang mengeluarkan bau seperti ini kemungkinan besar dikarenakan bakteri. Jenis jerawat yang mengeluarkan bau seperti bawang merah atau bawang putih ini akan memiliki nanah yang pada dasarnya merupakan sel darah putih mati lalu menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Bakteri jenis itu biasanya anaerobik atau tidak membutuhkan membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan menghasilkan senyawa belerang. Hal ini lah yang menyebabkan saat memencet jerawat yang dipenuhi bakteri anaerob jenis itu, mungkin akan mencium aroma seperti bawang merah atau bawang putih.

Bahan Alami Bantu Atasi Jerawat Berbau

Setiap orang tentunya tidak ingin memiliki jerawat pada kulitnya, terlebih sampai mengeluarkan bau tak sedap. Selain mengganggu penampilan, hal ini tentunya juga membuat indra penciuman terganggu. Namun bila jerawat terlanjur mengeluarkan bau tak sedap, tidak perlu khawatir, ada cara untuk mengatasinya.

Untuk mengatasi jerawat berbau tak sedap, bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan.

1. Pepaya

Pepaya sendiri dikenal sudah lama ampuh untuk mengatasi jerawat pada wajah. Tak cuma itu, masker papaya bahkan juga bisa membantu mengatasi aroma tak sedap pada jerawat. Cara mengatasi jerawat berbau tak sedap menggunakan pepaya adalah dengan mengupas kulit dan buang bijinya, kemudian haluskan daging papaya. Kemudian tinggal menggunkannya sebagai masker pada jerawat. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Madu

Selain pepaya, madu juga dipercaya bisa membantu mengatasi bau pada jerawat. Pasalnya, madu memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan aroma yang bau dari jerawat. Adapun cara pemakaiannya pun sangat mudah yakni cukup oleskan madu secara merata pada seluruh wajah. Kemudian diamkan sampai madu benar-benar meresap ke kulit dan kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Sumber Referensi


Zahra Aminati. 2022. Bau Jerawat dan Hubungannya dengan Kesehatan Kulit [online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/bau-jerawat-dan-hubungannya-dengan-kesehatan-kulit diakses pada 29 Maret 2023)

Klinik Eva Mulia. Penyebab Jerawat Bau Menusuk Yang Wajib Anda Tahu [online] (https://evamuliaclinic.com/penyebab-jerawat-bau/ diakses pada 29 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya