Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Bahaya Junk Food bagi Kesehatan Lengkap Dengan Tips Mengatasinya

27 December 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Beragam Bahaya Junk Food

1. Berpotensi Cepat Tua

2. Memperpendek Daya Ingat

3. Berpotensi Kecanduan

4. Menimbulkan Depresi

5. Menimbulkan Mood Swing

Tips Menghindari Junk Food

1. Makan dengan Kesadaran

2. Mengonsumsi Makanan Berbasis Protein

3. Buat Pilihan Makanan Sehat

Sumber Referensi

Junk food atau makanan cepat saji paling banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan penyajiannya cepat. Selain itu, junk food seringkali memiliki tampilan menarik sehingga cocok untuk dipublikasikan di media sosial.

Namun, di balik keunggulan dari junk food, ada bahaya yang perlu diwaspadai. Terlalu banyak makan junk food bisa meningkatkan risiko depresi, obesitas, masalah pencernaan, penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya.

Beragam Bahaya Junk Food

Junk food merupakan salah satu makanan dan minuman dengan nilai gizi rendah, tinggi lemak, gula, dan garam. Sebagian besar makanan cepat saji bisa saja menyehatkan, misalnya sushi, salad, dan sandwich.

Namun, sebagian lain dari jenis junk food bisa berbahaya untuk kesehatan, simak di bawah ini!

1. Berpotensi Cepat Tua

Kandungan dalam junk food juga dapat memicu inflamasi atau peradangan yang mempercepat proses penuaan. Kulit akan lebih mudah berkeriput dan mengalami penuaan dini.

Mengonsumsi junk food juga bisa memperpendek telomer yang merupakan struktur kromosom penanda usia biologis manusia. Sehingga makanan junk food bisa menyebabkan penuaan lebih cepat.

2. Memperpendek Daya Ingat

Mengonsumsi junk food selama lima hari secara berturut-turut juga dapat menurunkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Gula dan lemak berhubungan erat dengan gangguan memori. Nah, mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi gula dan lemak dipercaya bisa merusak memori hippocampal.

3. Berpotensi Kecanduan

Ternyata Junk food juga dapat membuat kecanduan. Saat kecanduan, akan sulit sekali mengontrol nafsu makan. Junk food mampu merangsang sistem penghargaan di otak dengan cara yang sama seperti obat-obatan adiktif dan kokain.

4. Menimbulkan Depresi

Setelah kecanduan junk food, maka level selanjutnya yaitu depresi. Kamu akan sulit mengendalikan tekanan maupun stress saat tidak mengkonsumsi junk food.

Berdasarkan data kesehatan dari National Library of Medicine, telah disebutkan jika konsumsi junk food bisa meningkatkan risiko gangguan kejiwaan dan perilaku kekerasan pada anak maupun remaja. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat merupakan pendekatan paling efektif agar meningkatkan kesehatan mental sejak dini.

5. Menimbulkan Mood Swing

Mood swing alias perubahan mood secara mendadak juga sering terjadi. Saat kamu mengonsumsi cupcake, dengan kadar gula yang tinggi maka tubuh akan meningkat dan menimbulkan perasaan bahagia. Namun, sesaat efeknya akan hilang, semua kesenangan hilang dan berganti hampa.

Tips Menghindari Junk Food

Makanan cepat saji seperti biskuit, cokelat, permen, keripik, kue, dan minuman manis merupakan makanan yang mengandung gula tinggi dan rendah nutrisi. Namun sayangnya, makanan dan minuman ini tidak akan menambah nilai apapun, hanya akan menambahkan gula, lemak jenuh, dan garam.

Meskipun menyenangkan untuk dimakan, namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengkonsumsi junk food bisa berbahaya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa tips untuk memulai diet sehat bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsi junk food.

1. Makan dengan Kesadaran

Hindarilah ngemil junk food di depan TV, saat mengemudi maupun memegang gadget. Untuk bisa menghindari konsumsi makanan kurang sehat secara berlebihan, maka cobalah makan di meja dan matikan gadget. Hal ini turut membantumu makan dengan kesadaran dan memperhatikan apa, kapan, dan seberapa banyak makanan yang kamu makan. Fokuslah terhadap rasa, tekstur, dan sensasi saat makanan tersebut masuk ke dalam mulut.

2. Mengonsumsi Makanan Berbasis Protein

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panggang, lentil, buncis, tahu daging tanpa lemak, ayam, telur, ikan, keju, yogurt, dan susu juga turut membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Kelompok makanan ini juga bisa mengurangi keinginan untuk ngemil junk food di antara waktu yang sama untuk makan.

3. Buat Pilihan Makanan Sehat

Makanan yang baik merupakan makanan yang dapat melewati sedikit proses pengolahan. Terdapat banyak sekali pilihan makanan yang sehat. Apabila kamu lapar dan butuh kudapan, makanlah segenggam kacang, biskuit gandum dengan keju atau hummus, serta potongan buah.

Apabila kamu terlanjur suka junk food, jangan panik. Solusinya kamu harus batasi konsumsi makanan cepat saji mulai dari sekarang dan bisa diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Sumber Referensi


dr Fadhli Rizal Makarim. 2022. Ini 5 Bahaya Makanan Junk Food yang Perlu Diwaspadai [online] (https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-bahaya-makanan-junk-food-yang-perlu-diwaspadai di akses 22 Desember 2022)

Siti Nur Aeni. 2021. 12 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwaspadai [online (https://katadata.co.id/amp/sitinuraeni/berita/6188b0084870e/12-bahaya-junk-food-bagi-kesehatan-yang-harus-diwaspadai di akses 22 Desember 2022)

Bella Lesmana. 2021. Agar Lebih Sehat, Inilah 5 Tips untuk Menghindari Makan Junk Food [online] (https://www.popmama.com/amp/life/health/bella-lesmana/agar-lebih-sehat-inilah-tips-untuk-menghindari-makan-junk-food di akses 22 Desember 2022)

dr Nadia Octavia. 2022. Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/cara-efektif-menghilangkan-kecanduan-fast-food di akses 22 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya