Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

8 Pilihan Makanan Sehat Kaya Potasium untuk Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

10 April 2023

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Potasium

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

2. Menurunkan Potensi Penyakit Jantung

3. Menurunkan Resiko Stroke

4. Menjaga Kesehatan Tulang

5. Menurunkan Potensi Diabetes

6. Mencegah Batu Ginjal

Daftar Makanan yang Mengandung Potasium

1. Pisang

2. Yoghurt

3. Bayam Beku

4. Ubi Bit Merah

5. Kacang Hitam

6. Tomat

Baca Juga : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

7. Kacang Edamame

8. Kentang

Sumber Referensi

Potasium memiliki manfaat penting bagi pertumbuhan tubuh, berikut ada delapan makanan sehat mengandung Potasium yang bagus untuk dikonsumsi.

Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya Kamu memahami seputar Potasium.

Apa sih Potasium itu? Zat bertipe mineral ini merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjaga kesehatan dan fungsi ototnya dengan baik.

Potasium atau yang juga dikenal dengan Kalium setidaknya disarankan untuk dikonsumsi antara 4.700 hingga 5.300 mg per hari. Adapun jumlah tersebut bisa diperoleh dari makanan yang telah dikonsumsi seseorang setiap harinya.

Manfaat Potasium

Mengutip laman Alodokter, ada sederet manfaat Potasium yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia, berikut pemaparannya.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Konsumsi makanan mengandung Potasium diyakini bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, nantinya zat bernama lain Kalium ini juga bisa membantu mencegah munculnya masalah kesehatan tersebut.

2. Menurunkan Potensi Penyakit Jantung Konsumsi Kalium secara berkala dilaporkan bisa membantu kestabilan denyut jantung. Adapun denyut jantung yang tidak stabil bisa memunculkan penyakit Aritmia. Penyakit tersebut bisa jadi penyebab utama terjadinya masalah jantung koroner pada manusia.

3. Menurunkan Resiko Stroke Imbas fungsinya menjaga jantung agar tetap stabil, kandungan Potasium pada beberapa sumber makanan dapat membantu manusia terhindar dari penyakit stroke. Beberapa pakar kesehatan menyebut resiko penurunannya bisa mencapai angka 20 persen, terutama untuk stroke iskemik.

4. Menjaga Kesehatan Tulang Potasium juga dikenal sebagai zat mineral yang mampu meningkatkan kekuatan tulang sekaligus menurunkan resiko penyakit osteoporosis. Adapun Potasium sangat dibutuhkan oleh wanita terutama yang sudah menginjak usia lanjut.

5. Menurunkan Potensi Diabetes Kurangnya asupan Potasium dikabarkan berpotensi mengurangi kemampuan daya tahan tubuh terhadap penyakit gula darah alias diabetes. Akan tetapi kabar ini masih membutuhkan proses telaah lebih lanjut.

6. Mencegah Batu Ginjal Konsumsi Potasium menurut pakar kesehatan berguna dalam mengurangi kadar kalsium pada urine. Berdasarkan fakta tersebut, zat yang banyak terdapat pada pisang ini pun bisa membantu mencegah terjadinya batu ginjal.

Daftar Makanan yang Mengandung Potasium

Mengutip laman India Times, ada delapan macam makanan yang kaya akan Potasium. Makanan-makanan ini pun cukup dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin dan tepat.

1. Pisang

Dalam ukuran sedang, satu buah pisang memiliki kadar Potasium sebanyak 422 mg. Jumlah tersebut tergolong cukup banyak sehingga buah khas berwarna kuning ini layak untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Yoghurt

Makanan yang berasal dari susu fermentasi ini memiliki kandungan Potasium yang cukup besar. Satu gelas yoghurt memiliki kandungan Potasium mencapai 575 mg yang berarti mampu memenuhi 12 persen kebutuhan harian.

3. Bayam Beku

Makan bayam yang dibuat menjadi beragam hidangan kuah nampaknya kurang tepat apabila Kamu mencari manfaat Potasiumnya. Alih-alih dimakan secara hangat, ada baiknya Kamu makan bayam secara beku. Pasalnya, dari sana bisa didapatkan kandungan Potasium sebanyak 540 mg atau 11 persen dari kebutuhan harian.

4. Ubi Bit Merah

Sering dikonsumsi oleh kalangan atlet, tanaman ubi bit merah bisa disajikan dengan cara dimasak atau direbus. Kandungan Potasium di ubi ini pun tak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak? Satu gelas berisi potongan kecil ubi bit merah yang sudah dimasak memiliki kandungan Potasium hingga 518 mg, atau bisa memenuhi 11 persen kebutuhan harian Kamu.

5. Kacang Hitam

Satu kaleng kacang hitam bisa dibilang kaya akan Potasium yang tidak terduga. Bayangkan saja kandungan Potasiumnya sebanyak 376 mg. Tak cuma itu, kacang hitam juga kaya akan serat dan protein yang penting bagi tubuh manusia.

6. Tomat

Olahan tomat seperti pasta tomat juga bisa jadi pilihan bagi Kamu yang ingin mendapatkan makanan dengan kadar Potasium tinggi.

Baca Juga : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

Ya, makanan yang sering jadi pelengkap rasa lezat suatu masakan ini tak hanya akan memanjakan lidah Kamu saja, namun tiga sendok makan pasta tomat bisa memberikan 486 mg Potasium.

7. Kacang Edamame

Kacang yang masih satu saudara dengan kedelai ini merupakan makanan favorit di Jepang. Tak cuma itu hidangan ini juga sumber vitamin K, Magnesium dan Manganese. Selain itu satu gelas kacang edamame juga memiliki kadar Potasium cukup tinggi yakni 676 mg atau bisa memenuhi 14 persen kebutuhan harian Kamu.

8. Kentang

Tak hanya nikmat di lidah saja, kentang begitu kaya akan nutrisi. Orang-orang di seluruh dunia mungkin tak sadar betapa baik gizi dari kentang. Kentang sendiri memiliki kandungan Potasium sebanyak 515 mg.

Perlu diingat, keseimbangan dalam mengonsumsi Potasium sangat penting. Baik berlebihan atau kekurangan asupan Potasium sama-sama bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Mari menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh, bukan hanya mencukupi kadar Potasium saja. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mengetahui manfaat Potasium secara keseluruhan.

Sumber Referensi


dr. Sienny Agustin, 2021, Sederet Manfaat Potasium untuk Kesehatan [online] (https://www.alodokter.com/memanfaatkan-potasium-untuk-jantung-yang-sehat diakses 14 Maret 2023)

Regi George Jenarius, 2019, 7 Foods That Pack More Potassium Than A Banana [Online] (https://www.indiatimes.com/health/healthyliving/7-foods-that-pack-more-potassium-than-a-banana-360010.html diakses 14 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya